10 Skill yang Harus Dikuasai Jika Ingin Berkarir Sebagai HR

14 July 2023

a-81883.png

Apabila kamu ingin bekerja sebagai hr, ada beberapa skill penting yang perlu kamu miliki. Karena, tidak semua orang dapat bekerja di bidang ini.

Ingin Berkarir Sebagai HR? Berikut Skill Penting yang Harus Dikuasai

 

Skill HR adalah serangkaian kemampuan baik itu soft skill atau hard skill yang mendukung HR mengerjakan berbagai tugasnya di perusahaan. Mulai dari perekrutan sampai dengan manajemen SDM.

 

Sangat penting bagi perusahaan serta HR manager untuk mengenali apa saja skill tersebut.

 

Berikut ini Presensi by GUGU jabarkan apa saja kemampuan penting yang perlu dikuasai oleh praktisi HR, baca sampai habis ya!

 

Pengertian Skill atau Keterampilan

 

Dalam bahasa indonesia, skill memiliki arti kemampuan untuk melakukan sesuatu. Secara luas, skill merupakan istilah yang mencakup pengetahuan, kemampuan, dan kompetensi untuk melakukan tugas operasional.

 

Kemampuan itu sendiri dapat dikembangkan melalui pengalaman kerja, kehidupan sehari-hari, atau kegiatan dan pelatihan yang pernah dipelajari. Kemampuan seseorang juga dapat diukur dan dinilai melalui tes keterampilan. Tujuan menilai keterampilan adalah untuk mengetahui sejauh mana seseorang menguasai kemampuan tersebut.

 

Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill

 

Hard skill merupakan keahlian yang bisa diukur dan dikuantifikasi. Pengukurannya bisa melalui gelar kuliah, nilai, atau sertifikasi. Di sisi lain, soft skill adalah keahlian yang lebih bersifat subjektif.

 

10 Skill HR yang Perlu Dimiliki

 

Memiliki HR yang kompeten adalah sebuah keharusan agar segala proses human resources bisa dijalankan dengan baik. Maka dari itu, memastikan HR memiliki skill-skill yang mendukung kegiatan human resources.

 

Untuk memastikan anda memiliki tim HR yang kompeten, pastikan mereka memiliki HR skill berikut ini.

 

1. Administratif

Pekerjaan administratif adalah skill penting yang harus dimiliki HR, walaupun otomatisasi dengan aplikasi personalia sudah banyak digunakan oleh perusahaan.

 

Tugas ini melibatkan berbagai tugas seperti manajemen cuti karyawan, absensi, perhitungan lembur, pemeliharaan file absen, pengaturan data masuk dan keluar karyawan, penggajian, serta topik lain yang terkait.

 

2. Multitasking

Menjadi seorang HR juga memerlukan kemampuan multitasking. Hal ini disebabkan oleh ruang lingkup pekerjaan HR yang cukup luas. Sehingga, seorang HR juga harus mampu berinteraksi dengan banyak divisi di dalam perusahaan.

 

Sebagai seorang HR, kamu perlu memahami proses rekrutmen, mempersiapkan pelatihan karyawan, mengatur penggajian, dan menilai kinerja karyawan.

 

Seorang HR perlu tahu juga apa yang menjadi penilaian penting karyawan di tiap divisi perusahaan. Selain itu, kamu juga dituntut untuk bisa fokus dan teliti pada setiap pekerjaan.

 

3. HR Management

Pengetahuan dalam HR management menjadi dasar untuk berbagai keterampilan dan kompetensi HRD lainnya.

 

Hal ini mempermudah pemahaman dalam proses rekrutmen, seleksi, prosedur absensi, pelaporan data, dan berbagai aspek lainnya.

 

Pendidikan di bidang psikologi juga membuka peluang untuk mengembangkan soft skill HR yang meningkatkan kemampuan komunikasi dan pengembangan individu.

 

4. Menyusun Strategi & Mampu Berorganisasi

Seorang HR perlu memiliki kemampuan berorganisasi dan manajemen waktu perusahaan. Kemampuan ini sangat bermanfaat untuk seorang HR menyelesaikan pekerjaannya. Kemampuan ini bermanfaat dalam menyusun strategi manajemen untuk bisa merancang skema penggajian dan memproses rekrutmen.

 

5. Pelatihan

HR skill yang satu ini berkaitan dengan kemampuan untuk melatih dan mengembangkan, membimbing mereka untuk mencapai potensi penuh dan menyelaraskan keterampilan mereka dengan tujuan perusahaan.

 

Keterampilan ini juga membantu HR menavigasi aktivitas dan situasi seperti pelatihan dan pengembangan, orientasi karyawan baru, reintegrasi, resolusi konflik, dan membantu manajer dalam menyelesaikan masalah-masalah karyawan.

 

6. Menguasai Penggunaan Teknologi

Seorang HRD pastinya wajib mengikuti perkembangan teknologi, apalagi di dunia yang serba digital seperti saat ini. Untuk memudahkan pekerjaanmu, terdapat beberapa software yang dapat membantu kamu dalam mengelola karyawan. Human Resources Information System atau HRIS adalah software yang mampu mengotomatisasi, menyimpan, dan memproses pengelolaan informasi karyawan di satu sistem terpusat. HRIS dapat membantu pengoptimalan kinerja karyawan yang dapat menguntungkan perusahaan.

 

7. Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi adalah keterampilan yang paling sering disebutkan dalam deskripsi pekerjaan di bidang SDM. Kemampuan berkomunikasi dengan efektif sangat diperlukan dalam kegiatan operasional manajemen SDM. Mengapa demikian? Sebab, pegiat HR adalah jembatan antara bisnis dan karyawan, yang perlu mewakili kedua belah pihak dengan adil.

 

8. Analitik Data dan Driven

Skill ini membantu HR dalam melakukan identifikasi karyawan yang memiliki potensi tinggi, menganalisis tunjangan, menetapkan gaji dan intensif yang adil, dan memproyeksikan kebutuhan SDM di masa depan.

 

9. HR Reporting

Seiring dengan meningkatnya kepentingan analitik dalam HR, keterampilan pelaporan HR juga semakin penting. Skill ini melibatkan kemampuan untuk membuat, membaca, dan menginterpretasikan laporan HR yang menggunakan data dari berbagai sistem HRIS.

 

10. Pemecahan Masalah

Jika terjadi konflik di perusahaan, maka salah satu pihak yang berwenang untuk memperbaiki kondisi ini adalah HRD. Hal ini masuk dalam tanggung jawab HRD berupa manajemen konflik di perusahaan.

 

Gunakan Presensi by GUGU Untuk Menunjang Kebutuhan HR

 

Presensi by GUGU hadir sebagai solusi perusahaan untuk membantu HRD dalam mengelola karyawan di perusahaan. Mulai dari absensi, administrasi karyawan dan laporan, payroll sampai dengan kebutuhan kerja HR lainnya.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Presensi by GUGU bisa langsung menghubungi customer service kami.

 

Sekian ulasan mengenai 10 Skill yang Perlu Dimiliki HR, semoga bermanfaat ya!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube