11 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Karyawan Terbaik 2024

14 May 2024

-670684.png

Perkembangan yang terus berkembang setiap harinya mampu membantu mempermudah kinerja kita. Dalam bidang HR yang memiliki sistem yang cukup rumit dan kompleks menjadi lebih mudah dan sederhana dengan hadirnya aplikasi absensi online karyawan.

Selain mempermudah kinerja HRD dalam mengelola sumber daya manusia dalam suatu perusahaan, hadirnya aplikasi absensi online karyawan juga memberikan keamanan dan akurasi data yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara manual. Hal tersebut tentunya juga meminimalisir terjadinya human error dan juga tindak kecurangan seperti manipulasi data kehadiran yang dapat dilakukan oleh pihak karyawan. 

 

Oleh karena banyaknya manfaat penggunaan aplikasi absensi online seperti pada penjelasan diatas membuat sebagian besar HR dalam sebuah perusahaan memutuskan untuk beralih dengan menggunakan aplikasi absensi online untuk mengelola sumber daya manusia mereka. 

 

Namun mungkin sebagian dari anda masih merasa bingung untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan HR dalam perusahaan anda. Nah untuk mengatasi keresahan anda, maka artikel ini akan membahas secara detail mengenai 11 aplikasi absensi online karyawan terbaik yang mungkin nantinya dapat anda terapkan dalam perusahaan anda. 

 

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Terbaik 2024 

 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi absensi online terbaik yang membantu memudahkan HR maupun karyawan.

 

1. Presensi.co.id 

 

Presensi.co.id menjadi rekomendasi aplikasi absensi online terbaik yang perlu anda coba. Aplikasi Presensi.co.id ini merupakan aplikasi absensi online berbasis mobile android dan ISO yang dapat digunakan oleh perusahaan berskala kecil hingga besar. Aplikasi absensi dari Presensi ini memiliki keunggulan dalam kelengkapan fitur, harga yang terjangkau, dan juga tampilan yang user friendly sehingga sangat mudah untuk dipahami dan digunakan oleh HR dan karyawan. 

 

Pencatatan kehadiran karyawan dengan Presensi ini memungkinkan HR untuk dapat menambahkan titik lokasi absensi sehingga nantinya karyawan yang melakukan absensi harus berada di lokasi tersebut untuk dapat melakukan absensi, selain itu karyawan juga diharuskan melampirkan bukti selfie untuk absen, sehingga hal tersebut dapat membantu mencegah kecurangan yang dapat dilakukan oleh karyawan. 

 

Selain memiliki sistem pencatatan yang akurat, Presensi.co.id juga memiliki berbagai fitur menarik lainya. Mulai pencatatan kehadiran yang akurat, kunjungan sales, laporan kehadiran karyawan secara mendetail, pengajuan lembur, pengajuan izin/cuti, penga pengajuan kasbon, pengajuan klaim beban/reimbursement dan juga perhitungan payroll secara otomatis. Presensi.co.id juga menyediakan rekapitulasi absensi yangmemungkinkan HR dalam merekap hasil absensi karyawan dalam periode waktu tertentu.  

 

Presensi.co.id ini juga memiliki fleksibelitas yang tinggi sehingga mudah disesuaikan dengan kebijakan dalam setiap perusahaan. Seperti pembagian shift karyawan yang dapat diatur dengan kebutuhan perusahaan, dan perhitungan gaji karyawan yang dapat disesuaikan dengan kebijakan perusahaan. 

 

Dengan berbagai kelebihan yang disajikan ini menjadikan Presensi.co.id sebagai rekomendasi aplikasi absensi online karyawan yang terbaik dan cocok untuk diterapkan dalam perusahaan anda, menariknya Presensi.co.id ini juga menyediakan uji coba secara gratis pada pengguna pertama mereka selama 2 bulan dan 12 bulan. Jika disini anda tertarik menggunakan aplikasi Presensi.co.id anda dapat melakukan pendaftaran dengan klik disini

 

2. Quickbooks Time

 

Rekomendasi aplikasi absensi online yang kedua adalah Quickbooks Time, aplikasi ini dapat membantu HR dalam mengelola waktu dan kehadiran karyawan secara efektif dan efisien.  Selain itu Quickbooks Time juga menyediakan timesheet time, membuat jadwal kerja dan istirahat, memeriksa waktu, hingga melacak berapa lama pegawai tersebut bekerja. Tentunya hal tersebut mampu meningkat efisiensi manajemen SDM dalam sebuah perusahaan. 

 

3. Jibble 

 

Jibble merupakan sebuah aplikasi absensi online yang memiliki fitur lengkap seperti yang dibutuhkan oleh HR dalam perusahaan. Mulai dari GPS hingga absensi selfie menjadi fitur andalan Jebble sehingga membantu mengurangi potensi kecurangan yang dapat terjadi. Aplikasi ini juga menyediakan integrasi dengan platform lain seperti Slack dan Trello. 

 

4. Zoho People 

 

Aplikasi Zoho People menjadi rekomendasi aplikasi absensi online karyawan gratis yang selanjutnya. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur lengkap yang membantu HR dalam mengelola karyawan mereka. Selain fitur check in dan check out, aplikasi ini juga memungkinkan karyawan untuk mengajukan izin, cuti jadwal meeting, jadwal training untuk pegawai, dan dapat diakses melalui web atau aplikasi absensi mobile. 

 

5. Clockify 

 

Clockify merupakan sebuah aplikasi absensi online yang menawarkan 2 fitur utama yaitu time tracker dan juga timesheet. Hadirnya fitur tersebut mampu membantu perusahaan untuk melakukan monitoring karyawan. Selain itu clockify juga memiliki sistem lainnya, seperti perencanaan rancangan proyek, penetapan tugas, dan juga sistem penggajian sederhana. 

 

6. Connecteam 

 

Connecteam menjadi rekomendasi aplikasi absensi online terbaik yang selanjutnya. Tidak mau kalah dengan aplikasi lainya, connecteam juga memiliki berbagai fitur menarik. Seperti fitur absensi, pengaturan jam lembur dan shift. Dengan aplikasi ini pencatatan kehadiran karyawan diambil dengan GPS yang mana dapat membantu HR dalam melacak aktivitas karyawan dari manapun. Selain itu aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan sistem perhitungan payroll karyawan sehingga dapat mencegah terjadinya human error.

 

7. TimeTrex

 

Dengan hadirnya TimeTrex ini memungkinkan HR untuk mengelola shift kerja karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain pengelolaan shift kerja yang dapat disesuaikan pada kebutuhan perusahaan, aplikasi ini juga memungkinkan HR dalam mengelola kehadiran karyawan sesuai kebijakan yang berlaku, seperti aturan lembur, potongan keterlambatan, atau ketidakhadiran karyawan. Tentunya komponen tersebut akan terintegrasi secara otomatis dengan perhitungan gaji karyawan. 

 

8. When I Work 

 

Selanjutnya aplikasi absensi online dari When I Work ini sangat cocok oleh UMKM karena selain karena fiturnya yang lengkap, aplikasi ini juga juga dapat digunakan secara gratis untuk maksimal 75 karyawan. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi perusahaan karena dapat mengurangi biaya administrasi yang harus dikeluarkan. Untuk fitur dari aplikasi When I Work sendiri terdapat fitur attendance monitoring, pengelolaan shifting, jam lembur, team message hingga penjadwalan karyawan. 

 

9. Hubstaff 

 

Hubstaff adalah rekomendasi aplikasi absensi online yang cocok untuk digunakan setiap perusahaan terutama bagi perusahaan yang memiliki karyawan yang banyak bekerja dilapangan. Hal tersebut karena aplikasi absensi dari hubstaff ini menawarkan fitur absensi yang dapat memantau aktivitas karyawan dengan GPS secara real time. 

 

10. ClockedIn 

 

Kemudian ClockedIn juga menjadi aplikasi yang dapat membantu mempermudah pengelolaan karyawan dalam perusahaan. Hal ini karena clockedIn memiliki fitur geofencing yang mana dapat memantau lokasi absen masuk dan keluar karyawan. Selain itu ClockedIn juga memiliki fitur biometrik seperti fingerprint dan pengenal wajah untuk memverifikasi identitas karyawan saat melakukan absensi kehadiran. FItur ini mampu meningkatkan keakuratan data karena dapat mencegah kecurangan yang mungkin dilakukan oleh karyawan. 

 

11. Gusto 

 

Gusto merupakan aplikasi absensi online yang dapat diterapkan dalam perusahaan anda. Melalui aplikasi seluler karyawan dapat melakukan absensi dimana saja dan kapan saja. Tidak kalah dengan aplikasi absensi lainya, Gusto juga dilengkapi fitur pelacakan GPS yang membantu memverifikasi lokasi dan jam absensi yang akurat dan terpercaya. Selain itu aplikasi absensi dari Gusto ini juga terintegrasi dengan fitur lainya seperti penggajian, benefit, serta manajemen HR secara keseluruhan. 


 

Kesimpulan 

 

Pekerjaan yang rumit dan kompleks HR dapat dilakukan secara sederhana dan lebih mudah dengan memanfaatkan aplikasi absensi online. Namun perlu digaris bawahi dalam pemilihan aplikasi ini harus dilakukan secara matang dan penuh pertimbangan. Hal ini karena perusahaan harus benar-benar memilih aplikasi terbaik dan sesuai dan memastikan fitur atau layanan yang ditawarkan telah mencakup kebutuhan perusahaan, hal ini perlu dilakukan agar nantinya membantu mempermudah kinerja HR secara lebih praktis dan efisien. 


Presensi.co.id menjadi salah satu rekomendasi terbaik yang dapat membantu mempermudah kinerja HR dalam mengelola sumber daya manusia untuk berbagai sektor industri. Selain memiliki fitur yang lengkap dan terintegrasi, aplikasi Presensi.co.id ini juga fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan anda, seperti pengaturan shift kerja karyawan, izin/cuti, toleransi keterlambatan, dan lain sebagainya. Disini anda juga dapat melakukan uji coba secara gratis selama 2 bulan dan 12 bulan dengan fitur lengkap. Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaan anda sekarang juga!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube