12 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kinerja Karyawan

25 September 2024

-43108.png

Kinerja karyawan merupakan salah satu faktor kunci dalam kesuksesan perusahaan. Oleh karena itu anda perlu mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan.

Sebagai seorang pemimpin atau HR perusahaan, anda perlu mengetahui dan memahami berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Seperti yang diketahui kinerja karyawan menjadi faktor penting untuk menjaga kestabilan produktivitas setiap karyawan yang bekerja di perusahaan atau organisasi anda. Oleh karena itu, penting bagi manajemen untuk memahami berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Jadi apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan? Dalam artikel ini nantinya akan membahas terkait faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan.

 

Apa saja Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan?

 

Pada dasarnya ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Tentunya faktor-faktor tersebut harus diperhatikan dengan seksama oleh setiap management perusahaan. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah sebagai berikut ini:

 

1. Lingkungan Kerja 

 

Lingkungan kerja memegang peranan penting yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan, apabila lingkungan kerja kurang kondusif dan sehat, maka hal tersebut dapat memicu karyawan menjadi cepat jenuh dan kehilangan motivasi untuk menyelesaikan tugas serta tanggung jawab yang dimilikinya.   

 

Sehingga, disini anda perlu memastikan perusahaan memiliki lingkungan kerja yang kondusif dan sehat untuk semua karyawan yang ada dalam lingkungan tersebut. Lingkungan kerja kerja yang yang kondusif dan sehat dapat dicerminkan dengan ruang kerja yang nyaman, bersih, dan aman yang tentunya hal-hal lain yang dapat meningkatkan produktivitas kerja. Selain itu, lingkungan yang mendukung, seperti suasana kerja yang positif dan kolaboratif, juga sangat berpengaruh. 

 

2. Fasilitas Tempat Kerja

 

Faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan yang selanjutnya adalah  fasilitas yang disediakan perusahaan pada tempat kerja karyawan. Agar nantinya karyawan dapat melakukan pekerjaannya secara lebih produktif, tentunya anda harus memperhatikan fasilitas yang dibutuhkan oleh setiap karyawan. 

 

Tentunya adanya fasilitas yang lengkap sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan karena membantu karyawan bekerja secara lancar dan maksimal. Fasilitas fisik seperti peralatan kerja, ruang kantor, dan juga fasilitas lain yang memadai karyawan untuk bekerja dengan efisien dan nyaman.

 

3. Pemimpin Perusahaan 

 

Hal selanjutnya yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah pemimpin dari perusahaan itu sendiri. Tentunya pemimpin memiliki peranan penting didalam perusahaan atau organisasi. Selain memberikan arahan yang tempat untuk meraih keberhasilan, pemimpin juga memiliki peranan penting untuk memberikan motivasi  karyawan. 

 

Tanpa adanya arahan yang tepat dan jelas akan membuat karyawan kurang memahami tugas dan tanggung jawab mereka. Dan tanpa adanya motivasi dari pimpinan juga dapat menurunkan semangat kerja karyawan, sehingga menurunkan kinerja karyawan hingga kemungkinan paling buruk yaitu karyawan memutuskan untuk keluar dari perusahaan. 

 

4. Jenjang Karir 

 

Jenjang karir juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan.  Dengan adanya jenjang karir yang pasti , karyawan akan merasa aman dan nyaman dalam bekerja di sebuah perusahaan karena mereka dapat memiliki tambahan penghasilan dan juga pengalaman kerja yang baik. 

 

5. Beban Pekerjaan 

 

Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah beban pekerjaan karyawan yang dapat menjadi terlalu banyak dan tidak sesuai porsi atau kapasitas karyawan. Dengan beban pekerjaan yang melebihi kapasitas karyawan ini dapat menurunkan kinerja semangat dan motivasi kerja karyawan sehingga berakibat penurunan kerja karyawan. Oleh karena itu, sebagai seorang atasan, anda perlu dapat mengetahui seberapa besar kemampuan masing-masing karyawan dalam mengerjakan suatu pekerjaan dan memberikan pekerjaan tersebut sesuai dengan porsinya. 

 

6. Pelatihan dan Pengembangan

 

Kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan sangat penting bagi karyawan. Program pelatihan yang berkualitas tidak hanya meningkatkan kemampuan karyawan , tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri mereka. Karyawan yang merasa memiliki peluang untuk belajar dan berkembang cenderung lebih berkomitmen pada pekerjaan mereka. 

 

7. Komunikasi 

 

Komunikasi yang efektif antara manajemen dan karyawan sangat penting untuk menciptakan hubungan kerja yang positif. Ketidakjelasan dalam komunikasi dapat menyebabkan kesalahpahaman, kebingungan, dan konflik. Karyawan yang merasa didengar dan diperhatikan cenderung lebih termotivasi dan produktif. 

 

8. Penghargaan dan Pengakuan

 

Pemberian penghargaan dan pengakuan atas prestasi karyawan dapat meningkatkan motivasi dan semangat kerja. Penghargaan tidak selalu harus berupa materi saja, namun juga dapat berupa pujian, sertifikat, atau pengakuan publik juga dapat memiliki dampak positif yang besar. Karyawan yang merasa dihargai cenderung bekerja lebih keras dan lebih loyal terhadap perusahaan. 

 

9. Kompensasi dan Tunjangan

 

Kompensasi yang adil dan tunjangan yang memadai dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Ketidakpuasan terhadap gaji atau tunjangan dapat menyebabkan penurunan motivasi dan produktivitas. Oleh karena itu, perusahaan perlu memastikan bahwa kompensasi yang diberikan sesuai dengan harapan karyawan. 

 

10. Budaya Perusahaan 

 

Budaya perusahaan mencapai nilai-nilai, norma, dan praktik yang berlaku ditempat kerja. Budaya yang positif dapat menciptakan suasana kerja yang mendukung kolaborasi dan inovasi, sedangkan budaya negatif dapat menghemat kreativitas dan inisiatif. 

 

11. Kesehatan Fisik dan Mental

 

Kesehatan fisik dan mental karyawan sangat mempengaruhi kinerjanya. Karyawan yang sehat secara fisik dan mental cenderung lebih produktif dan mampu menghadapi tekanan kerja dengan lebih baik. Perusahaan perlu memberikan perhatian pada kesejahteraan karyawan melalui program kesehatan dan dukungan psikologis. 

 

12. Tanggung Jawab Karyawan 

 

Tanggung jawab setiap karyawan juga dapat mempengaruhi kinerja karyawan pada setiap perusahaan. Tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaan sendiri bisa dilihat dari berbagai hal. Hal yang paling mudah dilihat HR adalah waktu kedatangan karyawan ke kantor. Karyawan bertanggung jawab pastinya kan datang kekantor secara tepat waktu. 

 

Dalam segi pekerjaan, karyawan yang bertanggung jawab adalah adalah karyawan yang selalu konsisten, totalitas dalam bekerja, punya inisiatif, dan juga beretika yang baik dalam lingkungan kerjanya. 

 

Kesimpulan 

 

Seperti yang telah diketahui kinerja karyawan perlu diperhatikan secara mendetail oleh pimpinanan ataupun HRD masing-masing perusahaan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan kinerja dalam perusahaan tetap terjaga dengan baik adalah memperhatikan keterlibatan karyawan. 

 

Untuk mempermudah anda dalam melakukan pemantauan kinerja dan ketertiban karyawan, disini anda dapat menggunakan aplikasi absensi online. Salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan adalah aplikasi absensi online dari Presensi.co.id. 

 

Aplikasi Presensi.co.id ini memiliki berbagai fitur yang membantu mempermudah HR dalam melakukan monitoring karyawan secara real-time. Mulai dari fitur pencatatan kehadiran karyawan dengan GPS dan selfie, laporan presensi, kunjungan sales, pengajuan lembur, izin/cuti, kasbon, klaim beban/reimbursement, dan juga perhitungan slip gaji karyawan secara otomatis. 


Dengan aplikasi Presensi.co.id membantu pengelolaan karyawan menjadi lebih mudah tanpa khawatir akan kesalahan perhitungan bonus karyawan karena sudah terintegrasi dengan fitur payroll. Untuk anda yang tertarik menggunakan Presensi.co.id anda dapat melakukan uji coba secara gratis selama 2 bulan hingga 12 bulan. Selain itu kamu juga dapat konsultasi secara gratis oleh tim kami dengan mengajukan demo disini! Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaan anda sekarang juga!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube