Pengertian Sales
Sales merupakan adalah sebuah aktivitas penjualan, mempromosikan, menawarkan sebuah produk atau jasa dalam sebuah perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan laba pada suatu perusahaan. Sales sendiri merupakan bagian penting dalam suatu bisnis, dikarenakan seorang sales adalah salah satu sumber utama pendapatan perusahaan.
Namun mempromosikan atau menjual produk tentunya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan setiap orang. Terlebih munculnya banyak kompetitor lain yang menghambat atau mempersempit area jual. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya skill atau keterampilan menjual yang dimiliki oleh seorang sales.
Skill atau keterampilan penjualan merupakan sebuah kemampuan yang harus dimiliki seorang tenaga penjual dalam keefektifan dan kesuksesan dalam menjual barang atau jasa kepada pelanggan. Berikut penjelasan lengkapnya :
Skill Sales yang Harus Dimiliki agar Penjualan Meningkat
Disini skill sales merupakan keberhasilan dalam menaikan volume penjualan dan laba perusahaan. Berikut ini adalah beberapa skill yang harus dimiliki sales :
1. Komunikasi
Komunikasi adalah aktivitas dasar yang selalu dilakukan oleh setiap manusia, hal tersebut dikarenakan komunikasi merupakan pengiriman atau penerimaan pesan dari dua orang atau lebih sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami.
Dapat berkomunikasi dengan baik merupakan skill yang harus dimiliki seorang sales. Dengan adanya komunikasi yang baik, sales dapat menyampaikan pesan atau informasi yang baik terkait produk atau jasa yang ditawarkan sehingga nantinya pesan atau informasi tersebut dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh pelanggan. Sales juga dapat membujuk, menarik, atau meyakinkan pembeli untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Dalam berkomunikasi dengan pelanggan, kemampuan berbicara dengan jelas tanpa bertele- tele, mendengarkan dengan baik dan mengenal lawan bicara merupakan poin yang penting untuk diperhatikan. Saat melakukan penjualan cara bicara seperti pilihan kata, nada bicara, kontak mata, dan gestur tubuh juga harus dilakukan dengan baik agar pelanggan merasa nyaman dan tertarik dengan penjelasan yang diberikan.
2. Empati
Seorang sales juga harus memiliki kemampuan atau skill dalam memahami perasaan pelanggannya. Dengan memahami apa yang dirasakan pelanggan, sales dapat melakukan respon yang sesuai sehingga pelanggan dapat terbantu dan merasakan ketulusan.
Dapat mendengarkan keluhan pelanggan juga merupakan skill yang harus dimiliki yang harus dimiliki oleh sales. Keluhan pelanggan merupakan hal umum terjadi dalam bisnis. Rasa empati tersebut akan membantu sales untuk mendengarkan, merespon, dan membantu memberikan solusi dari keluhan tersebut.
3. Negosiasi
Negosiasi adalah proses tawar-menawar yang dilakukan 2 orang atau lebih dengan cara berunding untuk mencapai kesepakatan bersama. keterampilan yang satu ini sangat penting bagi seorang sales. Sehingga negosiasi merupakan skill yang harus dimiliki oleh sales. Dalam melakukan kunjungan sales umumnya akan terjadi negosiasi antara sales dan pelanggan. Disini sales harus memiliki tujuan yang jelas untuk mencapai suatu hasil yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.
Agar negosiasi dapat hasil yang memuaskan, sales harus memahami siapa pelanggan tersebut. Pemahaman tentang pelanggan seperti, ekonomi pelanggan, minat pelanggan, dan hal apa yang dibutuhkan pelanggan adalah kunci penting dalam keberhasilan negosiasi. Dengan pemahaman tersebut sales dapat menyusun strategi agar dapat menyesuaikan produk yang ditawarkan dengan kebutuhan dan minat pelanggan.
4. Fokus Pada Target
Untuk mendapatkan penjualan yang diinginkan, perusahaan atau sales itu sendiri harus memiliki target penjualan. Dengan target yang telah ditetapkan sales harus fokus pada target tersebut.
Target juga dapat memberikan motivasi dan semangat terhadap sales agar dapat meningkatkan volume penjualan. Sehingga sales akan dapat lebih fokus pada target yang ditetapkan.
5 . Membagun Hubungan Baik dengan Pelanggan
Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan skill yang harus dimiliki oleh sales. Membangun hubungan baik pada setiap pelanggan merupakan kunci dari komunikasi yang baik. Hubungan yang baik akan membawa berbagai hal baik seperti meningkatkan transaksi pembelian dan membagun royalitas pelanggan sehingga nantinya akan membantu meningkatkan penjualan.
6. Kemampuan Persuasi
Kemampuan persuasi adalah salah satu skill sales yang harus dimiliki oleh setiap sales. Kemampuan persuasi sendiri merupakan kemampuan dalam meyakinakan atau mengajak calon pelanggan untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Dengan adanya kemampuan persuasi yang efektif akan membantu sales meningkatkan penjualan meningkat.
7. Pemahaman Kebutuhan Pelanggan
Pemahaman kebutuhan pelanggan merupakan skill yang berguna untuk memaksimalkan peluang terjadinya kesepakatan jual beli. Dengan memahami dan mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan, sales dapat membantu untuk memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Disini sales dapat memahami produk atau jasa apa yang dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. Sehingga sales dapat memposisikan produk atau jasa yang ditawarkan sebagai solusi tepat dari kebutuhan pelanggan tersebut.
8. Kemampuan Beradaptasi
Seperti yang diketahui, dalam dunia bisnis perkembangan terjadi begitu cepat. Banyaknya kompetitor dan inovasi yang baru dapat mempersempit ranah dalam berdagang. Oleh karena itu seorang sales harus memiliki skill beradaptasi dengan perubahan pasar dan minat pembeli. Hal tersebut harus selalu dilakukan agar produk yang ditawarkan dapat relevan dengan minat dan kebutuhan pembeli.
9. Pengetahuan Produk atau Jasa yang Ditawarkan
Sebelum menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli, seorang sales harus memahami dengan baik terlebih dahulu. Sales harus memiliki pemahaman yang baik seperti, apa saja kelebihan dan kekurangan produk, fitur apa saja yang dimiliki, bagaimana cara kerja atau pemakaiannya. Dengan menguasai pemahaman produk atau jasa yang ditawarkan sales dapat meyakinkan pembeli untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan.
10. Kemampuan Riset Pasar
Kemampuan riset pasar adalah skill yang harus dimiliki oleh sales, hal ini karena seorang sales tidak hanya sekedar menawarkan produk saja, namun juga harus memiliki pemahaman terupdate mengenai kondisi minat terkini. Dengan ini sales harus dapat menganalisa data penjualan, tren pasar dan juga minat pembeli. Dengan melakukan reset ini sales dapat menyesuaikan kondisi yang pasar saat ini.
11. Keterampilan Berpresentasi
Seorang sales harus dapat mempresentasikan produk atau jasa yang ditawarkan. Skill atau keterampilan berpresentasi merupakan peranan penting dalam proses pengambilan keputusan pelanggan. Karena disini sales akan menggambarkan atau mengenalkan produk kepada pelanggan. Dengan presentasi yang baik dan menarik dapat menarik minat pelanggan untuk melakukan kesepakatan atau terjadinya aktivitas jual beli.
12. Time Management
Skill selanjutnya yang harus dimiliki oleh sales adalah time management. Time management atau manajemen waktu adalah pengelola atau perencanaan terkait berapa banyak waktu yang harus dihabiskan untuk menyelesaikan kegiatan tertentu. Oleh karena itu seorang sales harus dapat melakukan time manajemen yang baik. Hal tersebut dikarenakan dengan melakukan time manajemen yang baik memungkinkan bertemu lebih banyak calon pembeli sehingga menghasilkan lebih banyak menghasilkan aktivitas jual beli.
Baca juga : 8 Rekomendasi Aplikasi Sales Lapangan Gratis Berbasis Web
Cara Mengoptimalkan Skill Sales dalam Meningkatkan Penjualan
Perusahaan maupun tim HR memiliki peran penting dalam mengoptimalkan kinerja tim sales mereka. Selain mengetahui skill yang harus dimiliki sales, HR juga harus mengoptimalkan agar kinerja sales dapat konsisten dan berjalan dengan baik. Hal tersebut diperlukan pemantauan secara berkala terkait kinerja sales.
Dengan memanfaatkan fitur pada aplikasi Presensi by GUGU, HR dapat memantau kinerja kunjungan sales secara berkala. Aplikasi presensi dapat memonitoring sales dengan lebih akurat, karena aplikasi presensi dapat mencatat kunjungan sales dengan memanfaatkan fitur GPS. Sehingga hal ini dapat memudahkan sales untuk melakukan absensi secara akurat dimanapun, dan pastinya data dapat tetap terinput. Riwayat absensi juga dapat diakses HR dan sales kapanpun dan dimanapun yang terhubung dengan internet. Jadi tunggu apa lagi, Daftarkan perusahaan anda sekarang hanya di Presensi by GUGU.