6 Tips Penting Memilih Software HR yang Tepat untuk Perusahaan

29 August 2024

-581164.png

Penggunaan software yang tepat dalam perusahaan merupakan langkah penting untuk meningkatkan produktivitas SDM. Dalam artikel ini akan membahas tips penting memilih software HR yang tepat untuk perusahaan anda.

Mengelola karyawan dalam sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih jika anda masih menggunakan cara yang manual. Dalam era teknologi yang semakin maju dan berkembang pesat, penting bagi HR menggunakan software untuk mendukung aktivitas kerja sehari harinya dalam mengelola SDM dalam perusahaan. Hal ini tidak hanya sekedar memudahkan kinerja HR saja, namun juga penting bagi efisiensi dan produktivitas dalam manajemen sumber daya manusia perusahaan. Dengan ini, visi dan misi perusahaan dapat diraih dengan lebih mudah.

Meskipun demikian, pemilihan software HR ini juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Hal ini memanglah bukan hal yang mudah, terlebih kini telah banyak hadir berbagai pilihan software yang ditawarkan di pasaran. Sehingga sebelum memilih software HR anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor agar nantinya dapat bekerja secara maksimal. Agar anda tidak salah memilih software HR anda dapat mengikuti tips seperti dibawah ini:

 

6 Tips Penting Memilih Software HR yang Tepat untuk Perusahaan 

 

Software HR ini dapat membantu berbagai tugas HR mulai dari pengelolaan kehadiran karyawan hingga perhitungan gaji karyawan. Namun, memilih software HR yang tepat dapat menjadi tantangan, terutama dengan banyaknya pilihan yang tersedia. Berikut 6 tips penting membantu anda memilih software HR yang sesuai dengan kebutuhan anda:

 

1. Identifikasi Kebutuhan Spesifik Perusahaan 

 

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam memilih software HR yang tepat adalah dengan melakukan identifikasi kebutuhan perusahaan secara spesifik. Sebelum memulai pencarian software HR, perlu dilakukan analisis mendalam tentang kebutuhan khusus perusahaan anda. Tentunya setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda, tergantung pada ukuran, struktur, dan industri. Dengan memahami kebutuhan spesifik, anda dapat memilih software yang menawarkan fitur-fitur yang paling relevan untuk perusahaan anda. Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa fitur penting yang nantinya harus ada dalam software HR yang akan anda pilih, seperti beberapa fitur dibawah:

 

a. Fitur Attendance (Absensi) Secara Real-Time: Fitur pencatatan kehadiran karyawan secara real-time merupakan salah satu fitur yang sangat penting dimiliki software HR. Hal ini karena nantinya dengan fitur ini akan memudahkan HR dalam memonitoring karyawan dan mendisiplinkan karyawan. Tak hanya itu pencatatan kehadiran karyawan ini juga sangat erat kaitannya dengan pemberian gaji karyawan. Sehingga disini pastikan nantinya software HR yang anda pilih telah menyediakan fitur tersebut.

 

b. Fitur Working Schedule: Fitur working schedule atau jadwal kerja karyawan merupakan sebuah rencana pembagian waktu kerja karyawan, mulai dari jam masuk hingga pulang kerja. Untuk memudahkan hal ini, HR tentunya memerlukan sistem otomatis untuk mengelola hal ini. 

 

c. Fitur Pengajuan Overtime, Izin dan Cuti Karyawan: Fitur ini juga merupakan sebuah fitur yang sangat penting bagi HR. Dengan adanya fitur ini tidak hanya HR yang menikmati kemudahannya saja, namun kemudahan tersebut juga akan dinikmati oleh karyawan. 

 

d. Fitur Monitoring: Selanjutnya fitur monitoring ini juga tidak kalah penting untuk ada dalam software HR. Pastikan juga dalam aplikasi ini telah dilengkapi GPS yang dapat memudahkan anda memantau keberadaan karyawan.

e. Fitur Employee Database: Selanjutnya fitur ini juga sangat penting ada dalam software HR. Dengan ini HR dapat melakukan pengisian data diri karyawan mereka, sehingga nantinya dapat mempermudah HR dalam melakukan evaluasi kerja, pengaturan jadwal kerja, jadwal cuti hingga lokasi absensi karyawan tersebut. 

 

f. Fitur Payroll: Fitur ini merupakan fitur krusial dalam sistem HR, hal ini mengingat perhitungan gaji karyawan merupakan hal yang rumit dan panjang. Maka dengan adanya fitur ini sangat membantu HR dalam mengelola gaji karyawan menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat. 

 

Baca juga: 9 Fitur Wajib Dalam Aplikasi Absensi Online Karyawan

 

2. Uji Coba (Trial)

 

Setelah membuat daftar kebutuhan, selanjutnya anda dapat melakukan trial atau uji coba software untuk mengetahui apakah software tersebut sesuai dengan kebutuhan dan sistem dari perusahaan anda. Anda dapat mencari software yang memberikan kesempatan trial secara gratis untuk mencoba software HR dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Dengan adanya masa trial tersebut dapat berguna untuk mencocokkan software tersebut dengan operasional dalam perusahaan anda. Dalam masa ini anda juga dapat membandingkan keefektifan kerja anda sebelum dan sesudah menggunakan software HR tersebut. 

 

3. Pertimbangkan Skalabilitas dan Fleksibel

 

Langkah kedua dalam anda perlu memilih software HR yang skalabilitas dan fleksibel agar dapat berkembang bersama perusahaan anda. perusahaan yang sedang berkembang memerlukan sistem yang dapat menampung penambahan berkembang memerlukan sistem yang dapat menampung penambahan karyawan dan perubahan dalam proses bisnis. Sebelum menentukan software HR yang nantinya akan digunakan dalam perusahaan anda, maka anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa software tersebut dapat dengan mudah disesuaikan dengan pertumbuhan dan perubahan kebutuhan perusahaan anda dimasa depan. 

 

4. Software HR yang User Friendly 

 

Langkah selanjutnya disini anda juga perlu memilih software HR yang memiliki sistem dan tampilan user friendly sehingga mudah digunakan bagi orang awam sekalipun. Adanya tampilan yang user friendly disini tidak hanya mudah dipahami saja oleh anda selaku HR saja saja namun juga semua karyawan anda. Dengan tampilan yang mudah dipahami ini juga membuat pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan cepat . 

 

5. Fitur yang Terintegrasi

 

Faktor penting yang tidak boleh anda lewatkan dalam memilih software HR adalah adanya fitur yang terintegrasi. Sebelum memilih software HR, anda perlu memperhatikan bagaimana fitur tersebut saling terintegrasi satu sama lain. Pastikan juga setiap fitur tersebut dapat melakukan update secara otomatis di setiap penginputan atau perubahan data. pengecekan data ini harus dilakukan karena nantinya software ini diharapkan dapat digunakan dalam jangka panjang.  

 

6. Pertimbangakan Biaya dan Dukungan Pelanggan 

 

Biaya merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih software HR. Disini anda perlu membandingkan harga pokok dan juga biaya tambahan lain seperti biaya pelatihan atau dukungan teknis dari software satu dengan software lainnya. Pastikan bahwa biaya yang nantinya anda keluarkan sesuai dengan fitur yang diberikan dan anggaran perusahaan anda. Selain itu, tinjau kualitas dukungan pelanggan yang disediakan oleh penyedia software. Selain itu dukungan teknis yang baik sangat penting untuk memastikan bahwa masalah nantinya dapat diatasi dengan cepat dan efisien. 

 

Rekomendasi Software HR Dengan Fitur Lengkap dan Terintegrasi - Presensi.co.id

 

Dengan beberapa tips di atas semoga membantu mempermudah anda dalam mencari software HR yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda. Namun jika anda masih merasa bingung dalam memilih berbagai jenis HR yang ditawarkan diluar sana, aplikasi Presensi.co.id dapat menjadi jawaban tepat untuk anda. 

 

Bukan hanya sekedar aplikasi absensi biasa, namun Presensi.co.id mempunyai berbagai fitur lengkap yang dibutuhkan oleh HR dalam perusahaan. Selain itu aplikasi Presensi.co.id ini telah mencakup berbagai faktor yang dibutuhkan dalam software HR seperti yang telah dijelaskan dalam penjelasan diatas. Mulai dari berbagai fitur yang lengkap dan terintegrasi seperti pencatatan harian karyawan yang akurat dengan dilengkapi GPS, laporan kunjungan sales, pengajuan lembur, izin/ cuti, klaim beban/rembuesement, kasbon, serta perhitungan gaji karyawan secara otomatis. 

 

Dengan berbagi fitur yang telah terintegrasi ini tentunya dapat memenuhi kebutuhan dalam perusahaan anda. Tidak hanya fiturnya yang lengkap, namun presensi.co.id memiliki UI/UX yang user friendly sehingga mudah dimengerti dan digunakan bagi orang aman sekalipun. Dengan berbagai kelebihannya, Presensi.co.id menawarkan harga yang relatif terjangkau. Anda juga dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda. Selain itu, anda juga tidak perlu khawatir jika nantinya terdapat kendala yang tidak dapat anda selesaikan karena Presensi memiliki tim profesional yang siap sedia memberikan solusi dari masalah anda. 

 

Presensi juga menyediakan uji coba gratis atau free trial untuk pengguna baru selama 2 bulan dan 12 bulan. Untuk anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, anda dapat langsung menjadwalkan sesi demo sekarang juga dan ajukan pertanyaan secara langsung pada tim profesional Presensi.co.id. Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaan anda sekarang dan nikmati kemudahannya!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube