Karyawan merupakan sumber daya penting bagi sebuah perusahaan untuk membantu memajukan perusahaan menjadi lebih baik. Sehingga disini HRD bertugas untuk mengelola semua masalah terkait karyawan dalam perusahaan. Karena pengelolaan karyawan tidak hanya terkait perekrutan dan penggajian saja maka disini HRD memiliki berbagai jenis bidang kerja. Sebelum membahas lebih jauh terkait jenis-jenis bidang kerja HRD, mari simak terlebih dahulu pengertian dari HRD.
Pengertian HRD dalam Perusahaan.
HRD atau Human Resource Department merupakan bagian manajemen perusahaan yang bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan tenaga kerja. HRD sendiri memiliki berbagai tugas penting seperti mengelola perekrutan, pelatihan, dan juga perkembangan karyawan dalam perusahaan. HRD juga bertugas memastikan hak dan kewajiban karyawan terpenuhi dengan baik.
Adanya HRD juga dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas tinggi. Tentunya karyawan dengan kualitas, keterampilan dan pengetahuan yang tinggi juga dapat mendorong terwujudnya harapan perusahaan. Sehingga dengan ini secara tidak langsung HRD juga ikut serta dalam memajukan perusahaan.
Pada dasarnya HRD adalah menciptakan karyawan berkualitas dengan memenuhi hak dan kewajiban setiap karyawan. Namun untuk itu tentunya banyak hal yang dilakukan oleh HRD, mulai dari pemilihan karyawan, pelatihan karyawan, pengembangan karyawan, dan juga strategi agar karyawan dapat bertahan dalam perusahaan.
Untuk melakukan semua tugas itu tentunya HRD tidak dapat bekerja sendiri, maka dari itu HR memiliki berbagai jenis posisi bidang kerja yang memiliki tanggung jawab dan tugas tersendiri namun nantinya tugas tersebut juga dapat saling berhubungan. Jadi apa saja jenis bidang kerja HRD? Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini:
Pada umumnya divisi HR akan dibagi menjadi dua tipe yaitu HR generalist dan juga HR spesialis. HRD generalist atau dapat disebut HRD umum ini merupakan bagian penting dalam perusahaan yang berperan untuk menjalankan operasi harian dibidang HR perusahaan. HRD generalist juga berperan sebagai penghubung antara manajemen dan karyawan dalam berbagai hal terkait sumber daya manusia.
Untuk menjadi HR generalist ini tentunya harus memiliki pengetahuan dasar terkait HR seperti benefit karyawan, kompensasi, hiring, onboarding, dan juga evaluasi karyawan. Pada umumnya disini HRD generalist akan memiliki hubungan langsung terhadap HR director untuk melaporkan informasi terkait prosedur terbaru, perubahan payroll, atau tentang kebutuhan hiring lainnya. Sedangkan HR specialist ini akan lebih fokus pada tugas tertentu terkait HR, seperti pelatihan karyawan, rekrutmen, program pelatihan,dan lain-lain.
Jenis- Jenis Bidang Kerja HRD dalam Perusahaan
1. HRD Recruiter
Rekrutmen dan hiring merupakan salah satu tugas utama HR, sehingga untuk mencari kandidat terbaik pada posisi yang dibutuhkan merupakan tugas dari HRD recruiter. Tentunya untuk merekrut karyawan yang terbaik juga tidaklah mudah, perlu menyusun rencana yang matang dengan mempertimbangkan banyak hal mulai dari waktu, tenaga, dan juga biaya yang harus dikeluarkan dalam proses perekrutan tersebut.
HRD recruiter ini nantinya akan bertugas membuat lowongan kerja, mengumumkan lowongan kerja, mengiklankan lowongan kerja, melakukan penyaringan kandidat, melakukan interview, menjalankan tes, mempersiapkan kontrak dan perjanjian kerja, dan juga menyusun laporan.
2. HR Training & Development
Sesuai dengan namanya bagian ini akan bertugas untuk merencanakan dan mengelola perkembangan kinerja karyawan. Disini HR training dan development akan menggali potensi dan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan. Kemudian HR akan mencari cara untuk mengembangkan keterampilan karyawan tersebut agar nantinya karyawan tersebut dapat berkontribusi untuk mengembangkan perusahaan.
3. HRD Compensation & Benefit
Tugas utama dari HRD compensation dan benefit ini adalah memastikan bahwa setiap karyawan memastikan karyawan mendapatkan kompensasi dan benefit yang sesuai dengan kinerja mereka. Selain itu, posisi ini juga bertanggung jawab untuk menentukan gaji, jumlah bonus, ataupun asuransi karyawan.
4. HRD Employee Relations
Employee relations adalah hubungan antar karyawan yang berarti disini HRD employee relations bertugas untuk mencegah dan mengatasi masalah ataupun perselisihan antara karyawan dan manajemen. Sehingga nantinya tempat kerja akan terasa nyaman dan memberikan pengaruh positif bagi tempat kerja. Tentunya hal tersebut juga akan membawa dampak baik bagi perusahaan, hal tersebut karena dengan adanya tempat kerja yang nyaman dapat memicu semangat dan produktivitas karyawan sehingga hasil kerja karyawan pun akan lebih maksimal.
Selain itu bidang kerja ini juga memiliki peran untuk mempertahankan karyawan dengan kualitas tinggi. Hal tersebut dapat sangat menguntungkan perusahaan karena nantinya tidak perlu membuang waktu dan tenaga mencari dan melatih karyawan baru lagi. Untuk itu HRD employee relations perlu menciptakan lingkungan yang nyaman , motivasi kerja dan juga semangat pada setiap karyawan.
5. HRD Organizational Structure
Tugas utama dari HRD organizational structure ini sendiri adalah untuk menciptakan atau menjaga struktur organisasi agar tetap efisien, sehingga nantinya produktivitas kerja dalam perusahaan tetap dapat berjalan dengan efisien. Divisi ini nantinya akan membuat struktur organisasi yang berisi alur koordinasi dalam perusahaan. Dengan adanya organisasi yang tersusun dengan baik dapat membantu mempermudah pemantauan pertumbuhan karyawan.
6. Human Resource Compliance
Departemen ini berperan untuk menegakkan aturan dalam perusahaan dan kepatuhan karyawan dengan aturan yang berlaku, seperti jam kerja karyawan, izin dan cuti, pemutusan hubungan kerja dan surat-surat terkait perizinan yang dibutuhkan dalam perusahaan.
7. HRD Payroll
Seperti dengan namanya divisi ini memiliki tanggung jawab untuk mengelola gaji karyawan dalam sebuah perusahan. HRD payroll harus memastikan bahwa karyawan mereka mendapatkan gaji yang sesuai dengan kinerja mereka. Disini HRD juga akan menjalankan seluruh proses mulai dari perhitungan gaji karyawan sampai dengan pelaporan gaji karyawan kepada atasan.
Penutup
Itulah dia berbagai posisi bidang kerja HRD dalam sebuah perusahaan. Namun tahukah anda bahwa kini telah ada aplikasi yang dapat mengurangi beban kerja HRD sehingga nantinya tidak perlu memerlukan HR spesialis yang terlalu banyak. Hal tersebut karena sekarang telah aplikasi absensi online yang dapat mengelola karyawan dengan lebih mudah dan akurat.
Aplikasi Presensi by GUGU menjadi rekomendasi untuk setiap perusahaan yang ingin mengelola karyawan dengan lebih efisien. Tidak hanya sekedar melakukan pencatatan kehadiran karyawan saja, namun Presensi by GUGU juga telah terintegrasi dengan payroll karyawan. Tentunya dengan perhitungan payroll secara otomatis ini dapat menghindari terjadinya human error karena kesalah perhitungan. jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaan anda sekarang juga dan nikmati kemudahannya!