7 Pekerjaan Human Resource dalam Perusahaan
Dalam setiap perusahaan, pekerjaan human resource (SDM) memiliki peran yang sangat penting. Mereka bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya manusia, menjaga hubungan harmonis antara karyawan, dan memastikan kesesuaian antara kebutuhan perusahaan dan kepuasan individu.
Dari rekrutmen hingga pengembangan karyawan, pekerjaan human resource menjadi jembatan yang menghubungkan potensi individu dengan kesuksesan perusahaan. Tanpa upaya mereka yang berdedikasi, timbulnya konflik internal dan ketidakseimbangan organisasi mungkin tak terelakkan.
Namun, seperti apa sesungguhnya tugas dari HR ini sehingga mereka berperan besar pada kesuksesan perusahaan?
Pekerjaan Human Resource
Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang HR, ketahui 7 pekerjaan HR berikut ini agar lebih paham terkait apa saja yang harus dikerjakan.
1. Merekrut Karyawan
Merekrut karyawan merupakan salah satu pekerjaan HR yaitu memahami kebutuhan karyawan di perusahaan. Untuk memastikan kebutuhan ini, Anda perlu mengkomunikasikannya dengan user dan mengelola budget hingga proses penyaringan.
2. Melakukan Payroll
Payroll merupakan pekerjaan HR yang cukup krusial karena setiap mendekati waktu gajian harus menghitung jumlah absen karyawan dan komponen gaji lainnya seperti pajak dan iuran BPJS. Selain itu, HR perlu mengurus pengeluaran karyawan lain yang perlu di reimburse.
3. Melakukan Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan
Pekerjaan HR selanjutnya memastikan agar karyawan bisa bekerja secara produktif dan nyaman. Perusahaan bisa memiliki manajemen kerja yang baik jika bisa menentukan target secara jelas dan mampu menampung feedback secara terbuka.
4. Memberikan Kompensasi dan Benefit Bagi Karyawan
Memberikan kompensasi tidak terbatas pada sales saja sehingga sebagai HR perlu menginformasikan apa saja benefit yang akan diperoleh. Misalnya memberikan asuransi kesehatan, memberitahu sistem bonus di perusahaan, mendapatkan promosi dan benefit lainnya.
5. Merencanakan Karier Karyawan
Pekerjaan human resource selanjutnya adalah merencanakan jenjang karir karyawan di suatu perusahaan. Seorang HR harus menunjukan bagaimana jenjang karier mereka di perusahaan sehingga bisa selaras dengan kebutuhan perusahaan.
6. Mengelola Database Karyawan
Divisi HR juga harus bisa mengelola database karyawan dengan baik. Hal ini berguna untuk menganalisis persebaran demografi perusahaan. Selain itu, database penting diperbarui penting untuk kebutuhan reporting dan jadi acuan pengambilan keputusan bagi perusahaan di masa depan.
7. Memperbarui Kebijakan
Sudah semestinya bagi perusahaan untuk melakukan review terhadap kebijakan yang dijalankan, minimal satu tahun sekali. Ini merupakan tugas HRD untuk menyarankan perubahan kebijakan apakah harus diganti atau tetap dijalankan.
Dari pekerjaan Human Resource diatas, salah satunya adalah menghitung jumlah absensi karyawan atau payroll. Agar lebih cepat, Anda bisa menggunakan presensi digital dari Presensi.
Platform absensi karyawan online ini akan menghemat waktu serta tenaga HR, sehingga dapat dialokasikan ke pekerjaan lain. Presensi menghadirkan beragam fitur canggih untuk mengelola kehadiran pegawai.
Bersama Presensi, kelola absensi perusahaan Anda jadi lebih mudah!