Absensi Berbasis GPS: Kontrol Penuh Karyawan Secara Akurat

2 November 2023

-781423.png

Absensi berbasis GPS adalah solusi dalam mengontrol kehadiran karyawan secara lebih akurat untuk mengurangi resiko terjadinya kecurangan oleh karyawan.

GPS atau Global Positioning system adalah suatu alat atau sistem navigasi yang penentuannya menggunakan satelit yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem navigasi ini setidaknya ada 24 satelit. Sistem GPS memberikan informasi mengenai posisi serta waktu.

 

Pada saat ini, telah banyak orang di dunia menggunakan GPS dalam berbagai aplikasi mulai dari navigasi hingga teknologi wearable. Di Indonesia, sistem GPS pun telah banyak diterapkan dalam berbagai aplikasi yang berkaitan dengan posisi.  Penerapan GPS di indonesia seperti absensi berbasis gps yang memanfaatkan gps untuk sistem kerjanya. 

 

Pengertian Absensi Berbasis GPS

 

Absensi berbasis GPS adalah sistem pencatatan kehadiran karyawan dengan memanfaatkan fitur GPS pada ponsel karyawan. Tentunya sistem ini akan menggunakan titik lokasi tertentu yang telah ditetapkan perusahaan dalam syarat melakukan absensi atau pencatatan kehadiran. Dengan berada di titik yang telah ditetapkan oleh perusahaan barulah karyawan dapat melakukan absensi.  Nantinya sistem ini akan mencatat waktu dan tempat  karyawan melakukan  absensi. Hal ini tentunya lebih efisien dan akurat sehingga dapat mengurangi terjadinya kecurangan absen. 

 

Cara Kerja Absensi GPS

 

Adanya absensi berbasis GPS sangat memudahkan pihak karyawan maupun pihak perusahaan. Hal tersebut karena data yang dihasilkan lebih akurat dan juga cara kerja sistem ini mudah dilakukan. Dengan sistem ini karyawan hanya perlu mengaktifkan GPS pada smartphone, masuk pada aplikasi absensi yang telah disediakan perusahaan, kemudian karyawan melakukan presensi kehadiran yang nantinya akan tercatat secara otomatis oleh sistem waktu dan posisi karyawan tersebut melakukan absensi.

 

Untuk melakukan absensi ini smartphone karyawan perlu terhubung dengan jaringan internet yang stabil, agar proses absensi dapat berjalan dengan lancar. Setelah penginputan data berjalan dengan lancar, HR hanya perlu melakukan pemantauan data kehadiran para karyawan pada server aplikasi absensi. 

 

Untuk menambah keakuratan absensi karyawan, perusahaan juga banyak menggunakan fitur tambahan dengan fitur face capture untuk absensi karyawan mereka. Sistem ini sangat mudah untuk dilakukan, yaitu  karyawan hanya perlu berfoto selfie saat melakukan absensi dan kemudian menginput foto tersebut pada aplikasi absensi mereka masing masing.  

 

Keunggulan Absensi Berbasis GPS

 

Tak hanya memiliki keakuratan dan kemudahan saja, namun absensi berbasis GPS juga memiliki keunggulan lain yang dapat memudahkan dalam melakukan absensi karyawan. 

 

1.  Akurasi yang Tinggi 

 

Absensi dengan sistem ini tentunya memanfaatkan GPS atau global positioning system dalam melakukan absensi karyawan. Sistem absensi berbasis GPS menghasilkan akurasi data yang tinggi dalam mencatat kehadiran karyawan. Hal ini dikarenakan teknologi GPS dapat memantau kehadiran karyawan secara real-time.  Karyawan hanya perlu mengaktifkan GPS pada smartphone mereka, dan melakukan selfie saat melakukan absensi. Dengan ini karyawan akan sulit melakukan pemalsuan kehadiran. Hal inilah yang membuat absensi dengan GPS memiliki akurasi yang tinggi. 

 

2. Akses Dimana Saja 

 

Selain memiliki akurasi yang tinggi, absensi kehadiran yang berbasis GPS tentunya juga dapat dilakukan dimana saja. Disini pihak perusahaan dapat  melacak posisi kehadiran karyawan dengan melalui teknologi GPS seperti saat di kantor, saat WFH, ataupun saat tim sales melakukan kunjungan. Hal ini tentunya akan praktis dan efisien dalam mencatat kehadiran karyawan. 

 

3. Mudah Digunakan 

 

Selain memiliki akurasi yang tinggi dan dapat diakses dimana saja, sistem absensi yang berbasis GPS ini memiliki keunggulan mudah digunakan sekalipun orang yang tidak familiar dengan teknologi. Sistem ini mudah digunakan baik pihak perusahaan yang memonitori ataupun pihak karyawan dalam melakukan absensi setiap hari nya. Hal ini dikarenakan sistem ini dapat diakses pada smartphone masing masing karyawan. Sehingga tidak perlu adanya perawatan alat setiap bulannya ataupun penyediaan kertas untuk pencatatan kehadiran dengan cara manual. 

 

Disini karyawan hanya perlu memasang perangkat absensi yang dimiliki perusahaan.  kemudian untuk absensi kehadiran hanya perlu mengaktifkan gps pada ponsel karyawan dan melakukan arahan yang diperintahkan pada aplikasi absensi.

 

4. Laporan Secara Langsung 

 

Disini tim HR dapat melakukan pemantauan kepada karyawan secara langsung karena sistem absensi ini dapat memberikan laporan kehadiran karyawan secara real-time. Sehingga perusahaan dapat mengendalikan ataupun melakukan tindakan segera jika terjadi sesuatu pada karyawan mereka.  

 

5. Mencegah Kecurangan 

 

Seperti pada pembahasan di atas bahwa absensi dengan basis GPS memiliki akurasi yang tinggi, karena perusahaan dapat mengatur posisi pasti dimana karyawan bisa melakukan absensi. Kemudian dengan didukung selfie secara langsung yang hanya bisa dilakukan saat absen, hal ini akan mencegah terjadi kecurangan yang dilakukan oleh para karyawan. 

 

Kecurangan kehadiran sendiri pasti nya dapat merugikan pihak perusahaan karena dengan kekurangan ini akan mengganggu produktivitas dalam bekerja.

 

Baca juga : 8 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Secara Tepat

 

6. Menghemat Waktu dan Biaya 

 

Selain dapat menghemat waktu adanya sistem ini akan dapat menghemat pengeluaran biaya pengeluaran perusahaan. Dibanding dengan sistem manual seperti pencatatan absensi dengan menggunakan mesin fingerprint yang harus melakukan perawatan rutin yang cukup menguras besar untuk tetap dapat digunakan dengan baik, terutama pada bagian scanner yang berfungsi untuk mengidentifikasi sidik jari karyawan pada saat melakukan absensi.   

 

Namun dengan menggunakan absensi berbasis GPS seperti Presensi by GUGU dapat menghemat biaya pengeluaran bulanan perusahaan, hal ini dikarenakan anda dapat menggunakan aplikasi Presensi by GUGU dengan harga yang terjangkau. Anda juga dapat melakukan percobaan gratis hingga 12 bulan. 

 

Kesimpulan 

 

Absensi berbasis GPS adalah catatan kehadiran secara otomatis dengan memanfaatkan GPS pada ponsel karyawan. Dengan menggunakan sistem ini tim HR dapat melakukan kontrol penuh terhadap karyawan dengan lebih akurat. Tak hanya itu absensi berbasis GPS juga memiliki banyak keunggulan daripada sistem lainnya. 

 

Aplikasi absensi berbasis GPS seperti Presensi by GUGU merupakan rekomendasi terbaik untuk memudahkan dalam mengontrol karyawan dengan lebih akurat. Hal ini dikarenakan karyawan hanya dapat melakukan absensi hanya saat berada di lokasi yang telah ditentukan oleh perusahaan dan didukung dengan melakukan selfie saat absensi, tentunya catatan kehadiran akan lebih akurat. 


Presensi by GUGU juga menyajikan fitur-fitur canggih lainnya yang dapat memudahkan tim HR dalam bekerja. Seperti rekap data kehadiran secara otomatis, rekap data lembur, rekap kasbon karyawan, laporan kunjungan sales, hingga sampai hitung payroll secara otomatis. Semua kemudahan ini bisa anda dapatkan dalam satu aplikasi yaitu dengan Presensi by GUGU. Anda juga dapat mencoba gratis 2 bulan dan 12 bulan. Jadi tunggu apalagi? segera daftarkan perusahaanmu sekarang hanya di Presensi by GUGU.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube