Alasan Pentingnya Tata Tertib dalam Perusahaan dan Contohnya

20 June 2024

-234897.png

Setiap perusahaan perlu memiliki tata tertib untuk menjaga kestabilan dan juga kelancaran kinerja dalam sebuah perusahaan.

Tata tertib dalam perusahaan hadir menjadi landasan yang penting demi berjalannya aktivitas kerja yang kondusif. Tata tertib perusahaan juga menjadi hal yang krusial, sehingga penyusunan dan pelaksanaan nya juga harus dipertimbangkjan secara matang-matang. Dengan adanya tata tertib dalam perusahaan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif dan nyaman ditinggali oleh setiap anggota perusahaan. Untuk dapat mendapatkan informasi lebih lanjut terkait pentingnya tata tertib dalam perusahaan maka anda perlu simak penjelasan dibawah ini!

 

Alasan Pentingnya Tata Tertib dalam Sebuah Perusahaan 

 

Tata tertib perusahaan merupakan merupakan seperangkat aturan, norma, dan juga prosedur yang ditetapkan oleh pihak perusahaan untuk mengatur dan juga mengorientasikan kegiatan-kegiatan dalam suatu perusahaan. Nantinya tata tertib yang telah dibuat dengan pertimbangan yang matang harus diikuti oleh  seluruh karyawan dalam manajemen perusahaan. Tentunya sistem ini sangat penting dalam meningkatkan efisiensi, efektivitas dan juga kualitas kerja di dalam perusahaan. Adanya tata tertib kerja yang baik dapat membantu organisasi mencapai tujuan dengan lebih mudah. Adapun dibawah ini merupakan beberapa alasan pentingnya setiap perusahaan perlu memiliki tata tertib yang baik. 

 

1. Menjaga Kedisiplinan 

 

Alasan yang pertama mengapa tata tertib perlu ada dalam setiap perusahaan adalah untuk menjaga kedisiplinan di tempat kerja. Namun hal ini aturan yang dibuat juga harus telah mempertimbangkan dengan dengan seksama, aturan yang dibuat harus dilakukan demi kebaikan perusahaan dan karyawan, sehingga nantinya tidak ada pihak yang akan dirugikan dengan aturan yang dibuat. 

 

Agar nantinya peraturan yang dibuat dapat dijalankan dengan lebih optimal  maka disini juga perlu menyertakan konsekuensi yang jelas bagi yang melanggar aturan. Hal tersebut dapat membantu mencegah perilaku yang tidak etis, melanggar hukum, ataupun hal-hal yang dapat merugikan perusahaan. 

 

2. Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas 

 

Tata tertib perusahaan juga membantu dalam mengatur dan mengorganisasikan kegiatan- kegiatan di dalam perusahaan, sehingga seiring berjalannya hal tersebut nantinya juga dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja. Hadirnya sistem yang jelas dan terstruktur akan membantu karyawan menjadi lebih mudah dalam menyelesaikan tugas kerja serta menghemat waktu kerja. 

 

3. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Profesional 

 

Aturan etika dan perilaku dalam lingkungan kerja merupakan bagian penting dari tata tertib kerja. Aturan ini dapat menetapkan standar perilaku yang tinggi, seperti cara berpakaian yang pantas, cara bersikap dan juga cara berkomunikasi dengan sesama karyawan, atasan, ataupun pelanggan. Oleh karena itu hadirnya aturan atau tata tertib yang baik dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang profesional dan membantu menjaga reputasi perusahaan. 

 

4. Kepatuhan Hukum 

 

Tata tertib perusahaan membantu perusahaan untuk mematuhi peraturan hukum dan peraturan yang berlaku. Sebagian besar peraturan dalam tata tertib kerja juga bersifat hukum. Mematuhi aturan ini merupakan hal penting demi menghindari sanksi hukum, sanksi perusahaan, maupun tuntutan hukum yang nantinya dapat merugikan perusahaan. 

 

5. Meningkatkan Kualitas Kerja 

 

Tata tertib membantu dalam meningkatkan kualitas kerja dengan cara mengatur dan mengorganisasikan kegiatan-kegiatan di dalam perusahaan. Tata tertib kerja ini mengacu pada tugas dan tanggung jawab, sehingga nantinya diharapkan karyawan dapat bekerja dengan fokus dan meningkatkan kualitas pekerjaan yang mereka lakukan. 

 

Acuan Hukum Tata Tertib Perusahaan

 

Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa penyusunan tata tertib dalam perusahaaan tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun tata tertib dalam perusahaan, seperti salah satunya dasar hukum yang berlaku saat ini.  

 

Adapun aturan yang mengatur terkait tata tertib perusahaan adalah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan: Pasal 2 ayat 1, “ Karyawan harus mematuhi peraturan perusahaan dan peraturan yang berlaku di tempat kerja.” 

 

Selain itu Peraturan Menteri Tenaga kErja Nomor 5 Tahun  2013 tentang Tata Tertib: Pasal 1 ayat 1, “ Tata tertib kerja adalah seperangkat aturan dan pedoman yang ditetapkan dalam suatu organisasi, perusahaan, atau lingkungan kerja untuk mengatur perilaku dan aktivitas karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka.” 

 

Contoh Tata Tertib Perusahaan bagi Karyawan

 

Ada berbagai aspek yang dapat dimasukkan dalam tata tertib perusahaan, mulai dari jam kerja karyawan, cara berpakaian, absensi karyawan, cara berkomunikasi dan masih banyak lagi. Adapun beberapa contoh tata tertib yang umum diterapkan dalam perusahaan adalah sebagai berikut ini: 

 

1. Kode Etik 

 

Setiap perusahaan perlu memasukkan aspek kode etik dalam tata tertib untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan profesional. Kode etik ini mencakup semua perilaku yang menetapkan standar yang baik, mencakup nilai-nilai perusahaan, seperti integritas, kejujuran, dan juga tanggung jawab oleh setiap karyawan. 

 

2. Jam Kerja 

 

Setiap perusahaan tentunya memiliki aturan tersendiri dalam menentukan jam kerja karyawan, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas kerja setiap perusahaan. Aturan jam kerja dalam perusahaan akan mengatur terkait jam masuk dan juga jam pulang karyawan, serta jam istirahat karyawan. Seperti sebuah perusahaan menetapkan jam mulai kerja pada pukul 07.00 pagi hingga berakhir pada pukul 16.00 sore dengan waktu istirahat satu jam ditengah hari. Dengan ini karyawan harus bekerja dalam jam kerja yang telah ditentukan, jika karyawan melanggar maka pihak perusahaan dapat memberikan sanksi ataupun denda pada setiap pelanggarnya. 

 

3. Tata Cara Absensi 

 

Contoh tata tertib perusahaan yang selanjutnya adalah tata cara absensi karyawan. Hal ini dapat mencakup prosedur untuk melaporkan ketidakhadiran karyawan, izin, atau keterlambatan kepada atasan atau ataupun HR. Seperti ketika karyawan ingin mengajukan cuti kerja, maka disini karyawan perlu melakukan beberapa tahap terlebih terlebih dahulu. 

 

Peran Software Absensi Online dalam Menunjang Kedisiplinan Karyawan 

 

Software absensi online dalam perusahaan menjadi peranan penting untuk menunjang kedisiplinan karyawan. Hadirnya software absensi online seperti Presensi.co.id ini memberi banyak pengaruh terhadap perusahaan. Dengan berbagai fitur yang dihadirkan oleh software absensi online memberikan kemudahan HR perusahaan dalam mengelola tata tertib dan juga memastikan kedisiplinan karyawan dalam perusahaan tetap terjaga.

 

Dengan menggunakan software absensi online ini dapat mempermudah HR dalam melacak kehadiran karyawan. Hal ini karena software absensi seperti Presensi.co.id memberikan fitur lengkap dalam pencatatan dan pengelolaan data kehadiran karyawan, mulai dari pencatatan data kehadiran karyawan secara otomatis dengan mendetail, fitur pengajuan  lembur, izin dan cuti. Selain itu, dengan Presensi juga dapat mendeteksi keterlambatan karyawan sehingga HR dapat dengan mudah mengetahui mana karyawan yang disiplin dan kurang disiplin. Selain itu pencatatan kehadiran karyawan dengan menggunakan Presensi juga dapat menjadi lebih akurat dibandingkan pencatatan dengan menggunakan cara manual, hal ini karena pencatatan kehadiran dengan Presensi telah dilengkapi dengan fitur GPS dan selfie sehingga meminimalisir terjadinya kecurangan yang dapat dilakukan oleh karyawan. 

 

Penggunaan software absensi online seperti Presensi.co.id juga memungkinkan karyawannya untuk  dapat mengurus keperluan administrasi secara mandiri. Hal ini karena Presensi.co.id menghadirkan berbagai fitur yang memungkinakan karyawan untuk mengajukan cuti secara online yang nantinya dapat di approve oleh pihak atasan atau HRD. Disini perusahaan nantinya juga dapat mengumumkan peraturan baru ataupun memberi informasi pada setiap karyawan dengan memanfaatkan fitur pengumuman dari software Presensi.co.id.  


Dengan demikian, nantinya perusahaan dapat lebih mudah mengelola tata tertib dengan lebih efisien dan praktis. Selain itu, penggunaan software Presensi.id juga dapat meningkatkan kedisiplinan karyawan, menciptakan lingkungan kerja yang terstruktur dan profesional, serta meningkatkan akurasi data yang didapatkan. Anda juga dapat mencoba berbagai fitur Presensi.co.id dengan gratis selama 2 bulan dan 12 bulan, jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaan anda sekarang juga!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube