Apa Saja Peran dan Tugas HR dalam Industri Retail?

28 September 2024

-988052.png

Departemen Sumber Daya Manusia (HR) memiliki peran dan tugas yang sangat penting dan juga kompleks, termasuk HR dalam industri retail.

Seperti yang diketahui bahwa faktor utama dari keberhasilan di industri retail adalah produktivitas kerja karyawan, sehingga departemen Sumber Daya Manusia (HR) memiliki peranan penting dalam mengelola tenaga kerja yang beragam dan seringkali berubah dalam  industri retail ini. Dengan memiliki tenaga profesional HR yang kompeten, perusahaan dapat mengukur sekaligus mengembangkan produktivitas para pekerja. 

 

Dalam artikel ini nantinya kita akan membahas lebih lanjut tentang peran dan juga tugas HR dalam Industri Retail. Simak artikel berikut untuk informasi lebih lanjut!

 

Apa Peran HR di Industri Retail ?

 

Departemen Sumber Daya Manusia (HR) tentunya memiliki peran yang penting dan krusial dalam industri retail dengan tuntutan yang tinggi, mengingat lingkungan kerja yang dinamis dan kebutuhan tenaga kerja yang seringkali besar dan beragam. 

 

Salah satu peran utama HR dalam industri retail adalah untuk memastikan perusahaan memiliki tenaga kerja yang cukup, membuat rencana untuk menarik karyawan baru, memastikan bahwa karyawan mendapatkan pelatihan yang sesuai untuk menunjang kinerja mereka dalam perusahaan, dan juga memastikan karyawan terlibat serta bekerja sesuai kebijakkan dan budaya perusahaan yang berlaku. 

 

Hal tersebut dilakukan dengan memiliki tujuan meningkatkan pengalam kerja karyawan yang tentunya juga akan turut mempengaruhi kepuasan pelanggan, sesuai dengan harapan perusahaan. 

 

Baca juga: 7 Pekerjaan Human Resource dalam Perusahaan

 

Apa Saja Tugas HR di Industri Retail?

 

Tidak jauh berbeda dengan tugas HR dalam industri lainya, tugas HR dalam industri retail ini memiliki peran penting dalam merekrut, mengelola, dan memberikan pelatihan bagi karyawan. Namun tentunya tugas HR di industri retail tidak berhenti sampai situ saja, ada berbagai tugas penting lainnya yang harus dilakukan oleh HR dalam industri retail. Adapun tugas HR dalam industri retail adalah sebagai berikut ini:

 

1. Rekrutmen dan Onboarding

 

Seperti yang telah diketahui industri retail memerlukan tenaga kerja yang cukup besar, sehingga disini HR memiliki tugas dan tanggung jawab untuk dapat menarik, memilih, dan juga merekrut kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan sekaligus menjaga mereka agar tetap bertahan lama didalam perusahaan tersebut. 

 

Adapun proses rekrutmen dan onboarding yang perlu dilakukan adalah seperti, memantau pergantian karyawan untuk menentukan kebutuhan perekrutan, membuat iklan lowongan pekerjaan, melakukan seleksi pada calon karyawan, melakukan wawancara kepada kandidat terpilih, mengirimkan offering letter, membuat proses onboarding yang terstruktur, dan juga memberikan pelatihan kepada karyawan baru. 

 

2. Pelatihan dan Pengembangan

 

Sama halnya tugas HR dalam sektor lainnya, HR dalam industri retail juga memiliki tugas untuk memberikan pelatihan dan juga pengembangan yang tepat untuk seluruh karyawan perusahaan. Hal ini karena karyawan di industri retail ini sering berhadapan langsung dengan pelanggan, sehingga pelatihan yang tepat dan efektif sangatlah penting untuk diberikan. 

 

Disini HR juga memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan program pelatihan yang membantu karyawan meningkatkan keterampilan penjualan, layanan pelanggan, manajemen stok, dan keterampilan komunikasi. HR juga perlu mengetahui kebutuhan pelatihan perusahaan, melacak pelatihan yang telah diterima setiap karyawan, dan juga pelatihan keselamatan ditempat kerja. 

 

3. Pengelolaan Hubungan Kerja

 

Dalam industri retail, dimana interaksi antara karyawan sangatlah intens, HR berperan dalam menjaga hubungan kerja yang harmonis. Hal ini termasuk menangani keluhan karyawan, penyelesaian konflik yang terjadi, serta menjaga komunikasi yang efektif antara manajemen dan staf. 

 

4. Pengelolaan Budaya Perusahaan 

 

HR juga memiliki tanggung jawab untuk memelihara budaya perusahaan yang sehat dan konsisten dengan nilai-nilai organisasi. HR harus memastikan bahwa nilai-nilai budaya perusahaan tercermin dalam tindakan dan perilaku sehari-hari karyawan, serta menangani isu-isu budaya mungkin muncul seiring dengan pertumbuhan perusahaan. 

 

5. Pengelolaan Data Karyawan 

 

Tentunya departemen Sumber Daya Manusia (HR) dalam industri retail juga memiliki tanggung jawab dalam mengelola data administrasi seluruh karyawan dalam perusahaan dengan aman dan efisien. Daya karyawan yang dimaksud disini dapat termasuk pengelolaan dokumen seperti kontrak kerja, data gaji, dan catatan kehadiran karyawan. 

 

6. Kompensasi dan Benefit 

 

Merancang kompensasi dan benefit karyawan menjadi bagian tugas terpenting HR di industri retail. Hal ini perlu dilakukan untuk mempertahankan dan memastikan kesejahteraan karyawan. HR perlu menentukan besaran upah yang diterima karyawan dan benefit apa yang akan diterima oleh karyawan. Selain itu HR juga perlu melakukan evaluasi seberapa adil upah karyawan, merancang strategi kompensasi, menghitung penggajian, dan juga memastikan karyawan mendapatkan haknya secara adil dan tepat waktu. 

 

Untuk mempermudah Anda dalam menjalankan peran dan tugas Anda sebagai HR maka anda dapat memanfaatkan software HR dari Presensi.co.id. Software ini menyediakan berbagai fitur yang dapat mempermudah Anda untuk melakukan berbagai tugas penting HR, mulai dari mengelola data karyawan, melakukan monitoring karyawan, mengelola pengajuan karyawan, hingga mengelola penggajian dan benefit karyawan. 

 

Dengan Presensi.co.id, HR dapat tidak perlu lakukan melakukan pencatatan kehadiran karyawan secara manual lagi, karena presensi memiliki fitur pencatatan kehadiran karyawan yang telah dilengkapi dengan GPS dan selfie sehingga menghasilkan data yang lebih akurat. Kemudian disini nantinya kamu juga dapat melakukan pemantauan kapan saja dimana saja, karena dengan presensi kamu dapat melakukan monitoring karyawan secara real-time. 

 

Presensi juga telah memiliki fitur pengajuan izin/cuti, lembur, klaim beban/reimbursement, dan juga kasbon yang telah terintegrasi dengan payroll karyawan. Melalui fitur payroll dari Presensi.co.id nantinya Anda dapat menghitung seluruh komponen penggajian secara otomatis, sehingga memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan pertimbangan dan strategis. 


Selain itu, dengan Presensi.co.id Anda juga dapat memastikan gaji dibayarkan tepat waktu pada seluruh karyawan. Nantinya slip gaji juga dapat diakses oleh karyawan secara real-time pada masing-masing akun karyawan. Presensi.co.id juga menyediakan uji coba gratis selama 2 bulan dan 12 bulan untuk Anda yang tertarik menggunakan berbagai fitur Presensi.co.id. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan nikmati kemudahannya!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube