Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dengan Aplikasi Absensi - Presensi.co.id

4 October 2024

-613595.png

Mengelola kehadiran karyawan seringkali dianggap sebagai pekerjaan yang rumit, namun ternyata kelola kehadiran tersebut dapat diatasi dengan mudah. Simak artikel di bawah untuk informasi lebih lanjut!

Pengelolaan kehadiran karyawan merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan. Hal ini karena data kehadiran karyawan ini nantinya berhubungan dengan berbagai hal penting, mulai dari penggajian karyawan, kinerja karyawan, produktivitas kerja, dan juga hal penting lainya. Oleh karena itu penting bagi HR untuk melakukan pengelolaan kehadiran karyawan dengan baik. 

 

Kehadiran karyawan disini tidak hanya sekedar masuk atau tidaknya karyawan, namun juga jam masuk dan jam keluar karyawan. Sehingga, disini mengelola kehadiran karyawan perlu dilakukan secara tepat dan akurat. 

 

Tentunya jika pencatatan kehadiran karyawan ini dilakukan secara manual akan sangat memakan waktu dan tenaga, terlebih jika perusahaan memiliki banyak karyawan. Tidak hanya akan memakan waktu dan tenaga saja, namun pengelolaan karyawan secara manual ini akan beresiko tinggi terjadi human error atau kesalahan pencatatan. 

 

Namun masalah diatas dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi yang kini semakin berkembang. Aplikasi absensi dapat anda manfaatkan untuk memudahkan anda dalam mengelola kehadiran karyawan secara cepat dan akurat. Aplikasi absensi karyawan akan jauh lebih praktis dibandingkan pengelolaan kehadiran dengan cara manual. Selain itu penggunaan aplikasi absensi juga terintegrasi secara otomatis dan memiliki data yang akurat. 

 

Manfaat Aplikasi Absensi Karyawan bagi Perusahaan 

 

Penggunaan teknologi aplikasi absensi dalam mengelola kehadiran karyawan ini memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan. Adapun beberapa manfaat yang perlu anda ketahui dari aplikasi absensi karyawan adalah seperti berikut ini: 

 

1. Meningkatkan Akurasi Data Kehadiran

 

Salah satu manfaat utama dari aplikasi absensi adalah peningkatan akurasi dalam pencatatan kehadiran karyawan. Dengan adanya sistem otomatis, resiko terjadinya human error dalam mencatat kehadiran karyawan dapat diminimalisir. Tentunya data kehadiran karyawan yang akurat sangatlah penting untuk perhitungan gaji dan juga pengambilan keputusan terkait manajemen SDM. 

 

2. Efisiensi Waktu dan Biaya

 

Selain meningkatkan akurasi data kehadiran karyawan, aplikasi absensi karyawan ini juga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memproses data kehadiran karyawan secara manual. Dengan aplikasi ini proses pengumpulan dan pengolahan data menjadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, dengan penggunaan sistem otomatis ini nantinya penggunaan kertas karena pencatatan secara manual dapat dikurangi sehingga menghemat biaya operasional. 

 

3. Analisis Data yang Lebih Baik 

 

Aplikasi absensi sering dilengkapi dengan laporan data yang akurat memungkinkan perusahaan untuk melakukan identifikasi pola kehadiran karyawan. Informasi ini dapat digunakan untuk merencanakan sumber daya, mengidentifikasi masalah keterlambatan, serta meningkatkan produktivitas karyawan. Dengan adanya yang tepat, manajemen dapat membuat keputusan yang lebih baik. 

 

4. Memudahkan Monitoring Karyawan 

 

Dengan aplikasi absensi ini memungkinkan perusahaan untuk memantau kehadiran karyawan secara real-time. Dengan ini HR dapat dengan mudah mengetahui siapa yang hadir, terlambat, atau tidak masuk kerja. Hal ini nantinya akan memudahkan pengambilan keputusan terkait penugasan dan pengelolaan tim. 

 

5. Integrasi dengan Sistem Lain

 

Kini sebagian besar aplikasi absensi telah terintegrasi dengan sistem penting lainya, seperti manajemen karyawan dan penggajian. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki sistem yang terintegrasi dan memudahkan pengelolaan data secara keseluruhan.  

 

Baca juga : 5 Fungsi Penting Aplikasi Absensi Online - Presensi

 

Fitur Utama Aplikasi Absensi Karyawan -Presensi.co.id 

 

Aplikasi absensi karyawan ini menawarkan berbagai fitur canggih yang tidak hanya memudahkan HR dalam mengelola kehadiran karyawan saja, namun juga dapat membantu meningkatkan produktivitas tim secara keseluruhan. 

 

1. Absensi Berbasis GPS

 

Fitur utama yang wajib ada dalam aplikasi absensi karyawan adalah fitur absensi berbasis GPS. Dengan fitur ini memungkinkan karyawan untuk dapat melakukan absensi dari lokasi kerja dengan verifikasi GPS yang akurat. Disini nantinya pencatatan kehadiran karyawan juga akan terupdate secara langsung dalam sistem karyawan. 

 

2. Laporan Kehadiran 

 

Laporan kehadiran ini dapat membantu HR dalam melakukan perekapan laporan kehadiran karyawan yang harus diserahkan kepada divisi lain setiap hari, minggu, ataupun bulanan. Adanya fitur laporan kehadiran yang dapat diakses secara real-time ini juga mempermudah HR dalam melakukan analisis terkait produktivitas, kedisiplinan, ataupun kehadiran karyawan. 

 

3. Fitur Izin-Cuti Kerja 

 

Fitur yang satu ini menjadi fitur penting yang harus dimiliki oleh aplikasi absensi karyawan. Dengan adanya fitur ini membantu mempermudah karyawan dalam mengajukan permohonan izin dan cuti. Pengajuan cuti ini dapat dilakukan dengan mudah dimanapun dan kapanpun melalui smartphone masing-masing karyawan. Nantinya karyawan hanya perlu menunggu persetujuan HR atas pengajuan izin atau cuti tersebut. 

 

4. Fitur Monitoring  Karyawan 

 

Fitur yang diperlukan dalam aplikasi absensi karyawan adalah fitur monitoring karyawan. Fitur ini dapat membantu HR dalam memantau karyawan yang memiliki mobilitas yang tinggi seperti sales tim. Dengan adanya fitur ini monitoring tim sales akan lebih mudah karena dapat melakukan pendeteksian dan juga mencatat kunjungan sales. 

 

5. Fitur Payroll  

 

Mengingat salah satu fungsi absensi karyawan adalah sebagai komponen penghitungan gaji karyawan, maka adanya fitur payroll ini sangat dibutuhkan untuk mempermudah HR dalam melakukan perhitungan payroll karyawan. Fitur payroll ini telah terintegrasi dengan fitur lainya sehingga payroll akan terhitung secara otomatis. 

 

Baca juga : 9 Fitur Wajib Dalam Aplikasi Absensi Online Karyawan

 

Dengan adanya fitur-fitur dalam aplikasi Presensi.co.id, aplikasi absensi ini mampu mengurangi kesalahan manual, menghemat waktu, serta memastikan karyawan lebih disiplin dalam mengatur waktu kerja. 

 

Selain fitur yang disebutkan diatas, aplikasi Presensi.co.id ini juga dilengkapi dengan fitur pendukung lain lainya. Mulai dari fitur kunjungan sales, klaim belan atau reimbursement, tugas, lembur dan juga fitur kasbon. Dengan berbagai fitur tersebut anda tidak perlu khawatir soal absensi manual atau repot dengan rekap absensi di akhir bulan. Semua telah otomatis dan tersimpan dengan aman. 


Dengan Presensi.co.id anda juga dapat melakukan trial secara gratis selama 2 bulan hingga 12 bulan. Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaan anda sekarang juga dan nikmati kemudahan mengelola karyawan dengan berbagai fitur Presensi.co.id!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube