Mengenal HR Generalist: Pengertian, Skill, dan Tugasnya

29 January 2024

-610681.png

Dalam bidang HRD atau Human Resource Development, HR Generalist ini memegang peranan penting untuk pengelolaan SDM ( Sumber Daya Manusia).

Dalam dunia HR yang semakin berkembang, peranan HR Generalist menjadi kunci penting dalam keberhasilan pengelolaan karyawan. HR generalist atau HR umum ini memiliki tanggung jawab yang luas terkait mengelola SDM ( Sumber Daya Manusia) dalam sebuah perusahaan, HR Generalist juga berperan sebagai penghubung antara pihak karyawan dengan perusahaan. 

 

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih dalam terkait HR Generalist ini, mulai dari pengertian skill dan tugas- tugasnya, berikut adalah penjelasan lengkapnya. 

 

Pengertian HR Generalist 

 

HR Generalist atau HR Umum adalah profesional dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan dan keterampilan luas dalam bidang kerja HR. Tentunya disini HR harus memiliki pengetahuan dasar terkait berbagai bidang kerja HR, seperti benefit karyawan, kompensasi, hiring, onboarding, dan juga evaluasi karyawan. 

 

HR Generalist ini juga sering disebut sebagai HR Umum, Eksekutif Administratif, Eksekutif HR, atau juga Admin HR. HR Generalist ini memiliki tanggung jawab terkait berjalannya kegiatan HR sehari-hari, yang nantinya HR Generalist akan bekerja secara langsung HR Director untuk melaporkan informasi terkait hasil kerja yang dilakukan. 

 

Selain berhubungan langsung kepada HR Director, HR Generalist ini juga akan banyak memiliki interaksi hubungan kerja dengan berbagai divisi dalam organisasi, hal tersebut karena HR Generalist ini juga berperan sebagai penghubung antara karyawan dengan perusahaan. 

 

Skill yang Harus Dimiliki HR Generalist 

 

Seperti yang diketahui HR Generalist ini memiliki banyak tanggung jawab yang harus diemban, oleh karena itu tentunya disini agar dapat melaksanakan tugas dengan baik seorang HR Generalist berbagai skill seperti dibawah ini: 


 

1. Kemampuan Komunikas yang Baik 

 

HR Generalist sendiri berperan aktif untuk menjadi penghubung antara karyawan dengan pihak perusahaan. Untuk menjalankan hal tersebut tentunya HR dituntut untuk memiliki komunikasi yang baik agar nantinya dapat menyampaikan dan menerima pesan dengan baik pula. Kemampuan komunikasi disini tentunya mencakup komunikasi lisan maupun tulisan, tidak hanya itu, mampu mendengarkan dan memahami pesan yang disampaikan oleh lawan bicara juga merupakan bentuk komunikasi yang baik. 

 

2. Kemampuan Penyelesaian Masalah

 

Menjadi seorang HR pasti akan banyak menemui masalah ataupun konflik yang terjadi, baik konflik pada karyawan dengan manajemen maupun konflik yang terjadi antar karyawan. Sehingga disini HR Generalist perlu memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi ataupun mengatasi sebuah masalah. Tentunya dalam menyelesaikan masalah seorang HR perlu menjunjung tinggi keadilan sehingga nantinya tidak ada pihak yang akan dirugikan dengan keputusan yang diambil. 

 

3. Keterampilan Manajemen Waktu 

 

Banyaknya tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang HR Generalist ini juga memiliki tenggang waktu tersendiri. Sehingga disini seorang HR Generalist perlu memiliki skill yang baik dalam manajemen waktu, HR harus dapat memahami prioritas, dan juga memiliki cara untuk mengerjakan tugas secara lebih efisien tanpa harus membuang banyak waktu hanya pada satu pekerjaan saja.

 

4. Kemampuan Analitis 

 

Kemampuan analisis data ini sangat dibutuhkan oleh HR Generalist, dengan adanya kemampuan analisis yang baik dapat mempermudah HR dalam mengidentifikasi masalah, mengambil keputusan, dan juga penyusunan strategi yang matang sesuai dengan data yang ada. 

 

5. Keterampilan Negosiasi 

 

Dalam kondisi tertentu seorang HR Generalist juga membutuhkan kemampuan negosiasi yang baik seperti dalam menyelesaikan konflik yang terjadi dalam organisasi, mencapai kesepakatan yang menguntungkan, dan mempertahankan hubungan baik dengan  manajemen ataupun dengan karyawan. 

 

Tugas HR Generalist

 

Seperti yang telah dijelaskan diatas, seorang HR Generalist memiliki banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan setiap harinya. Namun apa saja tugas dari HR Generalist tersebut?

 

1. Perekrutan

 

Seorang HR Generalist memiliki tanggung jawab terhadap penyediaan tenaga kerja dalam sebuah perusahaan. Nantinya HR Generalist akan melaksanakan tugas mulai dari perhitungan tenaga kerja yang dibutuhkan, membuat lowongan pekerjaan, mempublikasikan informasi lowongan pekerjaan, melakukan penyaringan kandidat, melaksanakan wawancara, melaksanakan seleksi dan juga membuat kontrak kerja bagi karyawan baru. Disini perekrutan karyawan juga harus dijalankan dengan adil agar mendapatkan karyawan yang memiliki kualitas dan kemampuan kerja baik. 

 

Baca juga : 10 Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas, HRD Wajib Tahu!

 

2. Onboarding Karyawan 

 

Tidak berhenti pada perekrutan karyawan saja, HR Generalist juga memiliki tugas untuk menjalankan onboarding pada karyawan baru. Mulai dari pemberian informasi terkait aturan yang berlaku dalam perusahaan, kebudayaan dalam perusahaan, tugas-tugas yang harus dilakukan. Hal ini tentunya nantinya dapat memudahkan karyawan baru untuk lebih cepat beradaptasi dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya. 

 

3. Administrasi Karyawan 

 

Tugas selanjutnya dari HR Generalist adalah melakukan administrasi karyawan, Disini HR akan melakukan pengelolaan terkait dengan administrasi karyawan, seperti database karyawan, kontrak kerja karyawan, perubahan status karyawan, penggajian karyawan, perizinan karyawan dan lainnya. 

 

4. Manajemen Kinerja Karyawan

 

Selain administrasi karyawan HR Generalist juga harus mengelola terkait kinerja karyawan yang ada dalam perusahaan. Untuk melakukan hal tersebut HR harus dapat menyusun rencana dan tujuan kinerja HR, memantau pelaksanaan rencana yang telah dibuat, dan juga membuat umpan balik serta evaluasi atas hasil kinerja karyawan. 

 

5. Pelatihan & Pengembangan Kemampuan Karyawan 

 

Tugas HR Generalist yang selanjutnya adalah dengan membuat pelatihan atau program kerja lainya yang dapat mengembangkan keterampilan yang dimiliki karyawan. Adanya pelatihan ini tidak hanya dapat menguntungkan pihak karyawan saja namun juga dapat memberikan keuntungan bagi pihak perusahaan, hal tersebut karena dengan adanya keterampilan karyawan yang semakin meningkat nantinya karyawan tersebut juga dapat ikut berkontribusi untuk mewujudkan harapan perusahaan dengan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan tersebut. 

 

6. Memastikan Karyawan Mendapatkan Hak yang Sesuai 

 

Sebagai HR Generalist juga memiliki tugas untuk memastikan karyawan mendapatkan hak mereka, yaitu dengan memberikan gaji, kompensasi, tunjangan, benefit, dan insentif lainnya sesuai dengan aturan yang berlaku. Sebisa mungkin pemberian gaji karyawan harus dapat diberikan dengan tepat waktu. 

 

7.  Penegak Peraturan Karyawan 

 

HR Generalist juga bertugas untuk menegakkan peraturan yang berlaku dalam perusahaan dan hukum ketenagakerjaan yang berlaku. Agar dapat mematuhi aturan yang berlaku HR perlu memastikan bahwa anggota perusahaan mengetahui aturan yang berlaku. HR juga harus memberikan informasi atas sanksi yang berlaku jika terdapat melanggar aturan yang berlaku. 

Baca juga: 10 Aplikasi Absensi Online Android dan IOS Terbaik

 

Aplikasi Mempermudah Tugas HR Generalist 

 

Banyaknya tanggung jawab dan tugas HR Generalist ini dapat memakan banyak waktu, tenaga, dan juga biaya jika masih lakukan dengan cara manual. Oleh karena itu disini HR Generalist juga membutuhkan bantuan dari aplikasi seperti Presensi by GUGU. 

 

Aplikasi Presensi by GUGU sendiri merupakan aplikasi untuk manajemen Sumber Daya Manusia. Dengan Presensi by GUGU yang memiliki berbagai fitur canggih ini dapat mengurangi beban kerja HR Generalist. Hal tersebut karena dengan bantuan Presensi Pengelolaan karyawan dapat terotomatisasi oleh sistem Presensi, mulai dari pencatatan kehadiran yang akurat, laporan kehadiran karyawan, pengajuan izin/cuti, laporan kunjungan sales, laporan lembur, pengajuan kasbon, klaim beban, serta payroll karyawan yang dapat dihitung secara otomatis. 


Dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh Presensi, pastinya pengelolaan karyawan yang harus dilakukan HR Generalist dapat dengan mudah dan cepat dilakukan. Yang tidak kalah menarik, Presensi by GUGU juga menyediakan uji coba dan juga konsultasi GRATIS untuk semua Perusahaan yang ada di Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Jangan sampai kelewatan! Daftarkan perusahaan anda sekarang juga dan nikmati kemudahannya!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube