Mengenal Pengertian dan 10 Tugas Utama HRD Perusahaan

16 November 2023

-269417.png

Setiap perusahaan pasti membutuhkan peranan HRD terutama dalam bidang pengelolaan karyawan. Namun apa sebenarnya tugas utama HRD perusahaan?

HRD atau Human Resources Department merupakan sebuah peranan penting yang harus ada dalam perusahaan. Tanpa adanya HRD produktivitas kerja dalam perusahaan akan sulit berjalan dengan baik. Tentunya produktivitas berpengaruh besar terhadap berjalannya sebuah bisnis.

HRD sendiri merupakan divisi yang  mempunyai tanggung jawab dalam mengelola karyawan. Tugas HRD yang umum diketahui oleh masyarakat adalah merekrut karyawan. Nyatanya tugas HRD tidak hanya sebatas itu saja, ada berbagai tugas yang harus dijalankan oleh setiap HRD perusahaan. Namun sebelum mengenal lebih jauh tentang berbagai tugas HRD perusahaan, simak penjelasan berikut ini tentang pengertian HRD yang juga perlu anda ketahui. 

 

Pengertian HRD Perusahaan

 

HRD atau Human Resources Department adalah sebuah divisi atau departemen dalam sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab atas pengelolaan sumber daya manusia diperusahaan tersebut. Seperti yang diketahui sumber daya manusia atau karyawan merupakan aset penting yang harus dipertahankan dalam perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan divisi khusus yang bertugas untuk mengelolanya, yaitu HRD

 

Disini HRD juga memiliki peran sebagai penghubung antara pihak perusahaan dan karyawan. HRD akan berperan menyampaikan harapan perusahaan kepada karyawan dan juga sebaliknya. Tentunya hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan karena HRD harus dapat mewujudkan harapan perusahaan melalui karyawan namun juga harus memastikan karyawan tidak memiliki beban yang berlebih. Peran HRD memang cukup kompleks dalam sebuah perusahaan sehingga tanpa adanya HRD, produktivitas kerja akan sulit berjalan dengan baik.



Tugas Utama HRD Perusahaan
 

Seperti penjelasan di atas, HRD adalah peranan penting dalam mengelola sumber daya manusia atau karyawan. Namun apa saja tugas utama seorang HRD dalam sebuah perusahaan? Berikut penjelasan lengkapnya : 

 

1. Membuat Rencana

 

Langkah awal atau tugas utama HRD yang pertama adalah membuat rencana. Rencana yang dimaksud disini dapat berupa rencana program yang akan dijalankan divisi HRD selama periode yang telah ditentukan. Tak hanya itu HRD juga dapat melakukan perencanaan tenaga kerja. 

 

- Perencanaan Program Kerja

Program kerja HRD adalah susunan rencana kegiatan kerja  HRD yang harus dirancang dan disepakati bersama, nantinya rencana tersebut akan dijalankan oleh HRD dalam jangka waktu tertentu. Program kerja ini bertujuan untuk dapat mengelola karyawan dengan lebih maksimal.

- Perencanaan Tenaga Kerja

 

Perencanaan tenaga kerja merupakan sebuah proses dalam memperkirakan berapa kebutuhan tenaga kerja dalam sebuah perusahaan. Disini HRD akan memperkirakan jumlah karyawan baru yang dibutuhkan untuk mengisi posisi yang kosong. HRD juga dapat memperhatikan kinerja karyawan sehingga karyawan yang memiliki potensi akan mendapatkan jenjang karir. 

 

2. Rekrutmen Pekerja

 

Seperti yang banyak diketahui tugas HRD berikutnya adalah rekrutmen pekerja. Rekrutmen sendiri adalah upaya atau aktivitas mencari dan memilih pelamar kerja untuk mengisi posisi dalam sebuah organisasi. Disini HRD harus dapat menemukan karyawan yang memiliki potensi, skill, sikap, ataupun kriteria lainnya yang diharapkan oleh perusahaan. Sehingga nantinya karyawan baru tersebut tidak hanya sekedar mengisi kekosongan posisi, namun juga dapat ikut serta dalam mengembangkan perusahaan menjadi lebih maju. Oleh karena itu, proses rekrutmen harus dilakukan dengan seleksi yang ketat agar mendapatkan kandidat yang terbaik. 

 

3. Pengembangan Karyawan 

 

Tugas HRD tidak berhenti setelah dapat merekrut karyawan yang memiliki kualitas yang diharapkan perusahaan saja, namun HRD juga bertugas atau bertanggung jawab atas pengembangan karyawan. Pengembangan karyawan sangatlah penting dilakukan karena dengan pengembangan karyawan dapat membantu karyawan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin pesat. Disini HRD dapat memberikan pelatihan pengembangan karyawan dengan memberikan fasilitas melalui webinar, online course, training karyawan, dan lain lah sebagainya.

 

4.  Mengatur Kompensasi 

 

Kompensasi karyawan adalah imbalan yang diberikan perusahaan atas pencapaian atau jasa yang telah diberikan karyawan terhadap perusahaan. Adanya kompensasi akan meningkatkan motivasi bekerja karyawan. 

 

Oleh karena itu HRD juga bertugas untuk mengusulkan kompensasi karyawan kepada perusahaan. Nantinya program ini akan memberikan kompensasi  terhadap karyawan yang telah mencapai  target maupun karyawan yang ikut berkontribusi mengembangkan perusahaan menjadi lebih maju. 

 

5. Menghimpun dan Mengelola Data Administrasi Karyawan


HRD juga bertugas dalam menghimpun dan mengelola data administrasi karyawan mereka. Penghimpunan data karyawan dapat meliputi data diri karyawan, payroll karyawan, tunjangan karyawan, dan sistem kontrak karyawan. 

 

Pengelolaan data karyawan dan menjamin keamanan data karyawan adalah tugas HRD. Disini HRD harus memastikan data karyawan tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

 

6. Evaluasi Kinerja Karyawan 

 

HRD juga memiliki tugas untuk melakukan evaluasi kinerja karyawan. Evaluasi kinerja karyawan dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan KPI perusahaan masing-masing. Tentunya evaluasi kinerja ini sangat penting dan harus dilakukan. Dengan adanya evaluasi kinerja karyawan, HRD dapat mengetahui hal apa yang harus dikembangkan, dihilangkan, dikurangi agar kinerja dapat lebih optimal. 

 

Evaluasi kinerja juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan perusahaan, pasalnya produktivitas perusahaan sangat tergantung dengan kinerja yang dimiliki oleh para karyawan mereka. 

 

Baca juga : Pentingnya Evaluasi Kinerja Karyawan bagi Perusahaan

 

7. Membuat Perencanaan Karir

 

Perencanaan karir karyawan juga perlu diperhatikan, pasalnya perencanaan karir karyawan dapat membantu karyawan bertahan dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, HRD perlu membuat rencana karir bagi setiap karyawan. 

 

Membuat perencanaan karir dapat dimulai dengan melakukan evaluasi kinerja oleh setiap karyawan. Dari hasil evaluasi tersebut HRD dapat membuat grafik untuk mempermudah membaca peningkatan kinerja karyawan mereka. Karyawan yang memiliki peningkatan kinerja dapat HRD pertimbangkan untuk naik jabatan.  

 

8. Membuat Lingkungan Kerja yang Kondusif

 

Dalam menjalankan aktivitas bekerja tentunya setiap karyawan membutuhkan lingkungan kerja yang kondusif. Terlebih jika karyawan bekerja dengan sistem tim maka harus dipastikan lingkungan kerja selalu terjaga.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman HRD dapat melakukan berbagai cara seperti membuat agenda pertemuan rutin dengan anggota tim, membiasakan karyawan untuk selalu disiplin, mendengarkan dan memberikan solusi dari keluhan setiap karyawan dengan baik. 

 

9. Pengelolaan Pengunduran Diri 

 

Tak hanya melakukan rekrutmen saja, namun HRD juga harus mengelola proses pengunduran diri karyawan. Sebelum menerima pengunduran diri karyawan HRD harus mengetahui alasan karyawan melakukan pengunduran diri, jika karyawan memiliki masalah terhadap perusahaan, HRD mungkin dapat melakukan negosiasi agar karyawan tidak mengundurkan diri, terlebih karyawan yang memiliki kualitas kerja yang baik.

 

10. Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

 

Tugas HRD selanjutnya adalah menciptakan motivasi untuk meningkatkan  produktivitas kinerja karyawan. Adanya produktivitas yang tinggi dalam perusahaan dapat membantu mengembangkan sebuah perusahaan. Motivasi kerja yang tumbuh dalam diri karyawan juga dapat mengurangi tekanan kerja pada karyawan, hal tersebut karena motivasi kerja akan meningkatkan semangat kerja karyawan. 

 

Rekomendasi Aplikasi HRD Terbaik 

 

Aplikasi HRD adalah aplikasi yang membantu HRD dalam mengelola karyawan menjadi lebih mudah dan efisien. Aplikasi HRD bekerja secara otomatis yang menghasilkan data yang lebih akurat. Rekomendasi HRD yang baik dapat dilihat dari fitur yang disuguhkan. Fitur tersebut meliputi laporan absensi karyawan yang mencatat pulang dan masuknya karyawan, pencatatan lembur karyawan, penghitungan payroll secara otomatis, laporan izin dan cuti. 

 

Oleh karena itu Presensi by GUGU merupakan aplikasi absensi online yang direkomendasikan untuk membantu dan memudahkan HRD dalam mengelola karyawan. Aplikasi Presensi telah memiliki berbagai fitur lengkap dan canggih untuk membantu HRD. 

 

Dengan aplikasi Presensi laporan data kehadiran karyawan telah otomatis tercatat setiap harinya. Data yang dihasilkan pun akan lebih akurat karena dilengkapi fitur GPS dan kamera, sehingga dapat mencegah kecurangan data kehadiran karyawan. Dengan aplikasi absensi karyawan juga dapat melakukan izin atau cuti tanpa harus bertemu langsung dengan HRD. Tak cukup itu saja presentasi juga dapat melakukan perhitungan gaji karyawan secara otomatis, tentunya hal tersebut akan mengurangi resiko human error. 

 

Dengan begitu, aplikasi Presensi by GUGU dapat membantu HRD dalam menjalankan tugasnya dengan lebih mudah dan efektif. Jadi tunggu apa lagi daftarkan perusahaan dan dapatkan trial 12 bulan secara GRATIS!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube