Pengertian Pelatihan Kerja Karyawan: Manfaat & Fungsinya

26 June 2024

-385217.png

Karyawan merupakan aset yang berharga yang perlu dijaga oleh setiap perusahaan. Untuk menjaga performa dan mengembangkan kinerja karyawan perusahaan dapat memberikan pelatihan kerja pada setiap karyawan.

Pada dasarnya pelatihan kerja karyawan merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap perusahaan. Pelatihan kerja karyawan memiliki tujuan untuk meningkatkan  keterampilan,pengetahuan, dan kemampuan karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalams sehari-hari. Pelatihan kerja yang diberikan perusahaan pada karyawan dapat menjadi strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang efektif. 

 

Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai pengertian, manfaat dan juga fungsi dari pelatihan kerja karyawan, mari simak pembahasan dibawah ini!

 

Apa itu Pelatihan Kerja Karyawan?

 

Pelatihan kerja karyawan adalah suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan juga kemampuan karyawan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sehingga nantinya mampu menghasilkan output yang baik. 

 

Menurut UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan. 

 

Dapat disimpulkan bahwa pelatihan kerja karyawan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengembnagkan kompetensi kerja dan juga produktivitas kerja karyawan dalam sebuah perusahaan. Pelatihan ini juga memiliki tujuan membantu meningkatkan keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang juga kualifikasi jabatan atau pekerjaan yang sedang dikerjakan oleh karyawan. 

 

Manfaat Pelatihan Kerja Karyawan

 

Tentunya pemberian pelatihan kerja karyawan ini memberikan manfaat yang besar, baik bagi pihak karyawan maupun bagi pihak perusahaan. Adapun secara umum, beberapa manfaat yang didapatkan dari pelatihan kerja karyawan adalah sebagai berikut ini: 


 

1. Meningkatkan Skill dan Kinerja karyawan

 

Manfaat pertama yang didapatkan dari menghadirkan pelatihan kerja karyawan adalah meningkatkan skill dan kinerja karyawan agar sesuai dengan perubahan yang terjadi dalam industri. Nantinya dengan kemampuan yang didapatkan karyawan ini juga membantu karyawan melaksanakan pekerjaan dengan lebih baik, sehingga berdampak positif pada produktivitas karyawan serta meningkatkan keuntungan dan efisien organisasi. 

 

2. Meningkatkan Motivasi Kerja

 

Dengan memberikan pelatihan kerja pada karyawan juga dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan. Dengan pelatihan ini, karyawan dapat melihat sudut pandang yang berbeda dari berbagai praktisi di bidang yang sama. Nantinya karyawan akan memahami cara kerja baru yang berbeda yang lebih mudah dan efisien dalam melaksanakan pekerjaan. 

 

3. Meningkatkan Produktivitas Karyawan 

 

Kemampuan dan keterampilan baru yang didapat dari pelatihan kerja karyawan ini juga membawa manfaat yang besar bagi perusahaan. Hal ini akan meningkatkan produktivitas karyawan dan juga meningkatkan keuntungan perusahaan. 

 

4. Meningkatkan Kepuasan Kerja

 

Pelatihan kerja karyawan ini juga membantu meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Hal ini dapat terjadi, karena ketika karyawan merasa bahwa mereka memiliki kemampuan yang cukup dan lebih baik, maka mereka akan lebih puas dengan pekerjaannya dan lebih puas dengan pekerjaannya dan lebih siap untuk berkontribusi pada perusahaan.

 

Fungsi Pelatihan Kerja Karyawan 

 

Pelatihan kerja memiliki beberapa fungsi penting bagi karyawan, berikut adalah beberapa fungsi utamanya untuk karyawan:

 

1. Pengenalan Terhadap Tugas Baru

 

Seiring berjalannya usaha dan tren pasar yang semakin berkembang tentunya perlu ada penyesuaian cara kerja. Sehingga pemberian pelatihan membantu karyawan untuk memahami tugas-tugas baru yang mungkin mereka hadapi dalam peran baru atau proyek baru nantinya. 

 

2. Pengembangan Keterampilan

 

Mengidentifikasi dan mengembangkan keterampilan karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan saat ini dan masa depan. Misalnya, pelatihan teknis untuk mengoperasikan perangkat baru atau  pengembangan keterampilan interpersonal untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan. Dengan meningkatkan keterampilan ini, karyawan dapat lebih efektif dalam menjalankan keterampilan ini, karyawan dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas-tugas mereka sehari.

 

3. Menyediakan Kesempatan Karir 

 

Pelatihan kerja juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk mempersiapkan karyawan untuk kemajuan karir di dalam organisasi. dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, karyawan menjadi lebih siap untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar atau untuk menduduki posisi manajerial di masa depan. Ini tidak hanya menguntungkan individu, tetapi juga membantu organisasi dalam mengembangkan kepemimpinan internal yang kuat. 

 

4. Inovasi dan Adaptasi 

 

Perubahan adalah konstan dalam dunia bisnis saat ini, pelatihan kerja karyawan ini berperan mempersiapkan karyawan untuk menghadapi perubahan ini dengan lebih bak, baik itu dalam hal teknologi baru, perubahaan ini dengan lebih baik, baik dalam hal teknologi baru, perubahan prosedur kerja, atau tuntutan pasar yang berkembang. Karyawan yang terlatih dengan baik lebih mampu beradaptasi dan bahkan menginspirasi inovasi dalam perusahaan, membantu perusahaan tetap relevan dan kompetitif di pasar. 

 

Penutup 

 

Pelatihan kerja karyawan merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk setiap perusahaan dan juga karyawan yang di dalamnya. Hal ini sejalan dengan banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan pelatihan kerja karyawan dalam perusahaan. Seperti membantu meningkatkan kinerja serta produktivitas karyawan yang nantinya juga juga memberikan hasil output dan standar mutu yang sesuai dengan harapan perusahaan. 

 

Melalui keterampilan dan pengetahuan yang baik maka dapat memberikan dampak positif pada perusahaan. Namun selain memperhatikan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki karyawan, perusahaan juga perlu secara berkala memperhatikan kedisiplinan karyawan untuk mendapatkan hasil kerja lebih maksimal. 


Untuk memonitoring karyawan dengan lebih baik, anda dapat memanfaatkan aplikasi Presensi.co.id. Selain memberikan fitur pencatatan kehadiran secara otomatis dan akurat, Presensi.co.id juga menghadirkan berbagai fitur yang sangat bermanfaat untuk anda para HR dalam perusahaan. Mulai dari fitur laporan kehadiran, kunjungan sales, pengajuan izin/cuti, pengajuan lembur, pengajuan kasbon, dan juga perhitungan gaji karyawan secara otomatis. Semua fitur tersebut dapat anda gunakan secara gratis dalam masa uji coba selama 2 bulan dan 12 bulan. Jadi tunggu apa lagi? Daftaran perusahaan anda sekarang juga hanya di Presensi.co.id!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube