Pengertian Sales Training: Manfaat & Komponen Programnya

24 February 2024

-951345.png

Dalam sebuah perusahaan, sales merupakan peranan penting dalam menentukan pendapatan dan menjaga keberlangsungan perusahaan. Untuk meningkatkan kualitas sales perusahaan juga perlu memberikan training yang sesuai.

Seiring majunya perkembangan zaman yang semakin pesat, munculnya kompetitor juga semakin meningkat. Untuk menghadapi hal tersebut tentunya perusahaan anda juga perlu meningkatkan kualitas dan standar pada produk  atau layanan anda. Selain itu anda juga perlu meningkatkan pemasaran anda, hal tersebut dapat diawali dengan memfokuskan pada kunci penjualan yaitu tim sales. 

 

Perusahaan disini dapat memberikan program training pada tim sales untuk meningkatkan kinerja dan keterampilan yang dimiliki serta mendorong tim sales untuk nantinya dapat mencapai target yang diberikan perusahaan. Sebelum memutuskan membuat program training ini, ada baiknya anda mengetahui pengertian terkait sales training tersebut! Berikut penjelasan lengkapnya!

 

Pengertian Sales Training

 

Sales training merupakan sebuah program yang dapat diberikan oleh perusahaan pada karyawan dalam menunjang perkembangan pengetahuan dan keterampilan. Dengan keterampilan dan pengetahuan yang meningkat ini nantinya juga dapat mempengaruhi peningkatan pendapatan perusahaan. 

 

Sales training ini pada dasarnya memiliki fokus tujuan untuk meningkatkan kemampuan salesperson yang menghasilkan revenue atau pendapatan dengan mengembangkan keterampilan yang bersifat spesifik. 

 

Namun seiring dengan perubahan tren strategi marketing, fokus pada program sales training ini juga ikut bergeser menjadi berfokus ada peningkatan produksi dan mempertahankan pendapatan perusahaan. 

 

Sales training ini tentunya merupakan hal penting untuk dilakukan dalam setiap perusahaan, terlepas dari jenis perusahaanya keterampilan dan kemampuan dalam penjualan ini adalah salah satu skill yang harus dimiliki seorang yang bekerja dalam bidang bisnis.

 

Manfaat Sales Training

 

Seperti penjelasan di atas sales training ini memiliki tujuan dalam meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan. Namun selain itu ternyata masih banyak manfaat yang dapat ditemui dengan menerapkan program sales training tersebut! Berikut adalah penjelasan lengkapnya!

 

1. Meningkatkan Keterampilan Penjualan 

 

Seperti yang diketahui, manfaat utama dari sales training ini adalah untuk meningkatkan keterampilan penjualan sales. Dalam program sales training ini nantinya sales akan diberikan pengetahuan dan pengembangan skill dalam keberhasilan penjualan. Hal tersebut termasuk cara bagaimana mendapatkan respon dari customer hingga cara mencapai keberhasilan kesepakatan pada customer. 

 

2. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi 

 

Sebagai seorang sales tentunya komunikasi merupakan hal yang penting dalam melakukan interaksi terhadap pelanggan. Sehingga pada umumnya sales training ini akan memberikan pengetahuan dan juga melatih cara berkomunikasi yang baik dan benar. 

 

Komunikasi yang baik ini dapat menjadi kunci dalam mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, sehingga nantinya hal tersebut dapat dijadikan kesempatan bagi sales untuk menawarkan produk atau jasa sebagai solusi masalah pelanggan tersebut. 

 

3. Meningkatkan Kinerja penjualan 

 

Manfaat sales training yang selanjutnya adalah meningkatkan kinerja penjualan, dengan pengetahuan yang diberikan dari training ini nantinya diharapkan sales tersebut dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan. 

 

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri 

 

Kepercayaan diri juga merupakan hal penting untuk dimiliki oleh tim sales agar nantinya dapat melakukan pendekatan yang baik pada customer. Sales yang mempunyai kepercayaan diri nantinya juga lebih mudah dan yakin untuk menawarkan produk atau jasa pada customer. Selain itu meningkatnya kepercayaan diri ini juga dapat mempengaruhi sales dalam mempresentasikan, bernegosiasi, dan juga dalam menghadapi penolakan dari customer. 

 

5. Pemahaman yang Lebih Mendalam tentang Pasar 

 

Seorang sales juga tentunya perlu memahami tren pasar, analisis pesaing, dan juga informasi penting lainnya yang dapat membantu meningkatkan penjualan. Dengan pemahaman tersebut sales dapat lebih paham dan mengenal kebutuhan para customer mereka sehingga sales nantinya dapat menyusun strategi dalam menawarkan produk atau jasa mereka. 

 

Komponen Program Sales Training yang Baik 

 

Berikut ini komponen- komponen penting yang perlu dipertimbangkan agar nantinya program sales training lebih efektif:

 

1. Keterampilan Esensial Sales

 

Pelatihan atau training sales ini akan memperbaharui kemampuan memperbaharui keterampilan sales, baik pada mereka yang telah memiliki jam terbang ataupun bagi sales pemula  kemampuan dasar sales harus selalu diperbarui 

 

Ada beberapa skill  sales yang harus diperbarui melalui program training ini adalah sebagai berikut: 

 

- Menemukan prospek 

- Menulis pesan atau email penawaran 

- Melakukan panggilan penawaran 

- Membuat demonstrasi penjualan 

- Menyusun proposal

- Closing penjualan 

- Onboarding customer 

 

2. Customer Experience 

 

Komponen penting selanjutnya adalah customer experience, dalam program training perlu menyertakan pemahaman terkait pentingnya adanya empati terhadap masalah customer. Adanya empati dan loyalitas terhadap customer merupakan langkah awal untuk membangun interaksi yang baik terhadap customer. 

 

3. Pemahaman Produk dan Pasar

 

Sebuah program training yang efektif tentunya perlu menyertakan informasi mendalam terkait produk dan tren pasar terbaru. Seorang sales nantinya perlu mengetahui detail kelebihan dan kekurangan dalam produk yang ditawarkan. Selain itu sales juga perlu memahami tren yang sedang dibutuhkan dan diminati oleh customer baru-baru ini. 

 

Sehingga dengan pengetahuan yang dimiliki tersebut nantinya sales dapat mudah menjelaskan dan menyusun strategi penjualan yang lebih efektif diterapkan. 

 

4. Proses Penjualan 

 

Salah satu komponen yang penting untuk ditekankan dalam sales training yang berikutnya adalah proses penjualan.  Dalam pelatihan yang efektif tentunya perlu menyertakan pengetahuan terkait proses penjualan yang baik sesuai dengan tipe bisnis yang dijalankan. 

 

Disini penjualan bukan hanya sekedar memastikan sebuah produk habis dan target tercapai, namun juga memastikan proses dan prosedur penjualan dapat berjalan dengan baik. 

 

5. Penilaian 

 

Dalam program training sales yang efektif tentunya juga diperlukan adanya penilaian atau evaluasi atas kinerja yang telah dilakukan oleh sales. Penilaian ini dibutuhkan untuk dapat mengukur keberhasilan program pelatihan yang telah diberikan. 

 

Baca juga: Tips Memilih Aplikasi Sales Dengan Tepat - Presensi

 

Demikian penjelasan terkait manfaat dan juga komponen penting dalam sales training. Dapat disimpulkan training pada sales ini bertujuan untuk membantu salesperson untuk mencapai keberhasilan penjualan. 

 

Selain memberikan program training pada sales, perusahaan juga perlu melakukan monitoring pada sales untuk mengetahui kinerja mereka. Dalam hal tersebut, perusahaan dapat memanfaatkan aplikasi seperti Presensi by GUGU yang dapat membantu sales dalam melaporkan kunjungannya. Selain itu nantinya HR juga dapat melakukan pemantauan secara real-time dimana saja dan kapan saja. 


Tidak hanya laporan kunjungan sales saja, namun Presensi by GUGU memiliki banyak fitur canggih lainya. Mulai dari laporan absensi kehadiran karyawan yang telah dilengkapi dengan fitur GPS dan kamera, laporan lembur, laporan izin/cuti, laporan kasbon, klaim beban/ reimbursement, hingga perhitungan payroll secara otomatis. Untuk mendapatkan uji coba gratis selama 2 bulan dan 12 bulan, anda bisa langsung daftarkan perusahaan anda disini.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube