Pentingnya Evaluasi Kinerja Karyawan bagi Perusahaan

2 November 2023

-112502.png

Evaluasi kinerja karyawan merupakan proses penting yang harus dilakukan perusahaan untuk menilai kinerja dan meningkatkan produktivitas.

Sebuah perusahaan tentunya mempunyai karyawan yang jumlahnya puluhan hingga ratusan. Untuk terwujudnya perusahaan yang maju dan berkembang, perlu adanya evaluasi secara berkala agar kedepannya perusahaan menjadi lebih baik dan tidak melakukan hal serupa yang dapat menghambat berkembangnya suatu perusahaan.

 

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian, manfaat, hingga indikator penilaian evaluasi kinerja karyawan bagi perusahaan. 

 

Pentingnya Evaluasi Kinerja Karyawan bagi Perusahaan

 

Evaluasi kinerja karyawan adalah suatu bentuk penilaian dan pengukuran performa setiap karyawan. Evaluasi karyawan ini sangatlah penting dilakukan oleh sebuah perusahaan karena memberikan umpan balik kepada karyawan tentang seberapa baik hasil kinerja mereka. Pada umumnya evaluasi ini dilakukan setiap bulan atau pada periode-periode tertentu sesuai dengan ketetapan setiap perusahan masing-masing.

 

Evaluasi kinerja karyawan ini memiliki tujuan untuk menilai tingkat keberhasilan kinerja yang dilaksanakan karyawan dan hal apa saja yang harus diperbaiki agar dapat mencapai goals serta visi-misi dari sebuah perusahaan tersebut. Hasil dari evaluasi ini biasanya akan menjadi tolak ukur dalam memberikan bonus, promosi, kenaikan gaji, ataupun pemutusan hubungan kerja kepada karyawannya. 

 

Apa Saja Manfaat dari Menerapkan Evaluasi Kinerja Karyawan ?

 

Penerapan Evaluasi Kinerja Karyawan tidak hanya bermanfaat bagi pihak perusahaan saja melainkan bagi Karyawan itu sendiri. Berikut ini adalah manfaat dari evaluasi kinerja karyawan:

 

1. Memberikan Penghargaan bagi Karyawan yang Memiliki Kinerja Baik

 

Evaluasi kinerja adalah proses penilaian atau pengukuran performa setiap karyawan dalam jangka waktu tertentu. Dalam penilaian ini manager mempunyai indikator tertentu dalam menilai karyawannya. Pada umumnya karyawan yang memiliki pencapaian terbaik akan mendapat penghargaan dari perusahaan. 

 

2. Mengetahui Aspek yang Harus Diperbaiki

 

Evaluasi kinerja tidak hanya dapat mengetahui pencapaian terbaik dari karyawan saja, namun dengan adanya evaluasi akan dapat menganalisis kinerja karyawan. Hal ini juga dapat menunjukan aspek apa saja yang harus ditingkatkan, diperbaiki, ataupun dihindari oleh karyawan agar mencapai hasil yang optimal. 

 

3. Melindungi Perusahaan Secara Hukum

 

Setiap perusahaan pastinya mempunyai aspek penilaian tersendiri dalam melakukan evaluasi kinerja pada karyawannya. Hasil dari evaluasi ini perusahaan akan dapat mengidentifikasi karyawan yang memiliki performa terbaik dan karyawan mana yang tidak mampu memenuhi tanggung jawab mereka, melakukan kesalahan yang fatal hingga dapat membawa dampak buruk terhadap perusahaan. Hasil evaluasi, akan dikumpulkan menjadi dokumen yang berisi penilaian setiap karyawan. Dokumen ini dapat digunakan sebagai bukti jika perusahaan memerlukan pemutusan hubungan kerja dengan karyawan tersebut. Oleh karena itu, evaluasi ini dapat membantu perusahaan melindungi diri secara hukum. 


 

4. Meningkatkan Kepuasan Kerja 

 

Manfaat evaluasi kinerja karyawan juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kepuasan kerja. Karena dengan adanya evaluasi ini akan dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan karyawan. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk memberikan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan mereka, sehingga karyawan dapat mengembangkan keterampilan dan merasa lebih puas dengan hasil kerja mereka. 

 

5. Menentukan Kompensasi

 

Evaluasi kinerja juga bermanfaat untuk menentukan kompensasi yang diberikan bagi karyawan nya. Disini perusahaan akan menilai kinerja individu karyawan maupun kinerja sebuah tim. Hasil penilaian ini dapat dijadikan acuan perusahaan untuk memberikan kompensasi seperti kenaikan gaji, bonus, promosi atau sebagainya. Oleh karena itu evaluasi kinerja karyawan bermanfaat untuk memberikan kompensasi dengan adil sesuai dengan hasil kinerja karyawan tersebut. 

 

6. Menjaga Kinerja Karyawan 

 

Kinerja karyawan tentunya harus selalu dijaga demi meningkatnya produktivitas perusahaan. Dengan adanya evaluasi kinerja karyawan perusahaan dapat memberikan umpan balik mengenai kinerja karyawan mereka, sehingga akan membantu menjaga dan meningkatkan kinerja karyawan.  


 

7.  Menentukan Pelatihan Karyawan

 

Evaluasi kinerja karyawan tidak hanya membantu untuk menemukan performa terbaik karyawan mereka saja namun juga mengetahui kelemahan karyawan tersebut. Dengan itu perusahan akan melihat aspek keleman apa saja yang dimiliki karyawan mereka sehingga perusahaan dapat menentukan pelatihan apa yang harus diberikan untuk mendorong kemajuan dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

 

Apa Aja Indikator Penilaian Evaluasi Kinerja Karyawan ?

 

Setiap perusahaan mempunyai indikator tersendiri dalam melakukan evaluasi kinerja sesuai dengan kebutuhan dan industri setiap perusahaan itu sendiri. Pelaksanaan penilaian ini juga harus dilakukan secara adil, transparan, dan objektif. 

 

Berikut ini merupakan contoh indikator yang pada umumnya digunakan untuk melakukan evaluasi kinerja pada karyawan : 

 

1. Tanggung Jawab Pekerjaan 

 

Indikator ini akan menilai sejauh mana karyawan mampu melaksanakan tugas dan kewajiban yang telah diberikan pada karyawan tersebut. Tidak hanya sekedar menyelesaikan tugas tapi juga memperhatikan waktu kerja dan hasil kerja yang sesuai dengan standar yang diberikan. Pada umumnya evaluasi ini dilakukan pada karyawan baru atau karyawan dengan masa percobaan untuk melihat potensi peranan pekerjaan dengan karyawan tersebut. 

 

2. Kecepatan Waktu

 

Evaluasi kinerja pada umumnya memperhatikan indikator ketepatan waktu karyawan bekerja. Indikator kecepatan waktu ini akan mengukur seberapa cepat karyawan dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Tidak hanya itu kecepatan waktu juga mencakup kemampuan karyawan dalam pengelolaan waktu dengan baik dan menyelesaikan tugas dengan deadline yang telah diterapkan. Dengan Kecepatan dan ketepatan waktu akan menunjukan seberapa efisien karyawan dalam bekerja. 

 

3. Hasil Kinerja

 

Hasil kinerja  karyawan menjadi indikator utama dalam evaluasi kinerja. Indikator ini akan mengukur kemampuan karyawan dalam menghasilkan atau menyelesaikan target dalam waktu yang ditentukan oleh perusahaan. 

 

4. Kerja Sama Tim

 

Indikator kerja sama tim ini akan mengukur kontribusi setiap karyawan dalam mencapai tujuan bersama. Dalam evaluasi ini perusahaan juga akan mengukur kemampuan karyawan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, membagun hubungan baik dengan rekan kerja, dan tentunya kerjasama yang baik untuk mencapai tujuan bersama. 

 

5. Karakter

 

Karakter merupakan indikator penting pada evaluasi kinerja karyawan. Indikator karakter ini dapat mempengaruhi budaya kerja dan produktivitas karyawan mereka. Pada umumnya indikator ini mencakup nilai-nilai seperti integrasi, etika kerja, dan tanggung jawab. Dengan memiliki karakter yang baik dapat membantu menciptakan lingkungan kerja nyaman dan produktif. Oleh karena itu, biasanya perusahaan akan mempertimbangkan indikator karakter dalam melakukan evaluasi kinerja karyawan.

 

6. Presensi atau Kehadiran 

 

Tidak kalah penting presensi dan kehadiran merupakan indikator yang harus perusahaan perhatikan dalam melakukan evaluasi kinerja karyawan. Presensi tidak hanya menggambarkan kedisiplinan seseorang namun juga bentuk dari kepatuhan karyawan pada perusahan mengenai waktu kerja dan kewajiban mereka. 

 

Presensi sendiri tidak hanya dinilai dari kehadirannya saja namun juga ketepatan, ataupun masuk dan keluarnya karyawan dalam bekerja. Namun dengan melakukan keterlambatan secara berulang kali akan merugikan pihak perusahaan karena dengan keterlambatan tersebut akan mengurangi durasi waktu dalam bekerja sehingga produktivitas akan menurun. 

 

Oleh karena itu tim HRD merupakan peranan penting dalam melakukan evaluasi presensi dan kehadiran. Karena setiap karyawan harus tercatat jam masuk dan pulangnya dengan akurat. 

 

Tentunya hal tersebut sulit dilakukan jika menggunakan cara manual maupun perusahaan memiliki karyawan dalam jumlah besar. Disini Presensi by GUGU memberikan solusi terbaik dari masalah tersebut. 

 

Presensi by GUGU merupakan platform absensi berbasis cloud dan dilengkapi fitur canggih seperti teknologi GPS sehingga data yang dihasilkan akan lebih akurat. Dengan fitur ini karyawan dapat melakukan absen secara online pada lokasi yang telah ditetapkan perusahaan, sehingga dengan hal ini akan meminimalisir terjadi kecurangan. 


Tentunya masih banyak lagi fitur-fitur canggih yang terjamin kepraktisan dan keamanannya.  Tertarik mencoba aplikasi Presensi by GUGU? Anda biasa ajukan demo gratis dan konsultasi langsung dengan tim sales kami. Coba sekarang!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube