Pada dasarnya komunikasi merupakan suatu kegiatan yang selalu dilakukan oleh setiap manusia, hal tersebut karena manusia sendiri merupakan makhluk sosial yang memerlukan komunikasi untuk berinteraksi kepada sesamanya. Namun disini tidak semua mempunyai skill komunikasi yang baik.
Seorang karyawan atau pegawai umumnya akan dituntut untuk memiliki skill komunikasi yang baik. Tentunya hal tersebut karena seorang karyawan atau pegawai akan melakukan banyak interaksi saat melakukan kegiatan, seperti interaksi pada klien, rekan kerja, atasan dan semua orang yang terlibat dalam aktivitas kerja.
Dengan tingginya tingkat interaksi tersebut, maka disini semua karyawan harus memiliki skill komunikasi yang baik agar dapat menyampaikan dan menerima pesan secara efektif biak secara verbal maupun nonverbal.
Pengertian Skill Komunikasi
Skill komunikasi atau communication skill adalah sebuah keterampilan untuk menerima dan menyampaikan pesan atau informasi dari pihak satu kepada pihak lainnya. Skill komunikasi yang baik ini bertujuan agar pesan atau informasi yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik.
Skill komunikasi ini tidak hanya sekedar dinilai melalui kemampuan bicara saja, melainkan juga kemampuan seseorang dalam mendengarkan, mengamati, berekspresi, hingga kemampuan seseorang dalam berempati.
Jenis -Jenis Skill Komunikasi
Pada dasarnya skill komunikasi memiliki beberapa jenis yang dapat diterapkan dalam berbagai kondisi. Adapun jenis skill komunikasi yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:
1. Skill Komunikasi Lisan (Oral Communication)
Skill komunikasi yang pertama adalah oral communication atau dapat disebut dengan keterampilan komunikasi lisan. Komunikasi tersebut merupakan suatu keterampilan komunikasi yang dilakukan secara lisan. Kemampuan ini menitikberatkan keterampilan seseorang dalam berbicara atau menerangkan serangkaian informasi, gagasan, argumen, atau ide-ide yang disampaikan secara lisan. Keterampilan komunikasi lisan yang baik akan dapat menarik minat audiens untuk mendengarkan penjelasan yang diberikan.
2. Skill Komunikasi Tulisan (Written Communication)
Seperti namanya keterampilan ini merupakan keterampilan dalam berkomunikasi dengan melalui tulisan. Written communication yang baik adalah ketika pembaca atau penerima pesan dapat menerima dan memahami informasi yang diberikan dalam sebuah teks. Skill ini menitikberatkan pada gaya penulisan, tanda baca, dan pemilihan kata yang sesuai.
Dalam dunia kerja, komunikasi ini sering digunakan oleh seorang customer service online yang melayani karyawan mereka secara jarak jauh. Pada karyawan WFH atau remot juga sering kali berkomunikasi dengan jenis komunikasi yang satu ini.
3. Skill Komunikasi Non-Verbal (Non-Verbal Communication)
Jenis skill komunikasi yang selanjutnya adalah keterampilan komunikasi secara non-verbal. komunikasi ini merupakan sebuah keterampilan komunikasi yang menitikberatkan pada keterampilan bahasa tubuh (body language), intonasi dalam bicara (tone of voice), gerak isyarat (gesture), dan juga ekspresi wajah saat menjelaskan atau memberikan informasi. Jika jenis komunikasi ini dapat diterapkan dengan baik maka audiens dapat lebih tertarik dan memperhatikan atas informasi yang diberikan.
Alasan Pentingnya Skill Komunikasi Bagi Karyawan
Mengapa skill komunikasi ini sangatlah penting untuk dimiliki oleh semua karyawan ? temukan jawabanya dalam pembahasan dibawah ini :
1. Mempermudah Pertukaran Informasi
Seperti yang diketahui bahwa dalam dunia kerja terlebih bagi perusahaan yang menerapkan sistem kerja tim, tentunya mereka akan memiliki interaksi yang tinggi dalam menjalankan aktivitas kerja. Sehingga disini agar aktivitas kerja dapat berjalan dengan baik maka setiap karyawan memerlukan skill komunikasi yang baik agar semua karyawan dapat melakukan pertukaran informasi dengan baik juga.
2. Mengurangi Konflik Di Tempat Kerja
Dalam dunia kerja tidak jarang terjadi konflik, baik konflik antar karyawan maupun konflik antara karyawan dan atasan. Konflik tersebut umumnya dipicu karena adanya miskomunikasi. Tentunya dengan skill komunikasi yang buruk dapat membuat menciptakan lingkungan kerja yang buruk. Oleh karena itu perlu adanya skill komunikasi pada seluruh karyawan dan petinggi perusahaan agar mencegah kesalahpahaman yang dapat memicu terjadinya konflik.
3. Memperkuat Hubungan Kerja
Dalam dunia kerja tentunya kita akan berinteraksi dengan berbagai pihak baik didalam atau luar perusahaan. Disini agar aktivitas kerja dapat berjalan dengan baik tentunya dibutuhkan komunikasi yang baik juga. Oleh karena itu disini semua karyawan perlu memiliki skill komunikasi, baik untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan, klien/customer, atau semua orang dalam perusahaan. Adanya hubungan baik ini nantinya juga akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
4. Mendapatkan Banyak Kesepakatan
Pada divisi marketing, sales, customer service, atau divisi yang berkaitan langsung dengan customer/klien tentunya skill komunikasi merupakan kemampuan yang wajib dimiliki. Dengan adanya skill komunikasi yang baik maka dapat menjelaskan, menawarkan ataupun memberikan informasi terkait jasa atau produk yang ditawarkan dengan baik sehingga nantinya customer dapat menerima dan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Semakin banyak yang tertarik maka akan semakin banyak juga kesepakatan dilakukan.
Baca juga : 12 Skill Sales yang Harus Dimiliki agar Penjualan Meningkat
Kesimpulan
Skill komunikasi merupakan suatu kemampuan yang perlu dimiliki oleh semua orang terutama dalam dunia kerja. Selain karyawan, seorang HRD juga membutuhkan skill komunikasi yang baik karena HRD merupakan sebuah perantara bagi karyawan dan atasan perusahaan. HRD akan menjadi tempat karyawan dalam menuangkan berkeluh kesa jika karyawan dalam masalah. Seperti halnya saat karyawan merasa tidak puas dengan gaji, karyawan mengalami musibah sehingga tidak dapat masuk kerja, karyawan sering terlambat.
Tentunya hal tersebut akan menjadi hal yang rumit dan memakan waktu panjang jika HRD masih mengelola secara manual terlebih jika karyawan dalam perusahaan tersebut cukup banyak.
Sehingga disini HRD dapat memanfaatkan aplikasi Presensi by GUGU yang dapat mengelola karyawan dengan otomatis. Dengan Presensi pencatatan kehadiran karyawan dapat dilakukan secara otomatis dengan hasil yang lebih akurat karena proses absensi yang telah dilengkapi dengan fitur GPS dan juga kamera. Tidak berhenti disitu saja, Presensi juga telah dilengkapi dengan fitur laporan lembur, izin/sakit dan juga kasbon sehingga disini karyawan tidak perlu bertemu langsung dengan HRD untuk mengajukan hal tersebut. Karyawan hanya perlu menginput data melalui smartphone masing-masing jika mereka ingin mengajukan lembur, kasbon, izin ataupun cuti. Nantinya komponen tersebut akan dapat terintegrasi dengan sistem payroll karyawan sehingga perhitungan payroll dapat menjadi lebih mudah.
Semua kemudahan itu dapat dinikmati oleh setiap HRD hanya dengan menggunakan Presensi by GUGU. Perusahaan anda juga dapat mendapatkan kesempatan uji coba secara gratis selama 2 bulan dan 12 bulan. Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaan anda sekarang juga hanya di Presensi by GUGU.