Metode absensi karyawan online atau manual menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin menerapkan pencatatan kehadiran di perusahaan. Absen kehadiran karyawan merupakan laporan penting karena digunakan sebagai penilaian kinerja, keaktifan karyawan, hingga perhitungan gaji.
Karena pentingnya peran sistem absensi ini, perusahaan tak jarang kebingungan saat memilihnya. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena kami akan membantu kamu dengan informasi berikut ini!
Kelebihan dan Kekurangan Absensi Karyawan Online dengan Manual
Setiap sistem absensi pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Nah, dengan mengetahuinya kamu bisa menggunakan hal tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan mana sistem absensi yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan perusahaan.
1. Absensi Manual
Menggunakan sistem absensi manual memang masih banyak digunakan oleh perusahaan. Hal ini biasanya terjadi karena mereka belum tahu bahwa ada sistem absensi secara online yang bisa digunakan. Berikut kelebihan dan kekurangan absensi manual:
Kelebihan absensi manual:
- Penerapan dan penggunaannya sangat mudah dan sederhana. Perusahaan hanya perlu menyediakan kertas dan pulpen untuk absensi.
- Tidak membutuhkan koneksi internet dan listrik
Kekurangan absensi manual:
- Cukup merepotkan apabila memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak karena berisiko terjadinya kesalahan data kehadiran.
- Waktu kehadiran cukup mudah untuk dimanipulasi. Karyawan bisa melakukan titip absen kepada rekan kerja yang lain.
- Boros biaya untuk pembelian kertas dan mudah hilang.
- Akumulasi data harus dihitung secara manual sehingga HRD kesulitan dalam membuat laporan.
2. Presensi Karyawan Online
Presensi karyawan online akhir-akhir ini tengah populer apalagi semenjak pandemi. Banyak perusahaan yang memperbolehkan karyawan untuk bekerja dari rumah sehingga penggunaan absensi online semakin naik daun.
Kelebihan absensi online:
- Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membeli kertas atau mesin absensi lain.
- Ramah lingkungan karena tidak perlu membeli banyak kertas.
- Sulitnya untuk memanipulasi data sehingga bisa meningkatkan produktivitas karyawan.
- Tidak perlu memikirkan biaya perawatan untuk mesin absensi karena aplikasi bisa digunakan dari perangkat masing-masing karyawan.
- Dilengkapi dengan fitur GPS yang cocok bisa digunakan oleh karyawan yang bekerja di luar kantor.
- Akumulasi data kehadiran dibuat secara otomatis sehingga memudahkan ketika membutuhkan data untuk pembagian gaji karyawan.
- Cocok digunakan di segala situasi seperti saat pandemi karena tidak perlu menyentuh mesin untuk absen.
Kekurangan absensi online:
- Membutuhkan koneksi internet sehingga bisa terjadi hambatan ketika terjadi pemadaman listrik karena biasanya sinyal ikut padam.
- Bergantung pada kualitas HP yang digunakan oleh karyawan karena jika HP yang dimiliki tidak mendukung akan menghambat proses absensi.
Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dalam menerapkan absensi karyawan online ataupun manual. Dalam menentukan sistem mana yang akan dipakai, setiap perusahaan perlu mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi yang ada.
Meskipun kedua metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun penggunaan absensi digital semakin menjadi pilihan utama bagi perusahaan terlebih di zaman digital seperti sekarang.
Nah, bagi perusahaan yang tertarik untuk memaksimalkan metode tersebut, Presensi hadir sebagai solusi yang tepat.
Presensi menyediakan berbagai fitur lengkap dan terintegrasi, mulai dari absensi yang akurat dengan bantuan GPS dan face detection, manajemen cuti, pengelolaan lembur, hingga laporan kehadiran karyawan secara real-time.
Bersama Presensi, perusahaan dapat memantau dan mengelola karyawan dengan lebih mudah dan efisien. Jadi, yuk segera bergabung dengan Presensi dan rasakan kemudahannya!