Quiet Hiring: Pengertian & Manfaat yang Perlu Diketahui HRD

15 January 2024

-776283.png

Dalam dunia HR quiet hiring merupakan istilah yang tidak lagi asing, sistem rekrutmen ini juga telah banyak diterapkan dalam perusahaan.

Merekrut karyawan memanglah bukan hal yang mudah, hal tersebut karena saat melakukan proses perekrutan seorang HR perlu memiliki strategi yang baik agar nantinya mendapatkan karyawan yang sesuai harapan. 

 

Dalam merekrut karyawan juga dapat menggunakan berbagai metode, salah satunya adalah perekrutan menggunakan metode quiet hiring. Metode perekrutan quiet hiring ini dinilai lebih efektif dan praktis dibandingkan dengan metode perekrutan lainya. 

 

Pengertian Quiet Hiring 

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya quiet hiring merupakan salah satu metode perekrutan yang dapat digunakan oleh HRD dalam merekrut karyawan. Quiet hiring atau juga dapat disebut silent hiring ini dapat diartikan sebagai praktik perekrutan yang dilakukan perusahaan secara tertutup, dimana perusahaan tidak menyebarluaskan atau mengumumkan bahwa perusahaan sedang membuka lowongan pekerjaan. 

 

Metode perekrutan quiet hiring ini juga tidak memerlukan proses yang panjang seperti yang proses perekrutan dengan metode terbuka. Tentunya hal tersebut juga dapat menguntungkan bagi berbagai pihak, baik pihak perusahaan maupun pihak karyawan. 

 

Dengan metode ini perusahaan dapat memperoleh skill baru tanpa merekrut karyawan baru yaitu dengan cara mendorong karyawan telah ada untuk mengambil peran atau posisi yang lebih tinggi dengan mengembangkan kemampuan yang dimiliki karyawan tersebut. Hal tersebut tentunya dapat menghemat waktu dan juga biaya perusahaan dalam melakukan proses rekrutmen. 

 

Dengan metode perekrutan quiet hiring ini juga dapat menguntungkan karyawan karena mereka mendapatkan kenaikan jabatan atau jenjang karir yang jelas. Hal tersebut nantinya akan menumbuhkan semangat kerja dan juga karyawan akan saling berlomba-lomba menjadi yang terbaik dalam pekerjaan. 

 

Selain karena menghemat waktu dan biaya perekrutan, perusahaan menggunakan metode perekrutan ini juga dapat karena perusahaan tidak ingin pesaing atau pihak luar mengetahui proyek yang berlangsung ataupun yang sedang direncanakan. 

 

Baca juga : 10 Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas, HRD Wajib Tahu!

 

Manfaat Penerapan Quiet Hiring

 

Ada berbagai manfaat yang didapatkan dengan menerapkan quiet hiring tersebut. Berikut adalah deretan manfaat tersebut.

 

1. Meningkatkan Kualitas Karyawan 

 

Manfaat yang pertama dari menerapkan quiet hiring ini adalah dapat meningkatkan kualitas karyawan dalam perusahaan tersebut. Karena kandidat karyawan tidak terlalu banyak maka HRD dapat lebih fokus dalam memahami potensi yang dimiliki kandidat karyawan, tentunya dengan pemilihan tersebut harus disesuaikan dengan posisi yang akan diisi nantinya. 

 

Kandidat tersebut umumnya diambil dari karyawan yang telah ada sebelumnya. Karena pemilihan kandidat ini dilihat dari kemampuan karyawan maka hal tersebut dapat membangun semangat dan kualitas karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut. 

 

2. Menghemat Waktu dan Biaya Perekrutan 

 

Manfaat yang tidak kalah penting adalah dapat menghemat waktu dan biaya operasional dalam merekrut karyawan. Seperti yang diketahui perekrutan dengan metode quite hiring ini tidak perlu melakukan membuat informasi lowongan pekerjaan dan juga iklan untuk mencari kandidat karyawan. Proses pelaksanaan perekrutan ini juga tidak tergolong cepat dibandingkan perekrutan dengan metode terbuka. Sehingga dengan itu semua perekrutan dengan metode quiet hiring ini akan jauh menghemat waktu dan biaya operasional.

 

3. Menghindari Resiko Kesalahan Perekrutan 

 

Merekrut karyawan yang salah tentunya dapat membawa dampak buruk baik bagi karyawan maupun perusahaan. Umumnya perusahaan yang akan banyak dirugikan karena kesalahan rekrutmen ini, mulai dari  kerugian biaya, kerugian waktu, kerugian tim, dan juga kerugian atas reputasi kantor yang bisa saja tercemar karena kesalahan rekrutmen karyawan. Sehingga dengan menggunakan metode quiet hiring ini HRD dapat lebih memahami kemampuan kandidat mereka sehingga nantinya dapat mengurangi resiko terjadinya salah merekrut karyawan. 

 

4. Meningkatkan Motivasi dan Semangat Karyawan

 

Karena umumnya perekrutan karyawan dengan quiet hiring ini proses pemilihannya dilakukan dengan melihat potensi terbaik dari karyawan yang telah ada sebelumnya. Maka disini juga dapat memicu semangat dan motivasi karyawan untuk bekerja dengan sebaik-baiknya agar nantinya karyawan tersebut akan mendapatkan kenaikan pangkat. Tentunya hal tersebut nantinya juga dapat memberikan dampak baik bagi perusahaan. Dengan semangat dan motivasi  yang kuat pada karyawan maka produktivitas dalam perusahaan juga akan meningkat. 

 

5. Keamanan Informasi Perusahaan

 

Manfaat selanjutnya yang didapatkan dari menerapkan quiet hiring adalah memperketat keamanan informasi perusahaan. Manfaat inilah yang sering dijadikan alasan banyak perusahaan untuk menerapkan quiet hiring tersebut. Dalam sebagian perusahaan sebuah proyek atau rancangan proyek yang sedang dijalankan perlu dirahasiakan dari pesaing ataupun pihak luar perusahaan. Dengan melakukan perekrutan secara terbuka maka banyak pihak yang dapat berspekulasi ataupun mengetahui proyek yang akan atau sedang berjalan dalam perusahaan tersebut. Sehingga dengan metode quiet hiring ini keamanan informasi perusahaan akan lebih terjaga. 

 

Penutup

 

Itulah pengertian dan juga manfaat dari quiet hiring yang perlu diketahui oleh HRD. Untuk menentukan pilihan kandidat untuk mengisi posisi yang diperlukan tentunya HRD juga perlu melakukan penilaian kinerja karyawan tersebut. Hal pertama yang dapat dinilai dari karyawan adalah kehadiran karyawan dalam sehari-hari. Jika jumlah karyawan dalam suatu perusahaan terhitung cukup banyak maka proses penilaian akan cukup sulit untuk dilakukan. 

 

Oleh karena itu, untuk mempermudah HR dalam melakukan monitoring karyawan maka HR dapat  memanfaatkan aplikasi Presensi by GUGU. Dengan aplikasi Presensi by GUGU HR dapat dengan mudah melakukan monitoring kehadiran karyawan dimana saja dan kapan saja. Sehingga nantinya HR tidak perlu memakan banyak waktu dan tenaga perekapan data kehadiran karyawan, karena dengan aplikasi presensi laporan absensi karyawan dapat terekam secara otomatis. 


Selain itu aplikasi Presensi by GUGU juga memiliki banyak fitur canggih lainya, mulai dari laporan kehadiran, fitur absensi dengan GPS dan kamera, laporan lembur, kunjungan sales, izin/cuti, kasbon hingga perhitungan payroll secara otomatis. Anda juga dapat melakukan uji coba secara gratis selama 2 bulan dan 12 bulan. Daftarkan perusahaan anda sekarang dan nikmati kemudahannya!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube