Rekomendasi Aplikasi Payroll Terbaik 2024 yang Dapat Anda Coba Secara Gratis!

13 September 2024

-949102.png

Dalam sebuah perusahaan adanya aplikasi yang dapat kelola payroll secara otomatis merupakan suatu hal yang penting. Disini kita akan membahas rekomendasi aplikasi kelola payroll terbaik 2024 yang dapat anda coba gratis dalam perusahaan anda.

Seperti yang diketahui, kini HR atau Human Resource memiliki peran yang sangat kompleks dan juga beragam. Selain berperan dalam merekrut karyawan, HR juga memiliki kewajiban lainya mulai dari mengawasi kinerja karyawan, pengembangan karyawan, kompensasi, benefit, kehadiran karyawan, serta pengelolaan payroll setiap karyawan. Disini pengelolaan gaji karyawan juga mencakup berbagai komponen yang kompleks dan juga rumit sehingga diperlukan solusi yang handal. 

 

Berbagai tanggung jawab HR ini dapat menjadi tantangan yang berarti jika tidak disikapi dengan benar. Salah satu aplikasi yang dapat menjadi solusi dalam memudahkan pekerjaan HR adalah aplikasi payroll. Software payroll sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu HR dalam perusahaan untuk dapat mengelola sistem payroll atau penggajian karyawan secara otomatis. 

 

Selain karena kemudahannya, hadirnya aplikasi ini sangat diperlukan dalam perusahaan karena dapat meminimalisir terjadinya ancaman human error, seperti kesalah perhitungan, keterlambatan proses penggajian, komponen yang tidak terhitung, ataupun berbagai masalah HR lainya.          

 

Bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan, proses penggajian atau perhitungan payroll ini mungkin dapat sangat berat untuk dikerjakan, terlebih jika anda masih menerapkan pengelola gaji secara manual. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini tentunya dengan memanfaatkan aplikasi payroll. Meskipun sebagian besar aplikasi ini berbayar namun anda masih dapat menemukan aplikasi yang menawarkan uji coba gratis yang tetap dapat memudahkan anda dalam proses penggajian karyawan dalam perusahaan anda. 

 

Dalam artikel ini nantinya memberikan panduan untuk anda dalam memilih beberapa aplikasi payroll terbaik yang memberikan akses gratis. Namun sebelum anda mengetahui beberapa rekomendasi aplikasi yang nantinya dapat anda pilih, anda perlu mengetahui terlebih dahulu terkait apa itu aplikasi payroll secara keseluruhan. 

 

Apa itu Aplikasi Payroll?

 

Seperti yang telah dijelaskan diatas, aplikasi payroll adalah sebuah jenis aplikasi yang dapat menghitung gaji karyawan secara otomatis. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang harus dimiliki oleh divisi HRD perusahaan, hal ini karena aplikasi ini memberikan kemudahan untuk mengelola berbagai aspek yang berhubungan dengan gaji karyawan. Mulai dari perhitungan gaji, kehadiran karyawan, lembur, bonus, dan berbagai komponen dalam penggajian karyawan lainnya. 

 

Penggunaan software payroll ini menjadi solusi terbaik untuk perusahaan dapat mengoptimalkan proses penggajian. Program payroll membawa sejumlah manfaat, mulai  dari penghematan waktu hingga mengurangi resiko terjadinya human error dalam perhitungan gaji karyawan. 

 

Pada umumnya, aplikasi payroll setelah tergabung menjadi satu dengan aplikasi absensi dalam perusahaan. Dengan hal ini nantinya akan menciptakan sistem yang terintegrasi satu sama lain dimana absensi karyawan, gaji pokok, serta tunjangan karyawan dapat dihitung secara otomatis pada saat proses payroll. Kemudian nantinya slip gaji atau payroll tersebut akan dikirim melalui akun atau email masing masing karyawan. Selain memberikan kemudahan, tentunya penggunaan aplikasi ini juga memberikan efisiensi serta keakuratan data. Penggunaan aplikasi ini dalam perusahaan juga membantu HR untuk memangkas waktu dalam menghitung gaji karyawan sehingga HR dapat fokus tugas-tugas penting HR lainya. 

 

Namun disini anda perlu memilih aplikasi payroll dengan matang, agar nantinya anda tidak salah pilih aplikasi dan mengakibatkan kerugian pada perusahaan. Adapun rekomendasi aplikasi payroll yang dapat anda coba seperti berikut ini:

 

Rekomendasi Aplikasi Payroll Terbaik 2024 yang Dapat Anda Coba Secara Gratis!

 

Mencari aplikasi payroll yang tepat untuk diterapkan memanglah bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan memberikan rekomendasi aplikasi payroll terbaik dan dapat anda coba secara gratis. 

 

Aplikasi Payroll dari Presensi.co.id

 

Presensi.co.id merupakan salah satu aplikasi payroll terbaik yang telah terintegrasi dengan absensi online, sehingga memungkinkan anda sebagai HR mengelola perhitungan gaji karyawan secara otomatis melalui data yang dikumpulkan secara lebih akurat. Dengan pemanfaatan fitur payroll dari Presensi.co.id ini memberikan kemudahan pengumpulan komponen gaji karyawan, perhitungan gaji, hingga pengiriman slip gaji pada masing-masing karyawan secara online. 

 

Tidak hanya memberikan kemudahan HR dalam mengelola gaji karyawan saja, namun penggunaan fitur payroll dari Presensi juga memungkinkan anda dari kesalahan perhitungan gaji, penghematan banyak waktu, dan juga membayar upah karyawan secara tepat waktu. Dengan ini, aplikasi Presensi.co.id menjadi solusi terdepan dalam layanan payroll yang menawarkan transformasi efisiensi dan efektivitas bagi departemen HR perusahaan anda. 

 

Aplikasi Presensi.co.id disini menyajikan berbagai fitur unggulan yang sangat penting untuk HR dalam mendukung pengelolaan gaji dan data karyawan. Adapun beberapa fitur unggulan Presensi.co.id yang perlu anda ketahui:

 

1. Perhitungan Payroll Otomatis

 

Presensi.co.id memiliki fitur payroll yang dapat melakukan perhitunggan semua gaji karyawan secara otomatis. Dengan ini tentunya menghasilkan data yang lebih akurat karena meminimalisir terjadinya human error. Dengan aplikasi presensi.co.id HR tidak pelu ribet meninghitung gaji karyawan secara otomatis. Disini HR dapat mengatur tipe penggajian seperti per-jam, per-hari, ataupun per-bulan. Tentunya anda juga dapat mengatur kompensasi dan komponen pengajian lainya dengan menyesuaikan peraturan dalam perusahaan anda. Nantinya perhitungan tersebut dapat anda tinjau ulang sebelum dikirim pada masing-masing akun presensi karyawan. 

 

2. Pencatatan Kehadiran Karyawan Secara Otomatis 

 

Adanya fitur pencatatan karyawan ini menjadi hal yang penting, selain untuk kedisiplinan karyawan pencatatan kehadiran juga berfungsi untuk melakukan perhitungan gaji karyawan. Hal ini karena absensi karyawan umumnya menjadi aspek penting dalam menentukan besaran gaji karyawan. 

 

Selain fitur payroll, Presensi.co.id juga memiliki fitur pencatatan kehadiran karyawan yang praktis dan akurat. Pencatatan masuk dan pulang kerja karyawan dilengkapi dengan fitur GPS dan Selfie sehingga memastikan karyawan benar-benar berada di lokasi yang telah anda tentukan. Selain itu pencatatan kehadiran karyawan melalui Presensi.co.id ini juga sangat praktis karena dapat dilakukan melalui smartphone masing-masing karyawan. 

 

3. Kunjungan Sales 

 

Presensi.co.id juga memiliki fitur penting yang dibutuhkan semua sales manager dan HR. Misalnya fitur absensi sales, manajemen penjadwalan kunjungan, dan menentukan titik lokasi kunjungan. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan fitur pelaporan yang ada dalam aplikasi Presensi.co.id untuk melakukan monitoring penjualan dan melakukan analisis bisnis. 

 

4. Pengajuan Lembur

 

Selanjutya Presensi.co.id juga memiliki fitur pengajuan lembur karyawan, sehingga disini lembur dapat tercatat secara akurat dan tentunya tidak terlupakan dalam perhitungan penggajian. Nantinya lembur yang telah diajukan dan di approve dapat terintegrasi dengan payroll karyawan, sehingga anda tidak perlu lagi menambahkan lembur karyawan secara manual yang akan memakan banyak waktu. 

 

5. Pengajuan Izin/Cuti

 

Fitur pengajuan izin atau cuti ini juga tentunya juga dapat anda temukan dalam aplikasi Presensi.co.id. Fitur ini juga menjadi peranan penting dalam proses penggajian karyawan pada setiap bulanannya. Seperti halnya pengajuan lembur yang telah terintegrasi oleh perhitungan gaji, pengajuan izin dan cuti ini nantinya juga dapat langsung terintegrasi dengan payroll. 

 

6. Kasbon

 

Sebagian perusahaan juga memberikan fasilitas kasbon untuk mensejahterakan ataupun sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada karyawannya. Meskipun memiliki niat yang mulia namun hal ini juga dapat memakan banyak tenaga dan waktu HR dalam menghitung gaji karyawan. Oleh karena itu Presensi.co.id menghadirkan fitur kasbon untuk mempermudah HR dalam memproses kasbon karyawan dan juga perhitungan gaji karyawan. Karena nantinya kasbon yang diajukan karyawan dapat diproses dengan mudah dan praktis, tak hanya itu nantinya juga akan terintegrasi dengan payroll. 

 

7. Klaim Beban/ Reimbursement 

 

Tidak berhenti disana, Presensi juga memiliki fitur klaim beban atau sering dikenal sebagai reimbursement. Dengan fitur ini nantinya karyawan hanya perlu mengajukan klaim beban dengan melengkapi persyaratan untuk nantinya dapat diproses. HR dapat memilih untuk melakukan pembayaran diluar gaji ataupun bersamaan dengan gaji bulanan karyawan. Hal ini karena nantinya klaim beban ini telah terintegrasi dengan payroll yang memudahkan HR dalam melakukan perhitungan gaji.

 

Dengan berbagai fitur yang disajikan Presensi.co.id tidak hanya membantu mengelola payroll karyawan secara lebih mudah dan cepat, namun juga dapat mengelola kehadiran karyawan secara lebih efisien. Fitur-fitur dari Presensi mengumpulkan berbagai komponen penggajian karyawan yang nantinya akan dihitung secara otomatis oleh sistem. Sistem ini sangat cocok untuk digunakan berbagai jenis perusahaan, mulai perusahaan skala kecil hingga perusahaan skala besar.


Selain fitur yang lengkap, Presensi.co.id menawarkan harga yang terjangkau untuk perusahaan. Mulai dari 30 ribu per bulan anda telah dapat menikmati semua fitur dari Presensi.co.id. Daftarkan perusahaan anda sekarang untuk mendapatkan uji coba Gratis 2 bulan dan 12 bulan!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube