Sistem Absensi Online dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja

13 October 2023

-387326.png

Meningkatkan produktivitas kerja di berbagai bidang dengan sistem absensi online telah terbukti menjadi solusi yang efektif.

Dalam artikel ini akan membahas mengapa sistem absensi online menjadi salah satu cara atau solusi efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja sehingga akan membawa dampak positif dalam kesuksesan perusahaan. Dibawah ini merupakan pengertian dari sistem absensi online.

 

Pengertian Sistem Absensi Online

 

Absensi online adalah laporan catatan kehadiran karyawan dengan sistem cloud yang terhubung dengan database secara real-time. Sistem ini nantinya akan menyimpan data secara otomatis tanpa perlu melakukan pengulangan dan data yang tersimpan dapat diakses dimanapun yang terhubung dengan internet. 

 

Data karyawan akan tercatat secara akurat seperti posisi karyawan dan waktu kerja karyawan juga dapat dilacak dengan sistem ini, sehingga validitasnya tetap terjaga. Disini karyawan akan memiliki identitas tersendiri, yang akan terlacak dari perangkat seperti verifikasi wajah dan lokasi yang tidak dapat dipalsukan.

 

Mengapa Sistem Absensi Online Dapat Meningkatkatkan Produktivitas Kerja ?

 

Sistem absensi online ini seringkali dianggap sepele, namun dengan pemahaman yang mendalam kita dapat menemukan potensi sistem absensi online dalam meningkatkan produktivitas kerja secara signifikan. 

 

Absensi sendiri tidak hanya bertujuan sebagai catatan kehadiran saja, namun juga sebagai kedisiplinan karyawan, mengetahui keaktifan, dan yang terpenting sebagai pedoman penggajian secara adil sesuai jam kerja.

 

Dengan tujuan absensi tersebut hasil data kehadiran karyawan harus akurat dan valid. Tentunya jika laporan ini dikerjakan secara manual akan sangat memakan  banyak waktu, terlebih jika jumlah karyawan mencapai puluhan hingga ratusan. 

 

Penggunaan sistem presensi online sebagai laporan kehadiran karyawan secara otomatis akan menjadi efisien dan efektif. Dengan ini tim HR tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk mengelola dan membuat laporan kehadiran karyawan secara manual. Sehingga tim HR dapat menggunakan waktunya untuk menyelesaikan pekerjaan lain yang dapat meningkatkan produktivitas kerja.

 

Oleh karena itu dibandingkan dengan absensi secara manual, sistem absensi online membawa keunggulan akurasi tinggi, efisiensi waktu, dan kemudahan pengelolaan data. Berikut ini merupakan manfaat dari menggunakan sistem absensi online dalam meningkatkan produktivitas kerja : 

 

Manfaat Sistem Absensi Online dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja

 

1. Efisiensi Waktu

 

Sistem absensi online merupakan pencatatan kehadiran perhitungan jam kerja dilakukan secara otomatis. Dengan sistem ini akan sangat membantu mengurangi  beban pekerjaan. Akurasi data yang dihasilkan oleh sistem ini juga lebih tinggi sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan. 

 

Dengan kemudahan dari sistem absensi online ini, sumber daya manusia dan departemen lainnya akan lebih fokus pada tugas-tugas strategis dan produktif lainya.  

 

2. Meningkatkan Kedisiplinan 

 

Absensi dibuat untuk mendisiplinkan karyawan agar dapat bekerja sesuai dengan jam kerja yang sudah ditentukan. Adanya absensi online akan mencatat jam kerja setiap karyawan dengan lebih akurat dan valid secara otomatis. 

 

Pencatatan kehadiran ini dilakukan oleh sistem akan meminimalisir kecurangan. Sehingga dengan adanya tingkat kedisiplinan yang tinggi dalam bekerja akan meningkatkan produktivitas kerja secara efektif. 

 

3. Mempercepat Proses Penggajian

 

Sistem absensi online memberikan akses data kehadiran karyawan secara real time yang memudahkan proses penggajian. Sistem absensi online ini juga dapat menghitung waktu lembur, cuti, dan tunjangan dengan lebih akurat sehingga akan meminimalisir terjadinya human error.

 

Disini tim HR akan sangat terbantu dengan adanya sistem absensi online karena dengan ini tim HR hanya perlu melakukan pengecekan ulang. Dengan sistem ini pekerjaan akan lebih mudah dan efisien sehingga tim HR dapat fokus melakukan tugas lain. Hal ini yang dapat meningkatkan produktivitas kerja. 

 

4. Kemudahan Akses 

 

Sistem absensi online menghadirkan kemudahan dalam mengakses data kapanpun dan dimanapun selalu terhubung dengan internet. Tidak hanya pihak perusahaan yang dapat mengakses data ini namun pihak karyawan juga mendapat akses. 

 

Sistem absensi ini dapat dipasang pada handphone pribadi setiap karyawan sehingga karyawan dapat melakukan absensi secara mandiri. Hal ini tentunya lebih fleksibel dan praktis dibandingkan absensi secara manual yang memakan banyak waktu dan dapat menghambat pekerjaan. Dengan kemudahan akses yang disajikan sistem absensi online ini dapat meningkatkan meningkatkan kenyamanan kerja ,fleksibilitas kerja, hingga produktivitas kerja. 

 

5. Pengelolan Jadwal yang Lebih Baik

 

Sistem absensi online ini memungkinkan perusahaan untuk merencanakan jadwal kerja yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahan. Seperti dengan penjadwalan shift kerja untuk pembagian tenaga kerja karyawan. Pembagian shift harus harus memperhatikan jumlah tenaga kerja, jam kerja, dan pekerjaan yang harus dikerjakan. 

 

Pengelolaan jadwal yang lebih baik dengan menggunakan sistem absensi online ini dapat mengurangi masalah seperti kekurangan atau kelebihan staf yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja. 

 

Baca juga : Tips Mengatur Jadwal Kerja Agar Lebih Efektif

 

6. Mencegah Kecurangan 

 

Sistem absensi online juga dapat mengurangi peluang terjadinya kecurangan oleh karyawan. Dengan sistem face detection dan  gps yang dipasang dalam perangkat, akan sulit bagi karyawan untuk memalsukan kehadirannya. Pasalnya dengan ini karyawan harus berada diwilayah yang telah ditentukan oleh perusahaan untuk melakukan absensi. Hal ini akan mendorong karyawan beradaptasi secara jujur dan bekerja lebih efektif sehingga akan meningkatkan produktivitas kerja yang tinggi.

 

7. Pemantauan Real-time

 

Sistem absensi online ini membantu manajemen untuk memberikan informasi tentang kehadiran karyawan secara real-time. Hal ini membantu manajer untuk memantau kehadiran karyawan secara efisien sehingga dapat segera mengambil tindakan cepat jika terjadi masalah. Sistem absensi yang dapat melakukan pemantauan secara real time juga akan membantu menghindari penyalahgunaan waktu kerja.  

 

Kesimpulan

 

 

Produktivitas merupakan faktor penting dalam menunjang keberhasilan suatu perusahaan. Beberapa cara dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan  mereka adalah dengan menggunakan sistem absensi online. Dengan manfaatnya sistem absensi online mampu efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja. 

 

Dalam pemilihan aplikasi absensi online juga harus diperhatikan dengan cermat. Fitur-fitur yang lengkap menjadi kriteria utama yang harus diperhatikan dalam pemilihan aplikasi absensi online. Dengan adanya fitur yang lengkap maka semakin banyak manfaat yang akan dirasakan.  

 

Presensi by GUGU menjadi pilihan yang tepat dan terpercaya untuk perusahan anda. Hal ini dikarenakan aplikasi presensi membawa banyak fitur canggih dan praktis dalam mengelola absensi karyawan. Tak hanya menyediakan fitur kehadiran seperti laporan kehadiran, izin, dan cuti saja. Namun presensi  juga memiliki fitur payroll yang dapat melakukan penghitungan penggajian secara otomatis. Dan tentunya masih banyak fitur menarik lainnya yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan Presensi by GUGU.

 

Dengan berbagai kelebihan tersebut Presensi by GUGU menjadi rekomendasi aplikasi untuk menunjang keefektifan dan peningkatan produktivitas kerja perusahaan anda. Jadi tunggu apa lagi ? Anda bisa mendapatkan uji coba gratis selama 2 bulan atau 12 bulan hanya di Presensi by GUGU.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube