Software Penggajian Karyawan: Pengertian & Manfaat bagi Perusahaan

20 May 2024

-584270.png

Bagi perusahaan besar penghitungan gaji karyawan merupakan hal yang rumit dan kompleks, sehingga disini HR perlu memanfaatkan software penggajian yang terpercaya untuk mempermudah sistem kerjanya.

Seperti yang diketahui penggajian karyawan merupakan suatu hal yang penting dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) di sebuah perusahaan. Pengajian karyawan yang tepat dan transparan dapat meningkatkan kepuasan karyawan, meningkatkan produktivitas, dan juga memastikan perusahaan memberikan setiap hak karyawan dalam perusahaan. 

 

Namun dapat diakui proses penggajian karyawan memanglah tidak mudah karena banyaknya komponen yang harus diperhatikan. Manualitas dalam proses penggajian tidak hanya memakan banyak waktu dan tenaga saja, namun juga memiliki resiko tinggi terjadinya human error seperti kesalahan perhitungan ataupun kesalahan lainya.  Untuk mengatasi tantangan tersebut, perusahaan kini dapat beralih ke solusi digital seperti software penggajian karyawan. 

 

Pengertian Software Penggajian Karyawan

 

Software penggajian karyawan merupakan sebuah aplikasi atau sistem komputer yang dikembangkan untuk membantu HR dalam mengelola dan mengotomatisasikan proses penggajian karyawan. Sistem ini terintegrasi dengan komponen perhitungan penggajian yang dapat disesuaikan dengan kebijakan setiap perusahaan. Sehingga nantinya dengan hadirnya sistem ini proses pengajian tersebut dapat dilakukan dengan lebih efisien dan akurat menggunakan software tersebut. 

 

Sistem ini akan menyederhanakan proses pengajian yang rumit dan kompleks secara lebih akurat dan efisien. Mulai dari pengumpulan kehadiran karyawan, izin/cuti, kasbon, reimbursement, perhitungan gaji karyawan, serta penyusunan slip gaji karyawan. 

 

Manfaat Software Penggajian Karyawan bagi Perusahaan

 

Penggunaan software penggajian karyawan dalam perusahaan ini memberikan banyak manfaat. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan software penggajian karyawan adalah sebagai berikut ini: 

 

1. Efisiensi Operasional 

 

Seperti yang telah diketahui penggunaan software penggajian dapat membantu HR dalam perusahaan untuk menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya digunakan untuk proses penggajian secara manual. Dengan proses yang lebih sederhana, praktis, dan efisien ini membantu HR untuk lebih fokus pada tugas-tugas strategis lainnya yang membantu meningkatkan efisiensi kinerja sumber daya manusia (SDM).

 

2. Akurasi Perhitungan 

 

Perhitungan gaji karyawan yang dilakukan secara manual memiliki resiko tinggi terjadinya kesalahan dalam perhitungan gaji karyawan. Kesalahan dalam perhitungan gaji karyawan ini dapat memberikan kerugian, baik bagi karyawan maupun bagi pihak perusahaan. Hal ini juga memastikan bahwa perusahaan selalu mematuhi peraturan terbaru yang berlaku, mengurangi risiko saksi dan masalah hukum. 

 

3. Mengurangi Biaya Operasional

 

Pemanfaatan software ini mengotomatisasi proses penggajian, sehingga perusahaan dapat mengurangi biaya yang terkait dengan pengelolaan penggajian secara manual. Seperti penggunaan kertas menjadi berkurang, kebutuhan akan intervensi manusia menjadi berkurang, serta biaya yang harus ditanggung akibat kesalahan perhitungan juga berkurang karena hadirnya sistem ini. 

 

4. Transparansi dan Aksesibilitas 

 

Dengan penggunaan software ini nantinya informasi terkait laporan kehadiran serta informasi terkait gaji dan tunjangan dapat diakses secara mudah oleh karyawan melalui portal karyawan, sehingga hal ini akan membantu meningkatkan transparansi antara pihak perusahaan dan juga karyawan. 

 

5. Meningkatkan Kepuasan Karyawan 

 

Selain itu penggunaan software penggajian dalam perusahaan juga dapat membantu meningkatkan kepuasan karyawan. Hal tersebut dapat terjadi karena dengan software ini mempermudah HR selama proses penggajian karyawan sehingga penggajian karyawan dapat diberikan secara tepat waktu. Meningkatkan kepuasan karyawan juga sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan nantinya, karena pada umumnya karyawan yang puas akan lebih produktif dan loyal terhadap perusahaan mereka.

 

Rekomendasi Software Penggajian 

 

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa software penggajian karyawan menjadi bagian yang penting dalam mengelola penggajian karyawan dalam sebuah perusahaan terlebih perusahan yang memiliki kapasitas karyawan yang tinggi. Penggunaan software ini juga membantu Agar nantinya perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, menghemat biaya, menghemat waktu, dan juga meningkatkan kepuasan karyawan. 


Salah satu software penggajian karyawan terbaik adalah aplikasi absensi Presensi.co.id, selain sebagai aplikasi penggajian karyawan aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan pencatatan kehadiran karyawan secara lebih akurat dan terotomatisasi. Sehingga nantinya mulai dari pencatatan kehadiran karyawan, dan perhitungan gaji beserta komponennya dapat dilakukan secara otomatis. Yang lebih menarik kini anda dapat menggunakan Presensi secara gratis selama masa percobaan 2 bulan dan 12 bulan. Daftar sekarang untuk menikmati semua fitur menarik Presensi.co.id.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube