Talent Pool: Pengertian dan Manfaat Bagi Perusahaan

26 December 2023

-904123.png

Setiap perusahaan pastinya ingin memiliki karyawan yang berkualitas, untuk itu perusahaan dapat menggunakan metode talent pool. Talent pool sendiri memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Apa saja manfaatnya simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Talent Pool 

 

Talent pool sendiri merupakan sekumpulan data karyawan atau calon karyawan yang memiliki bakat dan potensi yang ditinggi untuk direkrut ataupun mendapatkan jenjang karir dalam sebuah perusahaan. Talent pool juga dapat diartikan sebagai database kandidat potensial yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai cadangan jika sewaktu-waktu perusahaan membutuhkan karyawan yang berkualitas. 

 

Kandidat yang berada  dalam daftar database talent pool adalah mereka yang dinilai memiliki kompetensi, bakat yang unggul dari karyawan atau pesaing lain, serta mereka yang memiliki kinerja kinerja yang tinggi sehingga bisa menjadi panutan bagi karyawan lain. 

 

Pada umumnya, perusahaan dapat memperoleh data tersebut dari para pelamar kerja yang memang tertarik untuk bergabung pada perusahaan, namun tidak direkrut karena kandidat belum atau tidak sesuai dengan bagian yang dibutuhkan oleh perusahaan saat itu. 

 

Selain dari data pelamar kerja sebelumnya, perusahaan juga mendapatkan kandidat melalui referensi karyawan, jaringan media sosial, job fair, ataupun situs web yang memungkinkan kandidat mengirimkan resume pada perusahaan. Data tersebut juga dapat berasal dari melihat kinerja karyawan yang berada dalam perusahaan, nantinya karyawan tersebut dapat promosi untuk naik jabatan.

 

Dalam talent pool atau database kandidat yang dilengkapi dengan informasi kandidat seperti halnya identitas, jenis keterampilan, potensi yang dimiliki, bidang kerja yang sesuai, soft skill dan keunggulan dari masing-masing kandidat. Dengan data tersebut proses rekrutmen akan jauh lebih cepat dan efisien, hal tersebut karena HR telah mengetahui siapa kandidat yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Sehingga HR tidak perlu melalui proses yang panjang dalam merekrut karyawan, hal tersebut tentunya juga dapat menghemat biaya perusahaan. 

 

Manfaat Talent Pool Bagi Perusahaan

 

Talent Pool sendiri telah banyak digunakan sebagian perusahaan karena memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Tidak hanya dimanfaatkan perusahaan sebagai cadangan atau alternatif mendapatkan karyawan berkualitas dengan cepat dan mudah, perusahaan juga akan mendapatkan banyak manfaat lain dengan penggunaan talent pool. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan talent pool adalah sebagai berikut ini: 

 

1. Biaya Rekrutmen Lebih Efisien 

 

Salah satu manfaat dari penerapan talent pool adalah biaya rekrutmen yang lebih efektif. Adanya database kandidat yang memiliki kualitas dan potensi yang tinggi dapat membantu memudahkan HR dalam mencari kandidat yang sesuai tanpa melakukan proses rekrutmen yang memakan waktu dan biaya lebih besar untuk memasang iklan ataupun kebutuhan rekrutmen lainnya, sehingga disini biaya rekrutmen menjadi lebih efektif.   

 

2. Mengurangi Waktu Rekrutmen 

 

Selain menghemat biaya, penerapan talent pool ini juga dapat menghemat waktu. Hal tersebut karena HR dapat memilih kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan hanya dengan melihat database talent pool yang sudah ada.Tentunya database tersebut berisi kumpulan profil kandidat dengan kualitas terbaik, sehingga proses rekrutmen dapat langsung menuju tahap interview dan penawaran kontrak kerja.

 

3. Skrining Kandidat Terbaik

 

Manfaat selanjutnya dari talent pool bagi perusahaan adalah skrining kandidat dapat dilakukan dengan baik. Dengan adanya database yang memuat data kandidat dengan kualitas terbaik maka membantu HR untuk menyaring kandidat dengan memahami kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing kandidat. 

 

4. Dapat menghubungi Kandidat Pasif dengan Lebih Cepat

 

Dengan database yang telah ada sebelumnya membantu membantu mempercepat HR untuk menemukan kandidat dengan kualitas yang baik, meskipun kandidat sedang bekerja pada perusahaan lain. Tentu hal tersebut dapat menghemat waktu HR untuk mengenali calon terbaik guna mengisi posisi yang dibutuhkan, sehingga nantinya HR dapat menghubungi dan menawarkan pekerjaan pada kandidat tersebut. 

 

5. Memperbaiki Kualitas Rekrutmen 

 

Dengan adanya talent pool dalam sebuah perusahaan memungkinkan HR untuk memiliki cukup waktu mengidentifikasi kandidat terkait apakah telah memenuhi kualifikasi dan sesuai dengan peran yang dibutuhkan dalam masa mendatang. Sehingga disini akan memperbesar peluang perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang tepat. 

 

Penutup

 

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari adanya talent pool dalam sebuah perusahaan, maka dapat diketahui bahwa adanya talent pool merupakan hal yang penting dalam perusahaan agar perekrutan dapat berhasil. Perlu diketahui bahwa perekrutan dapat dikatakan berhasil tidak cukup hanya dengan menemukan karyawan yang berkualitas saja, namun juga saat karyawan dapat bertahan dalam waktu yang cukup dalam sebuah perusahaan. 

 

Untuk itu HR juga perlu melakukan pengelolaan pada karyawan dan juga memberikan kenyamanan pada karyawan. Oleh karena itu, disini HR dapat memanfaatkan aplikasi Presensi by GUGU untuk mengelola karyawan dengan lebih mudah dan efisien. Hal tersebut karena Presensi by GUGU mempersembahkan berbagai fitur canggih yang dapat membantu kinerja HR secara otomatis, mulai dari pencatatan kehadiran yang akurat, laporan kehadiran, pencatatan lembur, pencatatan kunjungan sales, pengajuan izin/cuti, pengajuan kasbon hingga perhitungan payroll karyawan secara otomatis. 


Aplikasi Presensi by GUGU juga dapat memberikan kenyaman bagi karyawan karena fitur Presensi yang memberikan kemudahan bagi penggunanya. Tentunya dengan presensi yang dapat diakses melalui smartphone masing-masing karyawan dapat mempermudah karyawan untuk mengakses semua informasi terkait HR. Seperti pengajuan izin/cuti, kasbon, dan juga pengunduhan payroll karyawan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sehingga karyawan tidak perlu menemui HR secara langsung. Dengan semua kemudahan itu diharapkan karyawan merasa nyaman dan dapat bertahan dalam perusahaan anda. Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaanmu sekarang juga hanya di Presensi by GUGU.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube