Waspada! Ini Cara Karyawan Mengakali Sistem Absensi GPS!

7 June 2024

-368211.png

Hadirnya absensi online berbasis GPS menjadi solusi praktis monitoring karyawan. Namun terkadang masih ada karyawan yang dapat mengakali absensi online dengan fake GPS!

Kedisiplinan karyawan merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap perusahaan. Aplikasi absensi online berbasis GPS menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi data dalam manajemen kehadiran karyawan. Namun meskipun demikian ternyata masih ada saja karyawan yang menjari cara untuk tetap dapat mengakali atau memanipulasi data kehadiran mereka. Tentu saja hal ini merupakan hal yang melanggar etika dan aturan kerja.    

 

Untuk itu, disini penting untuk anda mengetahui bagaimana cara kerja aplikasi absensi GPS serta bagaimana cara yang umum dilakukan karyawan untuk mengakalinya. 

 

Cara Kerja Absensi GPS 

 

Aplikasi absensi GPS merupakan sistem pencatatan kehadiran dengan menggunakan fitur GPS untuk proses pencatatan absensi. Dengan sistem ini tidak hanya mencatat lokasi karyawan saat melakukan presensi, namun juga mencatat waktu kehadiran karyawan secara mendetail. 

 

Nantinya, data kehadiran karyawan akan tercatat dan tersimpan secara otomatis di database perusahaan. Data kehadiran yang telah tersimpan dalam database nantinya juga dapat diakses oleh pihak perusahaan atau HRD untuk melakukan pemantauan kehadiran karyawan. Selain itu pihak karyawan juga dapat mengetahui laporan kehadiran mereka secara real time.  

 

Pada umumnya aplikasi absensi GPS ini juga akan dilengkapi fitur tambahan yang dapat membantu mempermudah HRD dalam mengelola kehadiran karyawan, seperti pengaturan laporan kehadiran, izin/cuti, kunjungan sales, reimbursement,  kasbon, payroll, dan lain-lain. 

 

Baca juga: Absensi Berbasis GPS: Kontrol Penuh Karyawan Secara Akurat

 

Bagaimana Cara Mengakali Sistem Absensi GPS?

 

Meskipun penggunaan aplikasi absensi GPS ini bertujuan demi meningkatkan keakuratan data agar meminimalisir kecurangan, namun ternyata masih ada saja karyawan yang berusaha memanipulasi data kehadiran dengan menggunakan berbagai cara.

 

Adapun cara umum yang kerap dilakukan karyawan untuk mengakali data kehadiran pada sistem absensi online berbasis GPS adalah sebagai berikut!

 

1. Mock Location 

 

Mengaktifkan lokasi tiruan atau dikenal dengan mock location adalah salah satu cara yang kerap digunakan oleh karyawan dalam memanipulasi data kehadiran. Aplikasi ini cukup banyak ditemukan pada play store sehingga sangat mudah untuk digunakan . 

 

Pada umumnya karyawan menggunakan aplikasi ini bertujuan agar posisi absennya terekam di lokasi yang disetujui perusahaan namun pada kenyataanya posisi karyawan tidak berada ditempat tersebut. Jika karyawan berhasil menggunakan mock location ini tentunya dapat sangat merugikan perusahaan.

 

Untuk mengaktifkan fitur ini dapat langsung masuk ke dalam fitur developer sehingga mock location akan tampil dan dapat diaktifkan. Meskipun hal tersebut belum banyak diketahui orang, namun tetap dapat merugikan pihak perusahaan namun tetap saja perusahaan dapat dirugikan jika terdapat karyawan yang melakukannya. 

 

2. Root atau Jailbreak 

 

Metode root atau jailbreak pada HP ini ditujukan untuk mengubah settingan fitur yang terkunci dalam sistem operasi dan aplikasi resmi. Dengan demikian, karyawan bisa melakukan manipulasi pada lokasi, waktu, hingga foto absensi. 

 

Dengan ini nantinya karyawan dapat dengan bebas  mengakali berbagai cara untuk menunjang kepentinganya. Jika hal tersebut terjadi perusahaan akan sangat dirugikan, karena karyawan akan tetap digaji meskipun tidak bekerja. 

 

3. Aplikasi Fake GPS 

 

Cara yang satu ini merupakan cara yang banyak dilakukan oleh orang-orang, hal ini karena aplikasi sangat mudah untuk ditemukan oleh setiap orang. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store dan dapat diakses secara gratis, mudah, dan cepat. Adapun beberapa aplikasi yang banyak digunakan adalah seperti Byterev, Location Changer, dan Loc Spoofer. 

 

Cara penggunaan aplikasi fake GPS ini juga terbilang cukup mudah, yaitu hanya perlu membuat akun dan nantinya langsung dapat menentukan lokasi yang ingin dituju untuk melakukan presensi. Kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi fake GPS ini adalah penyebab jumlah pengguna aplikasi semakin meningkat. 

 

Cegah Kecurangan Absensi GPS dengan Presensi.co.id 

 

Kecurangan absensi berbasis online dengan lokasi atau abses berbasis GPS yang dilakukan oleh karyawan dapat merugikan perusahaan. Tidak hanya itu, hal ini juga mempersulit rekapitulasi presensi karyawan dan juga  dapat berdampak negatif pada karyawan. 

 

Oleh karena itu disini setiap perusahaan perlu memilih aplikasi absensi online yang benar-benar aman agar tidak dapat dicurangi oleh karyawan. Disini Presensi.co.id menjadi sebuah solusi  untuk mengatasi kerucangan absensi dengan fake GPS. Dengan fitur Presensi, pemalsuan lokasi dapat dicegah. Presensi akan mendeteksi kecurangan seperti aplikasi fake GPS ataupun pemalsuan lokasi karyawan. Selain dilengkapi dengan fitur GPS, aplikasi Presensi juga telah dilengkapi dengan fitur selfie untuk memvalidasi kehadiran sehingga meningkatkan keakuratan data dan juga meminimalisir terjadinya kecurangan. 

 

Tidak hanya berfungsi untuk melakukan pencatatan kehadiran secara akurat saja, namun Presensi juga memiliki berbagai fitur lengkap yang dibutuhkan HRD dalam mengelola karyawan mereka. Mulai dari laporan kehadiran karyawan, kunjungan sales, pengajuan izin/cuti, pengajuan kasbon, klaim beban/reimbursement, tugas, hingga perhitungan gaji secara otomatis. 


Dengan demikian, pengelolaan manajemen kehadiran karyawan akan menjadi lebih efisien dan praktis. Anda dapat menikmati semua fitur Presensi.co.id dengan Gratis dalam masa uji coba 2 bulan dan 12 bulan! Daftarkan perusahaanmu sekarang juga!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube