5 Aplikasi Pendukung WFH: Solusi Efektif untuk Kerja dari Rumah!

30 December 2024

-597184.png

Bekerja dari rumah atau WFH menjadi lebih fleksibel dan produktif, namun untuk menerapkan WFH ini juga perlu adanya dukungan dari beberapa aplikasi agar WFH lebih efisien.

Kini bekerja dari rumah atau WFH tengah populer di berbagai kalangan, hal ini karena WFH mampu menyeimbangkan produktivitas. Terlebih lagi, sistem kerja hybrid yang kini diterapkan memberikan fleksibilitas lebih, dengan mengizinkan karyawan bekerja dari rumah sebagian waktu dan menghadiri kantor untuk berinteraksi langsung. 

 

Namun yang perlu diketahui oleh HR atau pemilik bisnis, untuk membangun tim yang solid dan produktif perlu adanya pemantauan kinerja karyawan, pengelola dokumen, dan juga komunikasi yang baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda juga membutuhkan dukungan aplikasi WFH untuk membantu Anda menjaga produktivitas dan kesejahteraan karyawaan. 

 

Dengan hal tersebut nantinya dimanapun dan kapanpun, karyawan tetap dapat bekerja dengan nyaman dan memberikan performa terbaik mereka. Jadi apa saja aplikasi pendukung WFH tersebut? Cari jawabannya dalam informasi dibawah ini!

 

Pengertian WFH

 

Sebelum membahas lebih jauh terkait aplikasi pendukung WFH, ada baiknya untuk Anda mengenal pengertian WFH terlebih dahulu. WFH atau work from home adalah sistem kerja dimana karyawan melakukan tugas dan tanggung jawabnya dari rumah, tanpa perlu hadir secara fisik di kantor. 

 

Sistem ini sering kali dianggap mampu meningkatkan fleksibilitas kerja, menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional, serta mengurangi waktu dan biaya perjalanan ke kantor. Namun, meskipun demikian WFH ini tidak lepas dari tantangan, seperti potensi gangguan di rumah, kesulitan menjaga batasan waktu kerja, dan juga kurangnya interaksi sosial secara langsung dengan rekan kerja. Oleh karena itu, keberhasilan penerapan WFH sangat tergantung pada manajemen waktu yang baik, penggunaan teknologi yang tepat, dan komunikasi efektif antara tim. 

 

Manfaat Aplikasi untuk WFH 

 

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa penggunaan bantuan aplikasi dalam sistem WFH sangat penting untuk produktivitas kerja. Berikut adalah beberapa alasan kenapa Anda perlu menggunakan aplikasi penunjang WFH:

 

- Komunikasi yang lebih efektif antara anggota tim yang berada di lokasi berbeda

- Kolaborasi dalam berbagai proyek yang lebih mudah

- Akses informasi dan dokumen yang mudah dan cepat 

- Kelancaran bisnis dalam situasi darurat, misalkan ketika kantor terkena dampak bencana alam yang mengharuskan bekerja di rumah secara mendadak. 

- Pemantauan kinerja karyawan secara real-time dan transparan

 

Aplikasi Pendukung Sistem WFH 

 

Ada berbagai aplikasi yang dapat mendukung sistem kerja dari rumah dengan efektif. Pilihan aplikasi tergantung pada kebutuhan spesifik tim dan tugas yang dijalankan. Berikut adalah beberapa jenis aplikasi yang umumnya cocok untuk mendukung WFH:

 

  1. Presensi

 

Presensi adalah aplikasi HR berbasis cloud, yang membantu Anda untuk dapat secara otomatis menjalankan pekerjaan terkait manajemen SDM dan penggajian dalam satu aplikasi saja. Selain memberikan kemudahan dalam bekerja sistem aplikasi ini menghasilkan data dengan akurasi yang tinggi. Tentunya aplikasi ini juga telah memiliki fitur yang lengkap, beberapa fitur tersebut adalah sebagai berikut:
 

- Pengelolaan absensi karyawan: aplikasi ini memberikan kemudahan dalam mencatat dan menghitung jam kerja kehadiran karyawan secara mudah dan akurat dengan fitur GPS dan Selfie.

- Pengelolaan Izin/ Cuti: Presensi juga memberikan kemudahan dalam mengelola izin/cuti karyawan dan dapat memastikan ketersediaan karyawan lain saat cuti diambil. 

- Self-service bagi karyawan: Aplikasi ini tidak hanya memudahkan bagi Anda sebagai HR namun juga karyawan, juga karyawan juga dapat mengajukan cuti, reimbursement, lembur, kasbon, kunjungan sales, bahkan mengunduh slip gaji secara mandiri. 

- Tugas: Dengan aplikasi ini perusahaan dapat memberikan list tugas kepada karyawan secara real-time.

- Payroll otomatis : Menghitung komponen penggajian mulai dari gaji hingga potongan secara otomatis dengan cepat dan akurat.

- HR Analytics: Aplikasi presensi juga menyajikan data analisis dalam dashboard yang mudah dipahami, untuk merencanakan strategi SDM dan  bisnis yang lebih efektif. 

 

Dalam sistem kerja WFH, semua kebutuhan terkait pengelolaan karyawan bisa diatasi secara otomatis dengan Presensi.

 

  1. Zoom 

 

Aplikasi konferensi video ini menjadi salah satu alat komunikasi utama selama WFH. Dengan zoom, Anda dapat mengadakan rapat, webinar, atau bahkan sesi kolaborasi tim. Beberapa fitur unggulan aplikasi ini diantaranya:

 

- Video call berkualitas tinggi

- Opsi berbagi layar

- Breakout rooms untuk diskusikan 

 

Zoom tersedia di berbagai platform dan mudah digunakan, baik untuk pertemuan kecil maupun besar.

 

  1. Slack 

 

Aplikasi chatting ini mendukung komunikasi yang efisien selama bekerja di rumah. Selain fitur pesan pribadi, Anda juga dapat membuat channel sesuai proyek, tim, atau topik tertentu. Slack juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi seperti Google Drive, Trello, dan Zoom. Anda dapat dengan mudah mengakses pesan lama, berkas, serta informasi penting dari riwayat obrolan. 

 

  1. Trello

 

Trello adalah aplikasi manajemen proyek visual yang memudahkan perorganisasian tugas, pengelolaan proyek, dan kolaborasi. Informasi ditampilkan dalam bentuk papan berisi daftar kartu yang dapat disesuaikan. Setiap kartu dapat diberi label warna, tenggat waktu, komentar, dan berkas. Dengan Trello, anggota tim dapat memantau perkembang proyek, menetapkan prioritas, dan mengelola pekerjaan secara efisien. 

 

  1. Google Workspace

 

Google Workspace adalah aplikasi berbasis cloud yang dirancang untuk mendukung kolaborasi dalam pengelolaan pekerjaan. Layanan ini mencakup berbagai komponen, seperti:

- Google Docs, Sheets, dan Slides untuk pengolahan kata, analisis data, dan presentasi

- Google Calendar: Kalender online untuk menjadwalkan pertemuan, berbagi jadwal, dan mengatur pengingat

- Google Forms: Fitur pembuatan formulir dan survei

- Gmail: Layanan email untuk mengirim, menerima, dan menyimpan pesan

 

Layanan dalam Google Workspace terintegrasi satu sama lain, sehingga Anda bisa dengan mudah mengakses dokumen melalui satu platform yang terhubung.

 

Kesimpulan 

 

Bekerja secara WFH memiliki banyak keuntungan bagi karyawan dan perusahaan, sehingga perlu aplikasi yang sesuai untuk mendukung pekerjaan sehari-hari. Dengan dukungan aplikasi pendukung ini akan membantu produktivitas kerja akan tetap terjaga walaupun berada diluar kantor. 


Presensi menjadi salah satu aplikasi yang perlu ada dalam sistem WFH sebagai solusi efektif manajemen karyawan, mulai dari absensi, pengajuan izin/cuti, tugas, hingga perhitungan gaji karyawan. Jaga produktivitas dan efisiensi kinerja WFH meskipun bekerja di rumah dengan Presensi.co.id! Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan nikmati kemudahannya sekarang juga!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube