Membuat dan mengatur jadwal shift kerja karyawan memanglah bukan hal yang mudah untuk dilakukan terlebih jika dalam suatu perusahaan memiliki ratusan hingga ribuan karyawan dan juga pengerjaan dengan cara manual. Hal ini tentunya menjadi suatu pekerjaan yang rumit dan cukup kompleks sehingga dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan atau human error.
Di zaman yang semakin berkembang, setiap perusahaan perlu mulai memanfaatkan teknologi untuk berbagai kegiatan. Salah satunya adalah aplikasi pembuatan jadwal shift kerja karyawan. Dengan memanfaatkan aplikasi pembuat jadwal shift kerja ini memungkinkan HR untuk mengelola shift karyawan (individu atau kelompok), sehingga dapat membantu mengatur jadwal menjadi lebih efektif.
Dalam artikel ini nantinya akan memberikan informasi mendalam mengenai aplikasi pembuatan jadwal kerja ini, dan juga rekomendasi aplikasi yang paling sesuai untuk perusahaan Anda!
Apa Itu Aplikasi Pembuat Jadwal Kerja?
Sesuai dengan namanya, aplikasi pembuat jadwal kerja ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu HR pengelola karyawan dalam hal membuat jadwal kerja, yang meliputi shift kerja dan jadwal kerja. Ini merupakan tools yang dapat memudahkan HR, sehingga penyusunan jadwal menjadi lebih mudah, cepat dan efisien.
Rekomendasi Aplikasi Pembuat Jadwal Shift Kerja Karyawan
Berikut adalah rekomendasi aplikasi pembuat jadwal shift kerja karyawan yang dapat digunakan dalam perusahaan Anda:
1. Presensi: Aplikasi Pengelola Jadwal Kerja
Presensi menjadi solusi untuk Anda yang sedang mencari aplikasi pengelola jadwal kerja karyawan. Presensi sendiri merupakan aplikasi HR yang memiliki berbagai fitur menarik untuk membantu proses kerja divisi HR, salah satu fitur unggulan dari aplikasi Presensi ini adalah fitur Attendance.
Selain fitur pengelolaan kehadiran karyawan secara otomatis, aplikasi Presensi ini juga dapat membantu dalam penyusunan jadwal kerja yang praktis, efisien, aman, dan akurat. Dengan fitur manajemen shift, Anda dapat dengan mudah membuat dan memantau apakah karyawan hadir dan bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Presensi menyediakan berbagai tools dalam CMS yang memudahkan HR mengelola karyawan sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam perusahaan Anda. Salah satu fitur dalam CMS Presensi yang dapat Anda gunakan adalah fitur management shift, yang memungkinkan Anda untuk bebas membuat dan mengatur durasi jam kerja serta implementasinya untuk karyawan, baik secara individu atau kelompok.
Dengan dilengkapi fitur timesheet, memungkinkan Anda untuk melacak dan memantau kehadiran karyawan dan durasi waktu yang dihabiskan karyawan untuk bekerja. Tentunya hal ini juga dapat diimplementasikan untuk perusahaan yang menerapkan sistem kerja jarak jauh atau remote working.
Dengan Presensi, Anda tidak hanya sekedar menghemat waktu dalam mengatur jadwal shift karyawan saja, namun ada berbagai keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan berbagai fitur Presensi. Mulai dari pencatatan kehadiran berbasis GPS dan selfie, laporan kehadiran, tugas, pengajuan izin/cuti, pengajuan lembur, pengajuan kasbon, pengajuan reimbursement, kunjungan sales, dan juga perhitungan gaji secara otomatis.
Tentunya dengan berbagai kemudahan dari aplikasi Presensi ini dapat membuat Anda lebih fokus pada pekerjaan penting lainya. Hal ini karena Presensi menyediakan semua fitur dalam satu aplikasi yang lengkap untuk mendukung kelancaran bisnis Anda.
Baca juga: Kelola Kehadiran Karyawan Lebih Mudah dengan Aplikasi Absensi - Presensi.co.id
2. Google Calendar
Google Calendar adalah alat yang sangat berguna untuk merencanakan jadwal kerja karyawan Anda. Salah satu keuntungan utamanya adalah kemampuan untuk mengintegrasikan dengan aplikasi Google lainya. Dengan demikian, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan waktu dan meningkatkan efisiensi tim.
Meskipun demikian, namun lebih baik untuk tetap membatasi penggunaan Google Calendar hanya untuk tim yang terdiri dari kurang lebih 5 orang. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memantau jadwal karyawan dan mengelola kegiatan tim secara lebih efektif. Dengan integrasi yang baik, Anda dapat memastikan bahwa setiap anggota tim tahu apa yang harus dilakukan dan kapan harus melakukannya.
3. When I Work
Aplikasi yang dapat Anda gunakan selanjutnya adalah aplikasi dari When I Work. Aplikasi When I Work merupakan sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk mempermudah penjadwalan shift. Dengan antarmuka yang intuitif, aplikasi ini memungkinkan manajer atau HR untuk membuat jadwal dengan cepat dan mudah.
Dengan aplikasi ini karyawan juga dapat mengakses jadwal mereka, meminta perubahan shift, hingga melakukan berkomunikasi dengan rekan kerja melalui aplikasi ini. When I Work juga memiliki fitur notifikasi yang dapat membantu semua orang tetap mengetahui informasi terbaru.
4. Deputy
Deputy menawarkan solusi lengkap untuk manajemen shift. Selain kemampuan untuk membuat jadwal, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengawasan waktu dan absensi. Dengan Deputy, Anda bisa melacak jam kerja karyawan secara real-time, sehingga meminimalisir kesalahan dalam perhitungan gaji. Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan fitur laporan yang membantu manajer atau HR dalam pengambilan keputusan.
5. Trello
Trello adalah aplikasi manajemen proyek dan pembuat jadwal harian yang dapat dengan mudah disesuaikan untuk membuat jadwal shift kerja. Dengan fitur kartu dan papan , Anda dapat membuat visualisasi yang jelas tentang siapa dan kapan anggota tim akan bekerja. Aplikasi trello ini kuga mendukung kolaborasi tim, sehingga semua anggota dapat melihat dan meng-update jadwal secara real-time.
6. Shiftboard
Shiftboard merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk bisnis dengan kebutuhan penjadwalan kerja karyawan. Dengan fitur penjadwalan otomatis, aplikasi ini dapat membantu mengoptimalkan pengaturan shift berdasarkan ketersediaan dan keterampilan karyawan. Selain itu, Shiftboard juga dapat memungkinkan karyawan untuk mengelola permintaan cuti dan penukaran shift dengan mudah.
Nah, itu di beberapa rekomendasi aplikasi pembuat jadwal kerja yang dapat digunakan dalam perusahaan Anda. Pastikan Anda memilih aplikasi yang paling sesuai kebutuhan perusahaan agar nantinya dapat membantu pekerjaan secara lebih maksimal.
Mulailah beralih ke pengelolaan jadwal kerja karyawan yang lebih mudah dan praktis dari Presensi.co.id. Tentunya, selain dapat membuat dan mengelola penjadwalan kinerja karyawan dengan cara yang lebih mudah dan cepat, aplikasi Presensi juga telah terintegrasi dengan berbagai fitur HR penting lainya.
Dengan kemudahan yang diberikan ini, HR dapat lebih fokus pada pengembangan karyawan yang meningkatkan keberhasilan perusahaan. Jadi tunggu apa lagi? Jangan ragu mencoba menggunakan aplikasi Presensi, karena kini Anda dapat melakukan uji coba secara gratis selama 2 bulan dan 12 bulan. Daftarkan perusahaan Anda sekarang dan nikmati kelola karyawan dengan mudah dan cepat hanya dengan satu aplikasi saja!