Cara Ampuh Mengatasi Kelelahan dalam Bekerja

25 May 2024

-812896.png

Pemahaman terkait mengetahui cara mengatasi kelelahan dalam bekerja merupakan hal yang penting untuk dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Kelelahan merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap manusia termasuk dengan para pekerja. Hal tersebut sangat mungkin terjadi terlebih jika target kerja sedang sangat padat sehingga memerlukan banyak waktu dan tenaga melebihi hari biasanya. Meskipun merupakan hal yang wajar namun kelelahan dalam bekerja juga perlu untuk diatasi agar nantinya tidak menyebabkan stres, depresi, dan juga berujung pada penurunan produktivitas kerja dalam perusahaan. 

 

Jika kondisi tersebut terus menerus terjadi juga dapat meningkatkan resiko terserang gangguan kesehatan. Sehingga nantinya jika anda mengalami kelelahan berkepanjangan saat bekerja anda dapat menerapkan tips atau cara-cara berikut ini untuk mengatasi kelelahan anda dalam bekerja. 

 

Cara Ampuh Mengatasi Kelelahan dalam Bekerja  

 

Untuk mengatasi kelelahan anda saat bekerja anda dapat menerapkan beberapa cara dibawah ini. 

 

1. Hindari Bekerja Saat Jam Istirahat

 

Cara pertama untuk mengatasi kelelahan dalam bekerja adalah menghindari bekerja saat jam istirahat.  Pada dasarnya adanya jam istirahat ini bertujuan untuk mengembalikan energi, fokus dan juga mempertahankan kualitas kerja hingga waktu kerja berakhir. Sehingga jika jam istirahat saja anda masih melakukan aktivitas kerja maka disini anda akan kelihatan energi dan mengalami kelelahan untuk melakukan aktivitas kerja di jam berikutnya. Maka disini anda harus dapat memanfaatkan waktu istirahat dengan sebaik mungkin untuk mengisi tenaga dengan makan-makanan bergizi ataupun dengan menghilangkan stress dengan bercengkrama santai dengan rekan kerja. Hal tersebut akan lebih efektif untuk melepas penat sementara dari beban pekerjaan yang menumpuk. 

 

2. Tetap Menjaga Pola Makan 

 

Selain istirahat yang cukup anda juga perlu memperhatikan pola makan anda, sebab dengan pola makan yang teratur dapat memberikan suntikan energi pada tubuh sehingga dapat mengurangi kelelahan pada tubuh akibat bekerja berlebihan.  Disini pastikan kamu menyempatkan sarapan pagi dan juga makan siang dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang.

 

3. Kurangi Stress

 

Tidak jarang karyawan mengalami stress akibat banyaknya tugas yang menumpuk dan harus segera diselesaikan dalam jangka waktu dekat. Hal ini tentunya juga akan menyebabkan kelelahan fisik dan mental karyawan yang berujung penurunan kualitas pekerjaan. Untuk mengatasi stress ketika bekerja anda dapat melakukan relaksasi, menjauhkan pikiran negatif, dan tanggap pada masalah yang ada. Disini anda juga dapat mengatur sedikit waktu untuk melakukan refreshing agar tidak mengalami stress.

 

4. Tetap Aktif Bergerak 

 

Memastikan tubuh tetap aktif bergerak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Meskipun bukan aktivitas yang berat namun adanya sedikit aktivitas fisik secara teratur dapat membantu meningkatkan stamina sekaligus membantu menghilangkan penat pada rutinitas kerja. 

 

5. Menerapkan Teknik Pomodoro 

 

Cara selanjutnya yang dapat anda terapkan dalam bekerja untuk mengatasi kelelahan kerja adalah dengan menggunakan teknik pomodoro. Teknik pomodoro sendiri merupakan teknik 25 menit bekerja dan 5 menit istirahat. Setelah bekerja selama 25 menit anda dapat melakukan istirahat sejenak selama 5 menit untuk menghilangkan penat atau jenuh dalam bekerja. Penerapan teknik ini umumnya cukup efektif karena manusia memang tidak dapat fokus dalam jangka waktu yang sangat panjang. Sehingga perlu terdapat sedikit jeda untuk mengembalikan fokus kerja.

 

6. Manajemen Tugas Yang Baik 

 

Tentunya banyaknya tugas kerja yang menumpuk akan banyak menguras energi anda. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan manajemen tugas yang baik. Dengan adanya manajemen tugas membantu anda lebih fokus terhadap skala prioritas dari setiap tugas-tugas anda. Hal ini tentunya juga dapat membantu anda untuk bekerja secara lebih efektif, anda juga dapat menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat, sehingga hal ini dapat menghemat energi anda dalam bekerja.

 

Penutup 

 

Kelelahan sendiri dapat diakibatkan oleh berbagai hal, mulai dari ketidakseimbangan antara beban kerja yang berlebihan, kurang istirahat, stress, dan juga kurangnya dukungan dari pihak lain. Kelelahan dalam bekerja ini juga dapat menimbulkan banyak dampak negatif pada produktivitas kerja, hubungan interpersonal, kesehatan fisik dan mental. Untuk itu kelelahan dalam bekerja perlu diatasi agar tidak menimbulkan dampak negatif. 

 

Cara mengatasi kelelahan dalam bekerja juga beragam, seperti yang telah dijelaskan diatas anda dapat menghindari bekerja saat jam istirahat, memperhatikan pola makan, mengurangi stress, tetap aktif, menerapkan teknik pomodoro, dan juga manajemen tugas yang baik. Dengan mengambil langkah-langkah ini, diharapkan dapat membantu anda mengelola kelelahan bekerja anda dengan baik.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube