Tips Mudah Mengelola Absensi Karyawan dengan Baik

21 October 2023

-284011.png

Mengelola absensi karyawan memanglah bukan hal yang mudah, pasalnya absensi karyawan merupakan aspek penting yang dapat mempengaruhi banyak hal.

Dalam artikel ini akan membahas tips mudah dan efisien dalam mengelola absensi karyawan dengan baik dalam sebuah perusahaan. 

 

Pentingnya mengelola absensi karyawan dalam perusahan

 

Pengelola absensi karyawan sangat penting dalam dunia perusahaan karena  absensi karyawan sendiri berpengaruh dalam banyak aspek di perusahaan. Berikut ini adalah alasan mengapa absensi karyawan memiliki peran penting : 

 

  • Menyelaraskan hak dan kewajiban karyawan

Dengan mengelola absensi HR dapat menyelaraskan hak dan kewajiban karyawan. Hal ini dilakukan agar hak seperti gaji yang diterima oleh karyawan sesuai dengan kewajiban yang telah dilaksanakan. 

 

  • Menilai dan mengevaluasi kinerja karyawan 

Mengelola absensi karyawan akan menghasilkan data yang dapat digunakan perusahaan untuk menilai dan mengevaluasi seberapa baik atau efisien kinerja karyawan mereka. 

 

  • Meningkatkan produktivitas karyawan

Absensi karyawan tidak hanya terkait kehadiran karyawan saja, namun juga ketepatan waktu masuk dan pulang kerja karyawan. Jika terlalu sering datang terlambat akan mempengaruhi produktivitas kerja karena berkurangnya jam kerja. 

 

  • Meningkatkan kedisiplinan Karyawan 

Tentunya pengelolaan absensi karyawan sangat penting untuk kedisiplinan karyawan. Dengan pengelolaan absensi yang baik, karyawan akan semakin disiplin dan tidak menyepelekan absensi.

 

Tips Mudah Mengelola Absensi Karyawan dengan Baik 

 

1. Membuat Aturan Absensi yang Jelas 

 

Sebelum mengelola absensi karyawan, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat dan menetapkan aturan absensi dengan jelas. Aturan ini tentunya harus dipertimbangkan agar tidak memberatkan dan merugikan pihak manapun. Nantinya aturan yang ditetapkan harus disampaikan pada semua karyawan. Aturan yang ditetapkan seperti jam masuk-pulang kerja, jatah cuti bagi setiap karyawan, sangsi-sangsi bagi yang melanggar dan lain-lain. Hal ini dibuat untuk menjadi kejelasan bagi kedua belah pihak. 

 

2. Menggunakan Sistem Absensi yang Efisien

 

Menggunakan sistem yang absensi yang efisien tentunya akan berpengaruh pada kinerja di perusahaan tersebut. Jika anda masih menggunakan sistem manual tentunya sangat memakan waktu sampai menghambat produktifitas. Oleh karena itu, pemilihan sistem absensi sangat penting untuk dilakukan. Tentunnya sistem yang dipilih harus dapat memberikan dampak baik. 

 

3. Otomatisasi Proses Absensi

 

Otomatisasi proses absensi sangat membantu dalam mengelola data lebih mudah dan praktis. Otomatisasi dalam mengelola data absensi seperti, pencatatan data kehadiran karyawan, perhitungan izin cuti, perhitungan jam lembur, hingga perhinggan gaji karyawan dapat menghemat banyak waktu. Dengan sistem otomatis juga akan meminimalisir terjadinya kesalahan hitung. 

 

4. Monitoring Absensi Karyawan Secara Rutin 

 

Monitoring absensi karyawan harus dilakukan secara rutin. Pastikan data kehadiran tidak ada kesalahan dan juga pastikan tidak ada masalah pada karyawan dalam melakukan absensi. Anda juga harus mengupdate secara berkala seperti data karyawan baru, data karyawan yang telah  resign, dan lain-lain. Dengan melakukan melakukan monitoring secara berkala anda dapat langsung mengambil tindakan jika terjadi masalah. 

 

5. Melakukan Evaluasi 

 

Pengelolaan absensi harus disertai dengan melakukan evaluasi secara berkala.  Evaluasi ini dapat mengetahui hal apa yang harus diperhatikan. Seperti kebijakan apa yang harus ditingkatkan atau diperbaiki, sistem mana yang lebih efisien, hingga aturan apa yang kurang tepat. Dengan ini dapatkan meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam mengelola kehadiran karyawan.  

 

Rekomendasi Aplikasi Absensi yang Mempermudah Mengelola Absensi Karyawan.

 

Di era yang yang serba digital seperti saat ini, aplikasi absensi menjadi solusi jitu untuk memudahkan HR dalam mengelola absensi karyawan. 

 

Presensi by GUGU menjadi rekomendasi aplikasi online yang dapat diandalkan dalam mempermudah pengelolaan absensi karyawan. Aplikasi presensi memiliki banyak fitur canggih seperti laporan absensi yang akurat, Izin cuti, laporan lembur, klam beban, kunjungan sales, hingga penghitungan payroll secara otomatis. 

 

Dengan menggunakan Presensi by GUGU dapat mengelola absensi dengan efisien, pencatatan secara otomatis, dan dapat melakukan monitoring kehadiran karyawan dimanapun dan kapanpun. 

 

Aplikasi presensi juga akan meminimalisir terjadi kecurangan oleh karyawan maupun perusahaan karena karyawan dapat melakukan absensi hanya pada lokasi yang telah ditetapkan perusahaan, tak hanya itu karyawan maupun HR akan mendapatkan akses untuk melihat riwayat jam kerja karyawan. 

 

Presensi by GUGU juga memiliki fitur payroll yang dapat melakukan penghitungan gaji secara otomatis. Dengan sistem ini akan mengurangi terjadinya human error atau kesalahan hitung. 

Oleh karena itu, Presensi by GUGU adalah rekomendasi aplikasi HR yang efektif membantu dalam mengelola absensi karyawan dengan baik. Anda juga dapat mencoba gratis 12 bulan hanya di Presensi by GUGU.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube